LANJUTAN SOP RESTORAN AND BAR TAHAP 2 | LOmbok Society

Jumat, 21 Maret 2014

LANJUTAN SOP RESTORAN AND BAR TAHAP 2



3.      LUNCH (makan siang)
12.00 – 15.00
Persiapan

  • Cek makanan yang tidak tersedia di hari tersebut.
  • Siapkan untuk garnis
  • Menyiapkan meja makan siang :Dinner knife, Dinner fork,  salt and pepper, place mat, tissue, tooth pick and flower vas ( Jika 2 karyawan yang masuk maka mereka harus membagi tugas yaitu 1 di bar, dan 1 di  restoran)
  • Menyambut tamu

  1. Beri salam ke ke tamu sesuai dengan waktu
  2. Antarkan tamu ke meja makan, mempersilahkan tamu duduk dan menarik kursi untuk wanita terlebih dahulu
  3. Mempersilahkan tamu duduk
  4. Memberikan menu makanan dan minuman kepada tamu.
  5. Menanyakan pada tamu untuk pesanan minuman terlebih dahulu. Tulis pesanan minuman di nota pemesanan dan serahkan ke bar untuk disiapkan.
  6. Sementara minuman disuguhkan, tanyakan kepada tamu apakah sudah siap untuk pesan makanan.
  7. Tulis pesanan makanan di nota pemesanan yang putih untuk dapur dan merah untuk restoran.
  8. Mengganti peralatan makan sesuai dengan pesanan tamu.
  9. Menyuguhkan makanan jika telah siap, yang wanita terlebih dahulu dan mengucapkan selamat menikmati.
  10. Tanyakan kesan tamu tentang makanan yang sedang dinikmati.
  11. Tanyakan jika ada tambahan pesanan, jika ya tuliskan di nota pemesanan.
  12. Clear up piring, mangkok, gelas, dll yang kosong, sambil menanyakan tentang sarapannya.
  13. Membersihkan sisa-sisa makanan yang jatuh di meja tamu
  14. Menawarkan berbagai macam makanan penutup beserta tah atau kopi, jika tamu berminat maka tuliskan pesanan di nota pemesanan dan serahkan ke dapur dan bar.
  15. Menyiapkan peralatan makanan penutup berupa dessert spoon dan dessert fork.
  16. Menyuguhkan makanan penutup jika telah siap.
  17. Clear up peralatan sambil menanyakan kesan tamu tentang makan siangnya.
  18. Jika tidak ada tambahan lagi, tanyakan kepada tamu apakah bill akan di charge ke kamar atau dibayar tunai/kartu kredit. Cetak bill dan sodorkan ke tamu untuk tanda tangan ( jika charge ke kamar) dan untuk proses pembayaran ( jika tunai/kartu kredit ).
  19. Jika telah selesai, ucapkan terima kasih.


4.      Afternoon Tea
16:00 - 17:00
Persiapan :

  • Siapkan satu meja dan diberi taplak.
  • Siapkan penghangat teh dan kopi, tisu, cangkir kopi/teh, sendok teh, susu,dessert plate, dll diatas meja yang disiapkan tsb.
  • Menyiapkan kue ( setiap hari kue harus berbeda ).
  • Jika telah siap :
  • Mempersilakan tamu-tamu, baik yang ada di lobby, kolam renang, pantai untuk menikmati suguhan Afternoon Tea.
  • Jika telah selesai :
  • Clear up piring, cangkir, dll
  • Membersihkan meja dan kembalikan ke tempat semula.(Penting untuk diingat : Afternoon Tea hanya berlangsung 1 jam ).
5.      HAPPY HOUR ( buy 1 get 1 free )
17 : 00 - 18 : 00
 Persiapan:
  1. Siapkan minuman dan hiasan untuk gelas
  2. Siapkan menu Happy Hour
  3. Pesan Pop Corn untuk disiapkan di dapur
  4. Jika telah siap :
  5. Hampiri setiap tamu yang ada di lobby, restoran, kolam renang, dan pantai.
  6. Tawarkan menu happy hour dan jelaskan beli satu dapat satu gratis, khusus untuk minuman campuran beralkohol (cocktail). Tidak berlaku untuk bir dan wine.
  7. Tulis pesanan minuman di nota pemesanan dan serahkan ke bar untuk disiapkan.
  8. Suguhkan minuman yang dipesan beserta Pop Corn.
  9. Gunakan kesempatan untuk menjual minuman sebanyak mungkin.
  10. Jika tidak ada tambahan lagi, tanyakan kepada tamu apakah bill akan di charge ke kamar atau dibayar tunai/kartu kredit. Cetak bill dan sodorkan ke tamu untuk tanda tangan ( jika charge ke kamar) dan untuk proses pembayaran ( jika tunai/kartu kredit ).
  11. Jika selasai, ucapkan terima kasih.

4.      Dinner (makan malam)
19.00 – 23.00
Persiapan
  • Cek makanan yang tidak tersedia di hari tersebut.
  • Siapkan untuk garnis
  • Menyiapkan meja makan malam :White Table Cloth, Dinner knife, Dinner fork, white napkin,  salt and pepper, candle, tooth pick and flower vas ( Jika 2 karyawan yang masuk maka mereka harus membagi tugas yaitu 1 di bar, dan 1 di  restoran)
  • Menyambut tamu

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.