7 CARA MEMBEDAKAN MUTIARA PALSU ATAU ASELI | LOmbok Society

Minggu, 20 Juni 2021

7 CARA MEMBEDAKAN MUTIARA PALSU ATAU ASELI

Selamat Sore Lombok Society Lover.

Beberapa masalahi ditemukan dilapangan bahwa begitu banyak penjual mutiara keliling yang menjual mutiara yang imitasi atau palsu yang tentunya dengan iming-iming harga miring yang mana cukup meresahkan para pembeli yang memang benar menginginkan mutiara yang aseli sebagai oleh oleh berwisata di Lombok.

Banyak dari kalangan penjual mutiara lokal merasa mendapat kesempatan emas untuk melakukan penjualan mutiara imitasi di saat popularitas Mutiara Lombok ini sudah menjulang tinggi sehingga daya tarik dan minat masyarakat akan sangat naik signifikan dari keadaan yang bmutiasa terjadi. 

Berhubung dengan keadaan tersebut maka sebagai seorang pembeli yang terdidik, untuk membiasakan diri untuk membeli berbagai macam jenis kerajinan mutiara dari tempat yang memiliki kantor atau outlet mutiara khusus yang mana anda akan mendapatkan jaminan keaselian beserta memiliki sertifikat keaseliannya. 

Jika ditemukan adanya kejanggalan dalam produk Mutiara, anda memiliki tempat untuk melakukan complain di outlet pembelian terkait, akan tetapi jikalau anda membeli pada penjaja keliling, kemana anda akan memberikan keluhan sedangkan orang yang bersangkutan telah pergi. 

Begitu banyak penjual mutiara Lombok yang berjejer di area pantai senggigi h ngga di beberapa outletn tidak menutup kemungkinan bagi anda selaku pembeli untuk tetap melakukan cross check produk dengan melakukan berbagai uji coba untuk membedakan mana Mutiara yang aseli atau Palsu.

Penting adanya penerapan kata pepatah "Teliti sebelum membeli"

Berikut Kiat-Kiat yang mesti anda lakukan Sebelum Membeli Mutiara :

1. Awas jangan terkecoh, Mulus tidak berarti aseli, Mutiara asli memiliki sedikit bercak pada permukaannya (banyak sedikitnya tergantung kualitas), sedangkan pada mutiara palsu permukaan terlihat nampak halus mulus tanpa bercak sama sekali.

2. Memang alami lebih baik dan lebih terlihat keasliannya, Warna mutiara asli terlihat berkilau alami, sedangkan yang palsu warnanya kusam atau kilau yang berlebih (efek dari coating cat)

3. Refleksi memang memiliki peran yang penting dalam menentukan Mutiara Aseli atau Palsu. Permukaan mutiara asli memiliki refleksi (pantulan) yang alami jika kena cahaya, sedangkan mutiara palsu tidak terlalu reflektif


4. Ukuran dan berat Mutiara asli berbeda-beda tiap butirnya, sedangkan mutiara palsu ukurannya cenderung sama karena dibuat oleh mesin dengan cetakan yanag sama besar sehingga menghasilkan produksi mutiara secara berulang.

5. Mutiara asli terasa dingin jika disentuh atau dipakai, sedangkan mutiara palsu umumnya cenderung tetap pada suhu kamar, hal ini disebabkan oleh bahan pembuatan dari mutiara palsu dari kulit kerang yang dihaluskan atau dengan bebatuan yang telah dipolese sedemikian rupa untuk mencapai kemiripan yang sempurna.



6. Mutiara asli terasa lebih berat dibandingkan dengan mutiara palsu, bahan pembuatan sebuah mutiara palsu yang terbilang ringan membuatnya akan berbeda jauh dari yang aselinya, meskipun penampakan dengan mata telanjang menunjukkan kejelasan yang sangat.

7. Mutiara asli jika digigit terasa kasar berpasir sebagai dampak dari pembudidayaan alami yang berlangsung cukup lama, sedangkan mutiara palsu sangat mulus.

Demikain ulasan tentang cara membedakan Mutiara Aseli dengan yang Palsu, semoga bermanfaat share dan like postingan agar berguna bagi yang lainnya.

๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘


eni sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.