LANJUTAN SOP RESTORAN AND BAR TAHAP 3 | LOmbok Society

Jumat, 21 Maret 2014

LANJUTAN SOP RESTORAN AND BAR TAHAP 3

http://roniardy.blogspot.com/2014/03/lanjutan-sop-restoran-and-bar_21.html
Berikut adalah lanjutan dari Standar Operasional Bar and Restoran yang ketiga. 
  • Beri salam ke ke tamu sesuai dengan waktu untuk memberikan simbol rasa hormat dan pelayanan kita kepada tamu itu sendiri, sebagai simbol keramah-tamahan yang kita miliki.
  • Antarkan tamu ke meja makan, mempersilahkan tamu duduk dan menarik kursi untuk wanita terlebih dahulu sesuai dengan standar operasional yang ada.
  • Mempersilakan tamu duduk dengan muka tersenyum dan mimik yang ramah tamah.
  • Memberikan menu makanan dan minuman kepada tamu dengan mendahulukan yang wanita daripada tamu yang pria.
  • Menanyakan pada tamu untuk pesanan minuman terlebih dahulu. Tulis pesanan minuman di nota pemesanan dan serahkan ke bar untuk disiapkan.
  • Sementara minuman disuguhkan, tanyakan kepada tamu apakah sudah siap untuk pesan makanan.
  • Tulis pesanan makanan di nota pemesanan yang putih untuk dapur dan merah untuk restoran.
  • Mengganti peralatan makan sesuai dengan pesanan tamu.
  • Menyuguhkan makanan jika telah siap, yang wanita terlebih dahulu dan mengucapkan selamat menikmati.
  • Tanyakan kesan tamu tentang makanan yang sedang dinikmati.
  • Tanyakan jika ada tambahan pesanan, jika ya tuliskan di nota pemesanan.
  • Clear up piring, mangkok, gelas, dll yang kosong, sambil menanyakan tentang sarapannya.
  • Membersihkan sisa-sisa makanan yang jatuh di meja tamu
  • Menawarkan berbagai macam makanan penutup beserta tah atau kopi, jika tamu berminat maka tuliskan pesanan di nota pemesanan dan serahkan ke dapur dan bar.
  • Menyiapkan peralatan makanan penutup berupa dessert spoon dan dessert fork.
  • Menyuguhkan makanan penutup jika telah siap.
  • Clear up peralatan sambil menanyakan kesan tamu tentang makan siangnya.
  • Jika tidak ada tambahan lagi, tanyakan kepada tamu apakah bill akan di charge ke kamar atau dibayar tunai/kartu kredit. Cetak bill dan sodorkan ke tamu untuk tanda tangan ( jika charge ke kamar) dan untuk proses pembayaran ( jika tunai/kartu kredit ).
  • Jika telah selesai, ucapkan terima kasih.

1.      CLOSING RESTAURANT AND BAR ( PENUTUPAN RESTORAN )

  1. Bersihkan restoran dan bar
  2. Bersihkan dan angkat semua lilin, sendok, garpu, lap tangan/mulut, taplak meja dan semua perlengkapan pada meja restoran yang masih tersedia, dan masukkan semuanya ketempat semula. Pisahkan table cloth dan napkin yang kotor untuk laundry.
  3. Penghitungan

  • Laporan pengitungan minuman ( yang terjual, yang tersisa dan yang rusak )
  • Cetak Laporan penjualan makanan dan minuman dan sesuaikan dengan bill. Pastikan semuanya sesuai.
  • Periksa kembali semua nota dan setiap pembayaran cash harus diserahkan langsung ke bagian kasir atau manager beserta bill terkait.
  • Masukkan laporan dan nota dalam arsip yang disediakan dan serahkan ke kantor.
  • Pindahkan semua minuman dari rak bar ke ruang pantry dan dikunci.
  • Matikan computer dan lampu.



Note :
Ada ataupun tidak ada tamu kita tetap harus menjaga kebersihan lingkungan restoran dan bar.

eni sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.