TEHNIK PENYAJIAN MAKANAN DI RESTORAN | LOmbok Society

Rabu, 07 Oktober 2015

TEHNIK PENYAJIAN MAKANAN DI RESTORAN

Selamat malam, kembali saya hadir untuk memberikan dan berbagi pengalaman tentang tehnik penyajian makanan untuk tamu.
Pelayanan yang kita berikan dimulai dari saat tamu datang hingga tamu beranjak perfi dari restoran anda.
Tata urutan pelayanan terhadap tamu yang biasanya dilakukan diberbagai restauran terkemuka di indonesia, penerapan standar operasional restauran dalam melayani tamu :

1. Menyambut tamu yang datang dengan menyambut dengan ucapan selamat datang dan mempersilahkan duduk di meja yang telah disiapkan.
Sebagai sebuah standar kita selaku waiter menarik kursi dan mempersilahkan tamu wanita terlebih dulu untuk duduk baru tamu lelaki.

2. Memberikan daftar menu kepada tamu wanita terlebih dahulu, untuk diingat bahwa menu minuman harus didahulukan terlebih dahulu ketimbang menu minuman. 

3. Taking order atau mengambil pesanan, hal ini bisa kita lakukan paling tidak 10  menit setelah menu disajikan kepada tamu.

4. Cara melakukan taking order yaitu dahulukan tamu perempuan ketimbang lelaki dan juga dahulukan minuman sebelum makanan.

5. Usahakan daftar menu yang diberikan kepada tamu untuk diambil dari meja untuk memberikan ruang buat makanan yang telah di order oleh tamu.

6. Setelah minuman jadi, maka tugas waiter untuk menyajikan kepada tamu dengan catatn harus mendahulukan tamu wanita dan harus dimulai lewat sebelah kiri
Bagi seorang waiter diwajibkan untuk berdiri tidak jauh dari tamu sehingga apapun yang tamu inginkan tidak perlu beranjak sari tempat duduk mereka. 

7. Sebelum menyajikan makanan, diharapkan semua perlengkapan makanan seperti sendok, garpu atau pisau sudah siap di atas meja

8. Setelah makanan sudah siap, maka waktunya disajikan kepada tamu.
Catatan penting : semua makanan dan minuman harus kepada tamu wanita terlebih dahulu.

7. Untuk para waiter harus siap tanggap ketika minuman tamu habis, wajib bagi para waiter untuk menawarkan penambahan atau menuangkan kembali ke gelas jika minuman sudah habis.

8. Harap dalam satu meja dihandle oleh satu waiter sehingga mempermudah dan luwes bagi tamu dalam meminta sesuatu dan akan lebih profesional.

9. Untuk melakukan clear up, segala sesuatu memiliki aturan jadi saat anda melakukan clear up setelah semua makanan telah habis di meja tamu dan pastikan semuanya sudah benar benar habis. 

Setelah semuanya selesai maka saatnya bagi para waiter untuk melakukan penawaran menu dessert atau menu tutup mulut.

Jika semuanya telah selesai maka kita tinggal menunggu tamu untuk meminta tagihan dan jangan lupa setelah tamu pergi untuk mengucapkan terima kasih.
Demikian sudah pengalaman saya tentang tata cara pelayanan tamu di restauran, 

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.