STANDAR PROSEDUR OPERATIONAL RESTAURANT & BAR | LOmbok Society

Jumat, 21 Maret 2014

STANDAR PROSEDUR OPERATIONAL RESTAURANT & BAR




  • Membersihkan restoran dan counter bar.
  • Keluarkan minuman dari pantry dan atur di rak berdasarkan daftar.
  • Menyiapkan laporan jumlah awal minuman.
  • Memesan barang dan minuman yang diperlukan dengan mengisi formulir pemesanan yang selanjutnya akan disiapkan oleh petugas gudang
  • Cek daftar tamu yang menginap sehingga mempermudah dalam mengetahui tamu kamar yang terisi, dan tamu yang akan check-in dan check-out.

2.      SARAPAN
07.00 sampai 11.00
Persiapan :
       SARAPAN ALA-CARTE ( jika kurang dari 10 kamar terisi )
  • Menyiapkan perlengkapan sarapan berupa : Coffe or tea cup, tea spoon, dessert knife, dessert fork, dessert spoon, salt and pepper, place mat, tissue, butter, jam and flower vas
  • Menyiapkan kopi atau teh di atas mesin pemanas.
  • Siapkan menu Ala Carte untuk sarapan.

3.   MENYAMBUT TAMU :
  • Ucapkan salam.
  • Mempersilakan tamu duduk, dan menarik kursi untuk wanita terlebih dahulu.
  • Berikan menu sarapan, wanita terlebih dahulu.
  • Menawarkan Teh atau Kopi dan dituangkan ke cangkir
  • Menulis  pesanan tamu dan dibaca ulang pesanannya
  • Tulis pesanan tamu  di nota pesanan yg merah untuk restoran dan yg putih untuk dapur.
  • Menyuguhkan makanan kepada tamu sesuai urutan yang berlaku.
  • Memastikan bahwa semua pesanan tamu telah disuguhkan.
  • Menanyakan apakah ada tambahan pesanan.
  • Clear up piring, mangkok, gelas, dll yang kosong, sambil menanyakan tentang sarapannya.
  • Membersihkan sisa-sisa makanan yang jatuh di meja tamu
  • Mengganti perlengkapan sarapan jika tamu masih membutuhkan.
  • Jika telah selesai, ucapkan terima kasih
 Lanjutan STANDAR PROSEDUR OPERATIONAL  RESTAURANT & BAR
 

eni sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.