5 Keistimewaan Gunung Rinjani dibandingkan Gunung yang lain | LOmbok Society

Sabtu, 20 Februari 2016

5 Keistimewaan Gunung Rinjani dibandingkan Gunung yang lain

Sebagai salah satu objek wisata yang menawarkan wisata trekking yang banyak digandrungi oleh wisatawan lokal ataupun asing, Gunung Rinjani memiliki keistimewaan tersendiri diantara Gunung yang lain, bayangkan seperti Gunung jayawijaya di irianjaya yang memiliki keunikan berupa salju abadi yang berada di puncak Cartenz dan merupakan gunung tertinggi di Indonesia.


Sebagai objek wisata yang menawarkan ketinggian dengan rute yang variatif dan memiliki flora yang beragam. Beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Gunung Rinjani yang tidak dimiliki oleh gunung lainnya :

1. Puncak Kaldera yang menakjubkan 

Puncak kaldera merupakan salah satu dari keajaiban yang ada pada Gunung Rinjani pada ketinggian 3.000 meter diatas permukaan laut, puncak kaldera ini berada diatas sisi-sisi puncak yang menjadi pembatas yang cukup tinggi membentuk pahatan melengkung.

Puncak kaldera menjadi pemandangan yang cukup fenomenal di kalangan para pendaki, berada di atas ketinggian dinaungi oleh keindahan awan yang beriring.

2. Danau segara anak

Danau air tawar yang berada ditengah puncak gunung ini memberikan sebuah keajaiban tersendiri, sebuah danau yang memiliki nilai spiritual yang tinggi terbukti dengan banyaknya pandai besi yang menguji kekuatan kerisnya di danau tersebut bahkan danau tersebut dijadikan sebagai tempat memandikan keris, tombak dan juga pedang yang dipercaya mampu memberikan kekuatan yang lebih besar.

Beralih ke masa lalu, sebuah upacara sakral umat hindu di selenggarakan dari tahun ke tahun di danau tersebut semenjak pemerintahan kerajaan Karangasem Bali hingga saat ini, danau ini sangat banyak di kinjungi warga lokal dalam rangka memancing ikan air tawar di tempat ini.

3. Flora dan Fauna yang beragam

Sebagai salah satu hutan hujan tropis, gunung rinjani menyajikan keanekaragaman flora dan fauna yang bisa anda temukan seperti berbagai macam tanaman paku, cemara gunung, semak dan belukar bahkan di tempat ini anda akan menemukan bunga abadi yang memang sangat dilarang bagi para pendaki untuk memetiknya karena memiliki nilai spritual yang tinggi sehingga perlu dijaga.

Gunung rinjani memiliki sekitar 109 spesies hewan yang serupa dengan spesies yang anda temukan di australia, spesies tersebut mulai dari kelas burung, reptil hingga monyet ekor panjang yang lebih dikenal dengan sebutan lutung, hewan ini memang cukup meresahkan para pendaki karena sering memasuki tenda dan mencuri persediaan makanan.

4. Memiliki 2 pintu masuk

Kebanyakan dari berbagai gunung yang menjadi jalur pendakian memiliki satu pintu masuk yang dijaga ketat oleh para penunggu dan badan konservasi alam sebagai bahan acuan atau laporan perlindungan wisatawan dalam melakukan proses pendakian, report yang dilaksanakan di pintu masuk sebagai salah satu bentuk kesigapan aparat dalam menjaga kenyamanan dan keamanan para pendaki hal ini diperuntukkan jika terjadi sebuah bencana akan lebih cepat mengevakuasi para pendaki.

Dua pintu masuk yang dimiliki cukup membantu dalam menempuh perjalanan wisata, hal ini dibuktikan dengan kemudahan yang diberikan bagi para tamu yang berada di wilayah bagian selatan terutama kuta lombok yang lebih memilih jalur pendakian lombok timu yaitu sembalun namun bagi para tamu yang berada di bagian utara atau barat lombok cenderung memilih pendakianewat jalur utara atau senaru.

5. Menyajikan sunrise terbaik Lombok

Gunung Rinjani termasuk dalam tempat atau lokasi terbaik dalam menyaksikan matahari terbit dari jarak paling dekat dengan puncak tertinggi di pulau lombok, demi mendapat fenomena ini para pendaki harus rela mengurangi jam tidurnya dan terbangun pada pukul 4 pagi waktu setempat untuk meraih matahari terbit dipuncak.

Para pendaki hanya memiliki waktu sekitar 20 sampai 40 menit berada di puncak Rinjani dengan suhu udara 20 derajat selsius, para pendaki terpaksa harus turun setelah waktu yang ditentukan berakhir, selepas matahari terbit maka berakhirlah petualangan menaklukkan Rinjani dan saatnya kembali.

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.