Transportasi dari Bandara Internasional Lombok ke Gili Trawangan | LOmbok Society

Sabtu, 10 September 2016

Transportasi dari Bandara Internasional Lombok ke Gili Trawangan

transport ke gili, transport bandara, transport bandara ke gili, transport dari bandara ke gili, transportasi dari BIL ke gili trawangan

Transportasi dari bandara internasional lombok (BIL) terbilang sangat beragam dengan berbagai macam variasi harga dan ragam transportasinya dari yang murah hingga yang mahal sekalipun, dari harga yang private hingga publik, segala transportasi yang ada memberikan dampak dan keuntungan tersendiri.





Transportasi bandara sangat dibutuhkan oleh para turis baik domestik ataupun mancanegara, bandara Internasional lombok merupakan gerbang masuk menuju destinasi wisata Lombok, berbagai macam destinasi wisata di Lombok yang bisa anda temukan berupa wisata air terjun lombok, Wisata Pantai, wisata budaya dan juga wisata tiga gili termasuk wisata Gili Trawangan yang sekarang menjadi point penjelasan kita saat ini.

Wisata Gili Trawangan sudah sangat mendunia hingga anda akan menemukan sesuatu dimana penghuninya lebih banyak bule ketimbang warga lokal, nah bagaimana kita Menuju pulau kecil ini dari bandara Internasional Lombok (BIL) adapun rute antara bandara dengan Gili Trawangan sejauh kurang lebih 75 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam perjalanan darat dan 20 menit perjalanan laut.

Ada dua rute yang akan anda gunakan untuk memasuki Gili Trawangan :

1. Rute Pusuk

Rute pusuk merupakan rute shortcut yang mana memiliki jarak tempuh paling dekat dari bandara ke pelabuhan bangsal, melewati tengah kota Mataram yang merupakan ibukota Lombok dilanjutkan dengan melintasi Pasar Gunung Sari ke arah utara dan menuju Gerbang Masuk Hutan Pusuk yang rindang dibaluti indahnya panorama pegunungan.

Jalur yang dilengkapi dengan jalanan yang bagus beraspal ditemani dengan rindangnya pepohonan membuat perjalanan anda serasa memasuki objek wisata puncak Bogor.

Satu hal yang harus anda perhatian bahwa jalur ini Memiliki jalan berliku dan menanjak karena memang begitulah jalur pegunungan, melewati hutan baun pusuk yang berada di ketinggian membuat suhu udara terasa dingin segar, adapun beberapa keuntungan yang bisa kita dapatkan saat melewati rute pusuk :

A. Anda akan memiliki waktu yang lebih singkat menuju pelabuhan ketimbang harus menggunakan rute Senggigi.

B. Kondisi alam yang masih asri dan dikelilingi pepohonan akan membuat anda jauh dari pengap dan panas. Maka bersiaplah menghirup segarnya udara pegunungan.

C. Anda akan menyaksikan habitat monyet di puncak Pusuk, begitu banyak monyet yang menunggu anda di pinggiran jalan, hal ini memberi kesempatan bagi anda untuk mengambil foto dengan hanya berhenti sejenak, jangan lupa bawalah kacang atau pisang untuk memberi makan para monyet pusuk.

D. Anda akan disajikan dengan view 3 gili dari kejauhan, jangan lupa menyiapkan kamera anda untuk menjelajahi potografi yang unik dan eksotik.


2. Rute Senggigi 

Rute ini memang merupakan rute pinggiran yang mana merupakan jalur kabupaten yang menghubungkan antara kabupaten Lombok barat dengan Lombok Utara, tak heran jalurnya dilewati oleh bus-bus besar dan juga truk pengangkut bahan bahan material. 

Kita akan mulai rute dari bandara lombok, sesaat setelah anda menemukan alat transportasi pilihan anda, alat transportasi tersebut akan menuju jalur bypass bandara yang memiliki kelebaran jalan kurang lebih 8 meter dan anti macet, dan dilanjutkan dengan perjalanan memasuki  sisi selatan kota Mataram yaitu wilayah Parampuan dan kita menuju wilayah Ampenan yang biasa dijuluki kota tua yang menjadi simbol sejarah dan akhirnya kita akan sampai di jalur Pantai Senggigi, ada beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan dengan menempuh rute ini sebagai berikut :

A. Anda akan disajikan dengan pemandangan pantai senggigi yang indah dan tepat berada di depan mata anda, hamparan pasir putih ditemani boat yang berlayar indah menyempurnakan perjalanan anda.

B. Jalurnya yang kebanyakan digunakan untuk para tamu jemputan atau lebih dikenal dengan jalur pariwisata Lombok sehingga akan terasa lebih aman dan nyaman dalam perjalanan.

C. Walaupun demikian jalurnya akan terasa lebih jauh dikarenakan oleh jalan raya yang mengikuti bibir pantai sehingga terasa jalannya memutar, alur jalan sedikit menanjak dan berliku.

Nah dari kedua rute diatas anda bisa gunakan sesuai dengan kebutuhan anda, anda tentunya akan bertanya bagaimana dengan biaya yang akan kita habiskan dari Bandara Internasional Lombok (BIL) ke Gili Trawangan.

1. Ekonomis

Ini adalah pilihan harga yang paling murah yang akan anda gunakan untuk mencapai pulau gili, berbagai macam step yang bisa anda lakukan :

A. Pada saat anda sampai di Bandara Internasional Lombok (BIL) silahkan anda langsung memasuki terminal dimana anda bisa temukan Bus Bandara dengan berbagai macam rute baik terminal Mandalika ataupun pasar seni Senggigi, pilihlah rute yang menuju ke pasar seni Senggigi.

adapun untuk bis pariwisata beroperasi dari penerbangan paling pagi hingga penerbangan paling akhir yaitu tengah malam.
Harga yang akan anda habiskan sekitar Rp. 35.000,- per orang dari Bandara ke Pasar Seni Senggigi. Loket pembelian tiket bisa anda temukan di pintu masuk Bandara Internasional Lombok (BIL).

B. Sesaat setelah anda sampai di Senggigi, anda bisa menggunakan fasilitas berupa ojek atau Menggunakan penyewaan sepeda motor dengan biaya 45.000 sampai 50.000 per hari (update July 2016) dengan menggunakan fasilitas ini anda akan menghemat biaya liburan anda, sebelum anda  menggunakan alat transportasi sepeda motor, pastikan anda memiliki SIM C sebagai bukti bahwa anda mempunyai izin mengendarai kendaran roda dua dan juga pastikan anda mendapatkan STNK (surat tanda nomor kendaraan) dari tempat penyewaan, agar anda terhindar dari tilang dan juga razia polisi.

C. Setelah sampai di pelabuhan Bangsal saatnya anda mencari tempat untuk memparkir kendaraan, begitu banyak fasilitas parkir yang tersedia disana dengan harga 5.000,- per malam, perlu diingat jika anda kehilangan sepeda motor ditempat parkir maka pihak parkir memiliki kewajiban mengganti motor tersebut dengan motor yang sama, namun hingga saat ini tida ditemukan kasus kehilangan karena memang Lombok Utara bebas dari upaya pencurian sampai dengan saat ini. Oke selanjutnya dapatkan nomor kode parkir sebagai bukti pengambilan saat anda balik, nama-nama  tempat parkir sepert Asri, Kayama dan banyak lagi tersedia dekat pintu masuk pelabuhan bangsal.

http://www.lomboksociety.web.id/2016/09/transportasi-dari-bandara-internasional.html

D. Setelah anda memparkir sepeda motor, nah saatnya anda melangkahkan kaki ke tempat penjualan tiket boat ke tiga gili ( Trawangan, Meno dan Air ).
untuk Gili Trawangan dan Gili Meno memiliki loket yang sama, akan tetapi untuk Gili Air berada di sebelah Kanan Jalan. Beberapa harga tiket publik boat yang berlaku untuk tahun 2016 :
1. Trawangan 15.000
2. Gili Meno 13.000
3. Gili Air 12.000

Untuk biaya boat belum termasuk dalam pajak masuk kawasan wisata, entry tax untuk kawasan wisata sebagai berikut :
Domestik 2.000
Internasional 5.000

Loket pembelian tiket buka dari jam 07 pagi hingga jam 05 sore dan boat akan berangkat setelah penumpang mencapai 40 orang karena memang keberangkatan bergantung pada jumlah tiket terjual, jika sudah terjual 40 maka boat akan berangkat. Publik boat akan mendarat tepat di pelabuhan Gili Trawangan jika anda menuju ke pulau ini.

Berdasarkan pada tingkat permintaan yang begitu tinggi maka bangsal harbour telah meningkatkan kualitas boat dengan mesin 80 PK sehingga untuk menyebrang ke Gili Trawangan anda hanya membutuhkan waktu 20 menit saja.

Pastikan anda tidak begitu jauh dari loket pembelian tiket karena saat boat sudah full penumpang, akan di umumkan dengan pengeras suara oleh petugas, lihatlah warna tiket anda dan jika warna sesuai yang diumumkan maka saatnya anda menuju ke boat dan berlabuh ke gili trawangan

Estimasi biaya yang dihabiskan dari bandara ke pelabuhan bangsal Rp. 100.000,-

2. Medium

Nah kini saatnya kita temui cara yang kedua, hal ini dapat anda lakukan dengan step yang sama namun dengan menggunakan transportasi yang berbeda, berikut urutan yang bisa anda gunakan : 

A. Setelah anda sampai di Bandara langsung jejakkan kaki anda di pintu masuk tempat dimana loket bis bandara dijual, ambillah rute menuju Pasar Seni Senggigi

http://www.lomboksociety.web.id/2016/09/transportasi-dari-bandara-internasional.html

B. Setelah sampai di pasar seni Senggigi pastikan semua barang anda sudah keluar dari bus, kemudian temukan taksi yang sedang mangkal di Senggigi karena banyak taksi yang mencari penumpang di tempat ini seperti taksi bluebird, taksi lendang karung, taksi lombok express dan banyak lagi, dan minta lah diantarkan ke Pelabuhan Bangsal

C. Setelah anda menggunakan taksi pastikan anda diturunkan di terminal taksi karena taksi dilarang masuk ke pelabuhan, akan tetapi saat ini pemerintah telah menyediakan pangkalan khusus taksi sehingga memudahkan para penumpang mencari taksi.
Anda bisa meminta taksi untuk masuk didepan pelabuhan, akan tetapi jika tidak memungkinkan anda bisa berhenti sampai terminal dan anda harus berjalan sejauh 3 menit dari terminal ke pintu masuk pelabuhan, sangat dekat jadi tidak perlu dikwatirkan.

D. Belilah tiket fastboat atau speedboat alias kapal cepat  dengan schedule yang sudah disediakan tepatnya di loket tiket yaitu
jam 09
jam 12 dan
jam 02 siang
dengan harga 85.000,- per orang.

ada tidak adanya penumpang fastboat tetap diberangkatkan karena untuk memenuhi permintaan penumpang dari gili ke Bangsal.

Perlu diingat fastboat akan mendarat di jembatan Gili Trawangan bukan di pelabuhan, jarak antara publik harbour trawangan dengan jembatan sejauh 300 meter.

Estimasi biaya dari bandara ke Gili Trawangan Rp. 300.000,- 

3. Premium

Paket yang satu ini terbilang sangat santai dengan menggunakan fasilitas LOMBOK SOCIETY yang memprioritaskan pada kenyamanan dan keamanan dengan tata urutan sebagai berikut :

A. Kami menyediakan fasilitas armada yang siap melakukan penjemputan ke Airport, mobil pribadi akan mengantarkan anda melewati jalur Senggigi atau Pusuk sesuai dengan permintaan, anda bisa berhenti sejenak untuk mengambil foto atau selfie di beberapa tempat yang menjadi spot foto terbaik, armada kami memiliki space yang jauh lebih besar ketimbang menggunakan taksi dan maksimal penumpang 4 orang, anda bisa menghemat untuk penghabisan dua orang.

harga taksi dengan mobil private sama meskipun taksi menggunakan argometer, dengan mobil pribadi anda akan lebih nyaman dan cukup untuk 4 orang akan tetapi taksihanya 2 orang saja, jika anda punya banyak barang bawaan, pastikan mobil pribadi menjadi pilihan.

Harga Rp. 350.000,- dari bandara ke TELUK NARE maksimal 4 orang




Adapun untuk penjemputan sesuai dengan penerbangan yang telah di informasikan kepada kami, selanjutnya staff kami akan membawa sebuah papan yang bertuliskan nama anda di airport. sehingga mudah bagi kami menemukan anda di Bandara Internasional Lombok. Jika terjadinya penundaan penerbangan silahkan infokan kepada kami, kami siap menunggu kedatangan anda.

B. Selanjutnya staff kami akan membawa anda ke pelabuhan teluk kodek (pelabuhan khusus speedboat kami). nah saatnya anda menaiki boat kami BOAT 007 yang siap meluncur menuju Gili Trawangan.

Kami menawarkan private boat, jadi begitu anda datang, boat kami akan langsung berangkat dan anda tidak perlu menunggu.
Kapasitas maksimal 10 orang dengan speedboat yang telah dilengkapi dengan fasilitas keamanan tersendiri.

Harga Rp. 350.000,- one way dari Teluk Kodek ke Gili Trawangan, maksimal 4 orang.

Anda tidak perlu terlalu pusing untuk mengatur setiap step perjalanan anda karena pelayanan yang tepat sudah tersedia 

Mengapa kami menggunakan pelabuhan teluk kodek ?

1. Pelabuhan bangsal memiliki begitu banyak boat sehingga faktor kenyamanan selalu menjadi masalah

2. Anda akan diberangkatkan dengan boat secara personal sehingga tidak sharing dengan orang lain yang tidak anda kenal.

3. Anda tidak akan dibebani biaya porter untuk membawa barang, hal ini kami belajar dari permasalahan di pelabuhan bangsal yang sudah menjadi masalah harian.

4. Anda akan terhindar dari makelar yang selalu melakukan mark up harga, sehingga saat anda tahu harga aslinya anda akan kecewa.

5. Anda akan merasa nyaman karena jauh dari gerombolan orang yang mau menyebrang ke Pulau Gili Trawangan 

6. Anda tidak perlu menunggu sampai boat penuh, begitu anda datang speedboat akan langsung berangkat

Nah sekarang tinggal anda yang memutuskan pelayanan yang mana yang bisa anda Pakai sesuai dengan kebutuhan anda



DAFTAR HARGA SEWA MOBIL DI LOMBOK

DARI AIRPORT KE …………………………. 

No
Keterangan
2 px
4 px
6 px
1
Bangsal Harbor
350.000
400.000
450.000
2
Mataram
250.000
300.000
350.000
3
Senggigi
300.000
350.000
400.000
4
Kuta Area
200.000
250.000
300.000
5
Senaru
550.000
600.000
650.000

DARI bangsal atau teluk nare KE …………………………. 

No
Keterangan
2 px
4 px
6 px
1
Airport
350.000
400.000
450.000
2
Mataram
300.000
350.000
400.000
3
Senggigi
250.000
300.000
350.000
4
Kuta Area
450.000
500.000
550.000
5
Lembar Harbour
350.000
400.000
450.000
 
Transportasi untuk ke Gili Trawangan memiliki biaya yang sama dengan transportasi ke Gili air atau Transportasi ke Gili meno, semua transportasi yang digunakan adalah transportasi yang sama tanpa ada perbedaan sedikitpun.

Jika anda berminat menggunakan jasa kami, cukup anda melakukan telpon atau via Whataps untuk konfirmasi atau berbincang tentang tempat wisata terbaik yang anda inginkan dan kami siap memberikan informasi lengkap yang bisa menjadi referensi anda dalam melakukan tur atau liburan anda. 

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.