PAKET TREKKING RINJANI 3 HARI 2 MALAM MURAH DAN MENANTANG | LOmbok Society

Selasa, 04 Juli 2017

PAKET TREKKING RINJANI 3 HARI 2 MALAM MURAH DAN MENANTANG

trekking rinjani, paket trekking rinjani, paket rinjani, p]aket tur rinjani, p]aket 2 malam 3 hari rinjani, paket trekking murah rinjani, paket trekking rinjani murah, paket pendakian rinjani, paket rinjani, rinjani tur, rinjani tou trekking



PAKET TREKKING RINJANI 3 HARI 2 MALAM
HARGA 1.500.000,- PER ORANG

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 m dpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya. Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha dan ini akan diusulkan penambahannya sehingga menjadi 76.000 ha ke arah barat dan timur.

Paket Trekking Rinjani 3 Hari 2 Malam ini diperuntukkan bagi para pendaki  yang sudah expert dan mampu bertahan mendaki selama 8 jam, trek dan rute yang kita hadapi akan cukup menantang namun kita juga akan menempuh berbagi tempat peristirahatan sebagai bagian dalam menimbun energi tambahan bagi anda para trekker bersemangat

Paket Rinjani Trekking 3 Hari 2 Malam

Secara administratif gunung ini berada dalam wilayah tiga kabupaten: Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

Rinjani memiliki panaroma paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa, pecinta alam.

Suhu udara rata-rata sekitar 20 °C; terendah 12 °C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus.

Selain puncak, tempat yang sering dikunjungi adalah Segara Anak, sebuah danau terletak di ketinggian 2.000m dpl. Untuk mencapai lokasi ini kita bisa mendaki dari desa Senaru atau desa Sembalun Lawang (dua entry point terdekat di ketinggian 600m dpl dan 1.150m dpl).

PERBEDAAN DUA RUTE YANG SANGAT SIGNIFIKAN

RUTE SEMBALUN
Kebanyakan para travel merekomendasikan jalur pendakian dimulai dari rute Sembalun dan mengakhiri pendakian di Senaru, karena bisa menghemat 700 m ketinggian. Rute Sembalun agak panjang tetapi datar, dan cuaca lebih panas karena melalui padang savana yang terik (suhu dingin tetapi radiasi matahari langsung membakar kulit). krim penahan panas matahari sangat dianjurkan itulah mengapa paket trekking kami memilih melewati daerah sembalun.

RUTE SENARU
Dari Rute Senaru tanjakan tanpa jeda, tetapi cuaca lembut karena melalui hutan. Dari kedua lokasi ini membutuhkan waktu jalan kaki sekitar 7 jam menuju bibir punggungan di ketinggian 2.641m dpl (tiba di Plawangan Senaru ataupun Plawangan Sembalun). Di tempat ini pemandangan ke arah danau, maupun ke arah luar sangat bagus. Dari Plawangan Senaru (jika naik dari arah Senaru) turun ke danau melalui dinding curam ke ketinggian 2.000 mdpl) yang bisa ditempuh dalam 2 jam. Di danau kita bisa berkemah, mancing (Carper, Mujair) yang banyak sekali. Penduduk Lombok mempunyai tradisi berkunjung ke segara anakan untuk berendam di kolam air panas dan mancing.

Untuk mencapai puncak (dari arah danau) harus berjalan kaki mendaki dinding sebelah barat setinggi 700m dan menaiki punggungan setinggi 1.000 m yang ditempuh dlm 2 tahap 3 jam dan 4 jam. Tahap pertama menuju Plawangan Sembalun, camp terakhir untuk menunggu pagi hari. Summit attack biasa dilakukan pada pukul 3 dinihari untuk mencari momen indah - matahari terbit di puncak Rinjani. Perjalanan menuju Puncak tergolong lumayan; karena meniti di bibir kawah dengan margin safety yang pas-pasan. Medan pasir, batu, tanah. 200 meter ketinggian terakhir harus ditempuh dengan susah payah, karena satu langkah maju diikuti setengah langkah turun (terperosok batuan kerikil). Buat highlander - ini tempat yang paling menantang dan disukai karena beratnya medan terbayar dengan pemandangan alamnya yang indah. Gunung Agung di Bali, Gunung Raung di Banyuwangi dan Gunung Tambora di Sumbawa terlihat jelas saat cuaca bagus di pagi hari. Untuk mendaki Rinjani tidak diperlukan alat bantu, cukup stamina, kesabaran dan gairah pendaki.

Keseluruhan perjalanan dapat dicapai dalam program tiga hari dua malam, atau jika hendak melihat dua objek lain: Gua Susu dan gunung Baru Jari (anak gunung Rinjani dengan kawah baru di tengah danau) perlu tambahan waktu dua hari perjalanan. Persiapan logistik sangat diperlukan.
Itulah sekilas tentang Gunung Rinjani yang telah dinobatkan sebagai gunung tertinggi kedua di Indonesia yang memiliki keindahan dan trek yang memukau para pendaki, hingga kini rinjani telah menyumbangkan pendapatan daerah yang cukup tinggi untuk pariwisata.

TRIP DETAILS :

Kami akan melakukan penjemputan di beberapa spot penjemputan yang berada di Pulau Lombok, sehingga perlu adanya koordinasi ketepatan dalam melakukan reservasi, seperti Lombok Informasi tentang lokasi penjemputan sangat dibutuhkan untuk menepatkan layanan kami sesuai dengan permintaan, 

Adapun lokasi-lokasi penjemputan seperti :
Lombok international Airport (BIL),
Pelabuhan Lembar,
Pelabuhan Bangsal,
Hotel di Mataram,
Hotel di Senggigi
Hotel di Kuta
3 Gili ( Trawangan, Meno dan Air ) meeting point Bangsal, Teluk Nare atau Teluk Kodek

Setelah melakukan penjemputan dengan tamu-tamu yang lain menggunakan fasilitas shuttle ( share dengan tamu yang lain ) perjalanan akan dilanjutkan dengan melakukan perjalanan langsung menuju ke Senaru Hotel dimana anda akan menginap selama satu Malam. 

Ditempat ini pula anda akan bertemu dengan Trekking Guide yang akan memberikan pengarahan tentang hal-hal penting yang harus diperhatikan selama melakukan pendakian, melakukan pengarahan yang terperinci untuk menghindari adanya kesalahan selama dalam lingkup trekking rinjani. 

Adapun di tempat ini pula anda akan bertemu porter yang akan membawakan barang-barang bawaan anda selama melakukan pendakian seperti :
Tenda
Sleeping Bag
Fasilitas Masak
Air Mineral
Tiket Masuk Objek Wisata
Makan 3 kali ( Sarapan, Makan Siang dan Makan Malam 

Adapun perlengkapan extra yang bisa anda bawa untuk melengkapi kenyamanan anda dalam melakukan pendakian Gunung Rinjani Lombok : 

Sun Cream ( Karena cuaca dingin namun panas matahari menyengat, krim ini mengurangi efek sinar UV pada Kulit anda
Kamera ( Akan sangat anda butuhkan dalam menyimpan setiap momen perjalanan anda )
Sarung Tangan ( untuk menghindari dan menjaga tangan anda dari hawa dingin sehingga tetap lentur dalam berjalan
Tongkat ( akan anda butuhkan saat melewati tanjakan atau rute yang berliku saat tubuh anda mulai kelelahan sebagai penopang badan
Obat Pribadi ( Jika anda memiliki obat khusus untuk penyakit ada akan tetapi bukan penyakit yang bisa mengganggu dalam pendakian )
Jaket ( Karena anda berada di ketinggian tentunya udara akan semakin dingin sekitar 200 celcius cukup dingin bukan )
Jas Hujan ( untuk mengantisipasi keadaan udara yang kadang hujan saat melakukan pendakian biasa terjadi saat bulan-bulan tertentu.

TREKKING ITTERNARY

HARI 1 : DESA SENARU – DESA SEMBALUN – SEMBALUN CRATER RIM ( 2.639 M )

Dihari pertama inilah trip pendakian akan dimulai, sediakan stamina anda dan spirit yang tinggi karena tantangan ada di depan mata anda 

Setelah penat dengan aktifitas penjemputan dihari sebelumnya dan anda tertidur pulas di penginapan kami di Senaru saatnya anda bangun pada pukul 06.00 pagi yang selanjutnya sarapan akan ready jam 06.30 pagi, sesaat setelah anda bangun adalah saat dimana anda memperiapkan barang yang sudah anda rapikan semalam, cek kembali semua barang anda agar lengkap dan terbawa semua agar semua planning yang telah anda rencankan dapat tercapai sesuai keinginan.

POS 1 PEMANTAUAN
Mobil off-road kami sudah menunggu anda di hotel untuk melanjutkan perjalanan ke Desa Sembalun dimana kita akan melakukan registrasi di Rinjani Information Center ( RIC ) berada di ketinggian 1.051 Meter sekitar jam 08.00 pagi, dimana semua pendaki yang masuk dan melakukan pendakian sudah tertata dengan rapi sehingga jika ada pendaki yang tersesat karena cuaca buruk makan tim sar akan siap melakukan pencarian, seiring dengan banyaknya pendakian yang dilakukan secara illegal tanpa melewati pintu masuk yang disediakan menyebabkan banyaknya pendaki yang tersesat.

Pos Pemantauan Paket Trekking Rinjani


Selanjutnya kita akan melakukan pendakian menuju Pos 1 Pemantauan ( 1.300 m ) membutuhkan waktu untuk berjalan selama 2 jam dari RIC ke Pos Pemantauan selanjutnya kita akan melakukan istirahat sejenak untuk memulihkan tenaga anda selama 10 – 15 menit 

POS 2 TANGENGAN
Perjalanan dilanjutkan menuju Pos 2 Tangengan ( 1.500 M ), Jarak antara Pos 1 ( pemantaun ) dengan Pos 2 ( Tangengean ) adalah satu jam perjalanan setelah itu kita akan istirahat sejenak melepas penat dan lelah.

Pos Tangengean, Paket Rinjani Trekking

POS 3 BALONG

Step selanjutnya menuju Pos 3 Balong dengan jarak tempuh satu jam dari pos sebelumnya ( Pos 2 Tangengean ) di tempat inilah kita akan beristirahat untuk makan siang dan minuman hangat yang akan di sediakan oleh para potter yang membutuhkan waktu selama dua jam untuk makan siang dan beristirahat sejenak 

Pos Balong, Paket Rinjani Trekking

SEMBALUN CRATER RIM 

Step terakhir hari pertama adalah pendakian menuju Sembalun Crater Rim ( Pelawangan )  step ini membutuhkan waktu 3 jam pendakian dengan ketinggian 2.639 M dan pendakian yang cukup panjang dan melelahkan, disinilah kita akan membangun tenda dan bermalam, esok harinya anda akan menyaksikan keindahan Sunset, Sunrise, Danau Segara Anak, Desa Sembalun dari ketinggian dan Puncak Setengah Rinjani dari Arah Utara. 

Sembalun Crater Rim, Paket Trekking Rinjani

HARI 2 : SUMMIT/TOP 3.726 M, DANAU SEGARA ANAK, HOTSPRING – SENARU CRATER RIM 

Hari kedua merupakan hari yang paling inti dimana anda akan menuju puncak rinjani yang merupakan tujuan akhir dari pendakian dengan step sebagai berikut :

Kita akan bangun pagi jam 02.30 dan sarapan yang telah disedikan. oleh para potter andalan yang siap melayani kebutuhan sarapan pagi yang penuh energi. Sesaat setelah jam menunjukkan pukul 03.00 pagi saatnya anda menjejakkan kaki melangkah menuju summit.

GO SUMMIT
Perjalanan akan membutuhkan waktu 3 jam 20 menit yang di bagi menjadi dua tahap pendakian:  Yang pertama Pendakian selama 120 menit : pendakian yang terbilang mudah namun memiliki trek yang cukup panjang sehingga menghabiskan waktu yang cukup lama meskipun tidak begitu menguras energy anda. Yang kedua Pendakian Cukup Sulit pendakian ini membutuhkan waktu 1 jam 20 menit dengan trek jika anda melakukan 2 langkah ke depan maka satu langkah anda akan mundur ke belakang ini disebabkan oleh bebatuan yang lepas dan tidak tertanam kuat di tanah sehingga akan menyebabkan setiap langkah anda akan mundur satu langkah 

Puncak Rinjani, Paket Treking Rinjani

Kita harus mencapai puncak sebelum matahari terbit itulah tujuan awal summit, setelah anda menuju puncak rinjani anda bisa melihat Pulau Lombok, Pulau Sumbawa, Pulau Bali dan Tentunya danau segara anak, kita akan berada di puncak kurang lebih selama 40 menit saja dikarenakan kondisi udara yang dingin dan tidak memungkinkan bagi tubuh kita untuk bertahan lama

Setelah sunrise kita akan kembali ke Sembalun Crater Rim untuk mendapatkan sarapan pagi dan minuman hangat sebagai pereda summit yang menenangkan. 

DANAU SEGARA ANAK DAN HOTSPRING

Selanjutnya kita akan menuruni danau dan sumber air panas, akan tetapi anda harus berhati-hati dikarenakan medan yang licin dan rumit, kita membutuhkan waktu 3 jam untuk menuruni step yang satu ini untuk menikmati keindahan danau segara anak dari dekat dan menghangatkan badan di sumber air panas rinjani ( hotspring ) dan makan siang akan disediakan di tempat ini setelah step curam yang melelahkan, hotspring berjarak hanya 100 meter dari tempat ini, setelah makan siang selesai kita akan naik lagi ( step ini dkenal dengan nama step turun naik, Turun dari Sembalun Crater Rim Menuju Danau Segara Anak dan Hotspring kemudian naik ke The Crater Rim of Senaru, Perjalanan naik membutuhkan waktu 3 jam trekking dengan medan yang licin dan melelahkan, oleh sebab itu dibutuhkan kehati-hatian dalam mengarungi step ini

The Crater Rim of Senaru inilah tempat kita akan bermalam dan dijadikan sebagai second view dimana anda bisa melihat keindahan sunset dari Gunung Agung Bali dan juga asap tebal yang muncul dari lubang Gunung Baru Jari, Camping dan makan malam bisa anda nikmati di tempat ini

HARI 3 : Senaru Crater Rim ( 2.641 m) – Senaru Village ( 601 m )

Hari ketiga ini akan kita mulai dengan sarapan pagi yang ditemani hawa dingin mencekam di tepi danau segara anak, sebuah tempat yang cukup eksotik yang manemani anda dengan pemandangan yang indah tentang sunrise dan puncak rinjani dari sisi danau.

SENARU CRATER RIM

Setelah hidangan pagi anda berakhir saatnya kita menuruni danau selama 4 – 5 jam perjalan dengan beberapa break sejenak hingga makan siang, maka sampailah kita ke Senaru Rinjani Trekking Center, disinilah anda akan dijemput menuju destinasi tujuan anda maka berakhirlah trekking anda.

DESA SENARU

Disinilah staff kami akan melakukan penjemputan untuk diantarkan ke destinasi yang telah anda tentukan seperti senggigi, bangsal, mataram ataupun airport. sebelum anda meninggalkan camp terkahir pastikan semua barang bawaan anda sudah masuk ke dalam mobil demi untuk menghindari adanya ketinggalan barang bawaan.

Selamat berpetualang di Gunung Rinjani ................................

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.