TOUR GILI LAYAR DENGAN SNORKELING ( GILI LAYAR, GILI GEDE DAN GILI RENGGIT ) | LOmbok Society

Kamis, 06 April 2017

TOUR GILI LAYAR DENGAN SNORKELING ( GILI LAYAR, GILI GEDE DAN GILI RENGGIT )

snorkeling gili layar, snorkeling sekotong, snorkling gili gede


Tour Gili Gede Sekotong  Dilengkapi Snorkeling
Durasi : 10 Jam
Harga : 1.200.000,-/ 2 orang  


Gili Gede adalah sebuah pulau kecil yang berada di daratan Sekotong, tepatnya berada di kabupaten Lombok Barat,  Gili Gede merupakan sebuah pulau yang sangat terjaga keasrian hingga segala aktifitas bawah laut berada dalam control aparat desa, begitu berharganya sebuah kata natural memberikan dampak positif bagi berkembangnya pariwisata di tempat ini

Kami akan melakukan penjemputan di beberapa area sentral pariwisata seperti Pelabuhan Bangsal, Hotel daerah Senggigi, Hotel di Mataram, Hotel di Kuta atau Bandara Internasional Lombok (BIL), penjemputan akan dilakukan oleh staff tertunjuk untuk selanjutnya akan melakukan perjalanan menuju tempat bersandarnya Kapal Snorkeling Kami.

Ada beberapa perlengkapan yang harus dibawa sebelum melakukan tour private ini :
  • Handuk sangat dibutuhkan dalam rangka melakukan aktifitas snorkeling yang mana saat anda turun dan naik boat dibutuhkan untuk menbersihkan badan anda dari asinnya air laut ataupun muka anda agar tidak terasa air menggumpal ataupun agar tidak menghalangi penglihatan.
  • Baju ganti akan anda butuhkan sesaat sebelum dan sesudah melakukan aktifitas snorkeling, kenyaman anda akan menjadi prioritas bukan, jadi bawalah baju ganti untuk lebih memberi kenyaman anda
  • Siapkan kamera untuk menyimpan momen-momen terbaik anda, akan lebih baik jika anda menggunakan kamera underwater untuk dapat mendokumentasi setiap step snorkeling anda.

Iternary Trip Step by Step :

Penjemputan Hotel /  Airport

Penjemputan akan dilakukan sekitar jam 8 dari lobby hotel tempat anda menginap, atau jika penjemputan dari airport anda bisa memanggil penerbangan pagi dengan waktu kedatangan jam 08 pagi. 

Waktu pagi merupakan waktu yang paling direkomendasikan untuk memulai aktifitas snorkeling dikarenakan jam tersebut waktu dimana ikan memulai aktifitas, kura-kura laut menuju permukaan mencari sumber oksigen untuk pernafasan dan kerang laut memancarkan warna indahnya beserta air laut masih sangat jernih sehingga tidak akan menghalangi penglihatan anda dalam mengeksplore dunia bawah laut.

Mengunjungi Gili Layar

Gili Layar adalah gili yang kaya akan terumbu karang, gili ini memang hadir sebagai salah satu gili diantara 12 gili di pulau sekotong yang menjadi destinasi pilihan kami, Pantai Sekotong merupakan pantainya para peselancar tepatnya di Bangko-Bangko yang sudah begitu familiar di telinga kita sebagai pantai Dessert Point.




Sesaat anda sampai di pulau ini anda akan disuguhkan dengan fenomena langka dan sangat mengesankan hati yaitu terumbu karang yang sangat dangkal dan dekat sekali dengan bibir pantai tepatnya di bawah lutut kaki, jika anda bersnorkeling cukup letakkan kepala anda dengan masker dimuka anda akan menemukan indahnya terumbu karang.

Terumbu karang yang indah akan memacu datangnya ikan untuk mencari makanan, spesies beberapa ikan laut akan tumbuh dan berkembang dalam riuh penuhnya terumbu karang, tak heran terkadang anda akan menemukan begitu banyak pemancing yang sekedar datang dan mencari ikan.


Pulau ini sangat dekat dengan daratan sekotong dengan penyebrangan hanya 10 menit saja, lokasi berderet dengan Gili Renggit dan Gili Gede, anda bisa melihat keindahan Gili Renggit lewat gili layar, bagaimana dengan keadaan pantainya, pantai putih bersih hadir menemani liburan anda.

Mengunjungi Gili Renggit

Gili Renggit adalah sebuah gili yang berada tepat di tengah-tengah antara Gili Layar dengan Gili Gede, Gili Renggit menurut bahasa sasak diartikan sebagai gili yang penuh akan nyamuk, Karena memang gili ini menjadi tempat bersarangnya nyamuk, hal tersebut dapa dimaklumi karena memang gili ini masih terbilang sepi pengunjung.

Ada beberapa restoran dan juga bar yang sudah ditinggalkan oleh pemilik usaha dikarenakan tidak banyak tamu yang berkunjung sehingga akan menghabiskan dana untuk operasional ketimbang mendapat omset yang menguntungkan.

Berbagai macam perlengkapan restoran terlihat dan dapat digunakan sebagai tempat berdiam diri, dengan sepinya pengunjung kita bisa pastikan bahwa pantai pasir putihnya belum tersentuh dan juga batu karang masih berada di daerah yang masih dangkal dan juga ikan laut yang masih senang berada di pesisir gili ini.

Spot-spot terbaik di Gili Renggit bisa dijadikan sebagai sarana dokumentasi atau berfoto ria, momen dimana indahnya butiran pasir yang terpapar sinar matahari akan membiaskan kilau mutiara pasir pantai, wah ini akan menjadi sebuah momen yang tidak terlupakan.

Mengunjungi Gili Gede

Gili Gede adalah sebuah pulau kecil yang terletak 500 meter di sebelah barat laut Pulau Lombok. Pulau yang memiliki panjang maksimum 4 km. Pulau ini merupakan pulau paling besar di daerah sekotong, pada bulan juni tahun 1994 pulau ini pernah di adakan perlombaan lari lintas alam Gili Gede 10 km, di pulau gili gede terdapat sebuah sekolah dasar dan menengah satu atap (SPDT 13 lombok barat) dan terdapat 4 masjid, pada tahun 2012 pulau ini di resmikan menjadi sebuah desa kepulauan, meliputi Gili Gede, Gili Layar dan Gili Rengit, dengan jumlah penduduk 1000 jiwa 550 kepala keluarga, Gili Gede mempunyai 5 dusun yaitu dusun induk gili gede/pegametan, dusun gedang siang, dusun tanjungan, labuan cenik, dan orong bukal, sedangkan mata pencaharian penduduk adalah adalah rata rata nelayan.


Arti dari Gili Gede adalah Pulau Besar, pada tanggal 31 Desember 2010 desa Gili Gede diresmikan yang sebelumnya pulau tersebut masih masuk dalam wilayah administrasi desa Pelangan. Di Pulau ini terdapat 5 dusun yaitu, dusun Gendang Siang, Dusun Labuan Cenit, Dusun Orong Bukang, Dusun Tanjungan dan Dusun Gili Gede. Pulau Gili Gede masuk dalam status kawasan Desa Kepulauan, untuk status kepemilikan pulau adalah milik hak ulayat atau adat, hanya saja ada sekitar 4 titik wilayah pulau yang dimiliki oleh pihak swasta juga asing yang dijadikan resort. Tetapi ini menguntungkan warga karena beberapa warga yang menjadi pegawai resort tersebut.

Gili Gede adalah pulau terbesar yang dimiliki kabupaten Lombok Barat. Batas wilayah Pulau Gili Gede pada bagian sebelah utara berbatasan dengan Selat Lombok dan di bagian selatan berbatasan dengan Laut Desa Pelangan, di barat berbatasan dengan Laut Desa Batu Putih dan untuk bagian timur berbatasan dengan Laut Desa Sakoteng Barat.

Akses ke Gili Gede

Aksesbilitas menuju Pulau Gili Gede dapat diperhitungkan mulai dari bandara yang berada di Lombok Tengah menuju Kota Mataram sekitar 30 menit jarak tempuh menggunakan transportasi darat. Dari kota Mataram menuju Kabupaten Lombok Barat dapat ditempuh dengan jarak 20 menit. Kemudian dari Lombok Barat menuju Kecamatan Sekotong Tengah sekitar 1 jam 30 menit dengan transportasi darat, tetapi jika menggunakan trasportasi laut maka akan dapat menghemat waktu 1 jam karena lama perjalanan hanya 30 menit. Jika menggunakan kendaraan darat kita dapat menaiki perahu dari pesisir desa Sekotong Barat menuju pulau sekitar 15 menit perjalanan.

Nama Gili Gede kini sudah menjadi acuan bagi para pecinta wilayah kepulauan, pulau yang terbesar di Kabupaten Lombok Barat ini kini sudah dilirik oleh para investor asing dengan berbagai macam upaya memajukannya, ada beberapa resort yang telah dibangun tentunya memanfaatkan tenaga masyarakat local baik sebagai infrastruktur bangunan hingga karyawan perhotelan.

Sebagai akses terbaik lainnya kini kita bisa mengunjungi Gili Gede dengan menggunakan kapal cepat dari bali yaitu Gili Gede Fastboat, nah kemajuan yang pesat mulai di canangkan yang kemungkinan besar akan memberikan dampak positif bagi kemajuan pulau ini beberapa tahun ke depan selayaknya Gili Trawangan.

Terumbu Karang di Barat Gili Gede

Lokasi pengamatan Barat Gili Gede memiliki perairan yang cukup jernih di dalam kolom perairan dengan jarak pandang ke depan sekitar 6 meter dan jarak pandang ke atas sekitar 8 meter. Pengambilan data dilakukan pada kedalaman 9 meter pada kontur dasar perairan yang berbentuk slope atau miring. Karang lokasi pengamatan ini berbentuk fringing reef (terumbu karang tepi), kondisi arus termasuk kategori sedang dan semakin kencang menjelang sore hari.


Substrat dasar perairan pada lokasi pengamatan Barat Gili Gede didominasi oleh kelompok Hard Coralatau Karang Keras. Kondisi terumbu karang pada lokasi pengamatan ini termasuk dalam kategori sedang karena memiliki persentase diantara 25%-49,9%. Persentase terbanyak kedua adalah dari kelompok (patahan karang) atau berupa patahan-patahan karang. Sedangkan persentase ketiga be atau Karang lunak terutama dari genera. Biota (lainnya) yang ditemukan terutama berasal dari kelompok lili laut

Seteleh semua trip dikunjungi maka tiba saatnya kita pulang atau balik ke hotel tempat menginap untuk relaksasi

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.