STANDAR OPERASIONAL PROCHEDURE HOUSE KEEPING | LOmbok Society

Jumat, 21 Maret 2014

STANDAR OPERASIONAL PROCHEDURE HOUSE KEEPING

http://roniardy.blogspot.com/2014/03/standar-operasional-prochedure-house.html

 Standar Opersional Prosedur House Keeping

Standar Opersional Prosedur House Keeping diperuntukkan untuk mempermudah para hotelier untuk bekerja sesuai standar sehingga mempermudah pekerjaan dan dibutuhkan koordinasi antara masing-masing staff untuk bekerja sesuai dengan prosedur yang ada tanpa melakukan tumpang tindih dalam pekerjaan. 

Hal-hal yang perlu dipersiapkan bagi house keeping departement dalam memulai shift pekerjaan terurut dan terkoordinasi dengan baik sebagi berikut : 

1. Persiapan Awal Shift
  • Mengambil Guest List (Arrival, Gust in House & Departure) di Reception yang berfungsi untuk mengetahui kamar mana yang seharusnya dibersihkan hari dan kamar mana yang harus di cek kelengkapan dan pemakaian minibar sehingga memudahan koordinasi antara house keeping dan reception bekerja, 
  • Untuk tamu arrival (tamu check-in) memudahkan kita untuk menyediakan kamar bagi tamu yang akan datang sehingga memudahkan dalam mengontrol pekerjaan dalam satu departement. 
  • Untuk tamu Departure (check-out) memudahkan bagi kita untuk mengecek konsumsi minibar yang harus dibayarkan tamu beserta tagihan kamar yang ada. 
  • Guest in House untuk memudahkan bagi suatu departemen untuk bekerja membersihkan kamar dan melengkapi semua kebutuhan tamu yang masih menginap demi memperlancar operasional
  • Menyiapkan Peralatan (Ember, Chemical,Toilet brush,Botol sampo,shower gel,body lotion,Squize,Sapu,lap/dusting, Mop/pell tantai )
  • Menyiapkan trolley
  • Menyiapkan barang-barang keperluan kamar
  • Towel lengkap
  • Tissue
  • Soap
  • Aqua
  • Shower cap
  • Tea,creamer,sugar,coffee
  • Plastic sampah putih;dll
  • Memesan barang –barang keperluan kamar  yang belum lengkap dengan mengisi formulir pemesanan.

2. Mempersiapkan kamar untuk tamu check in
    Bed Room
  1. Making bed
  2. Pastikan bed,sheet,duve cover,bed protector,pillow benar-benar bersih sesuai dengan standar kebersihan.
  3. Cek AC,TV,Safety box,lampu,wardrobe,water heater dan membuat trouble report jika ada yang perlu diperbaiki oleh Engineering.
  4. Cek Room Directory dan melaporkan ke kantor jika ada halaman yang robek atau kotor untuk diganti yang baru.
  5. Bersihkan keranjang sampah  
       Bath Room
  1. Membersihkan kaca/cermin
  2. Membersihkan wastafle/wash basin
  3. Membersihkan toilet, cek penyemprot air asin di toilet
  4. Membersihkan kaca shower
  5. Membersihkan shower dan dinding kamar mandi
  6. Melengkapi bath towel, hand towel,face towel,bath mat,aqua small,tissue roll,tissue box,shower cap,sabun, bottle amenities (shampo,shower gell,body lotion) plastik laundry,laundry list
  7. Cek Exhaust di bathroom berfungsi dengan baik.
  8. bersihkan keranjang sampah di bath room

  Furniture
  1. Lap furniture dengan furniture polish
  2. Bersihkan sarang laba-laba
  3. Bersihkan kaca-kaca 
  Minibar
  1. Lengkapi isi dalam minibar ( Standard Minibar : 2 Sprite, 2 Coca Cola, 2 Diet Coke, 2 Tonic, 2 You-C1000, 2 Pocari Sweat, 2 Bir Bintang kecil, 1 Bir Bintang besar, 1 Aqua 1500ml, 1 Toblerone, 2 Kacang Mr. P).
  2. Siapkan minibar list
  Terrace
  1. Lap meja,kursi depan kamar
  2. Bersihkan astray 
  Garden belakang
  1. Bersihkan taman di garden belakang
  2. Lap kaca-kaca garden belakang
  3. Cek water heater 
  Lantai
  1. Menyapu lantai bath room,bed room,terace dengan dry mop
  2. Jika banyak pasir gunakan vacum cleaner
  3. Pell bath room,bed room,terrace
  4. Hiasi bed room,bath room dengan bunga ( flower Arangement )
  5. Rapikan korden
  6. Gunakan pengharum ruangan( bayfresh ) 
Cek kembali untuk memastikan kamar benar-benar siap untuk tamu check in
  1. Rapikan korden sesuai standar
  2. Tutup dan Kunci kembali pintu kamar
  3. Informasikan ke FO bahwa kamar sudah siap untuk tamu check in
3. Tamu Check In
  1. Greeting/salam
  2. Membawa barang tamu ke kamar
4. Membersihkan kamar tamu yang masih menginap ( Occupied Room )
  1. Greeting
  2. Mengetuk pintu kamar dan greeting sebanyak tiga kali sebelum membuka pintu
Membersihkan bed room
  1. Merapikan tempat tidur tamu dan barang-barang tamu
  2. Ganti sheet,duve cover, pillow cases yang kotor
Bath room
  1. Buang sampah yang ada di bath room
  2. Bersihkan kaca/cermin di bath room
  3. Bersihkan washtafle di bath room
  4. Bersihkan toilet
  5. Bersihkan kaca shower,di kran sower
  6. Mengganti towel-towel kotor dengan towel yang bersih
  7. Melengkapi aqua small,shower gell,shampo,body lotion 
Furniture
  1. Lap furniture di bed room,di terace
  2. Pastikan lampu bath room,bed room,dalam kondisi bagus
  3. Cek AC,Water hitter
  4. Sapu lantai bath room,di bed room,dan terrace depan
Minibar
  1. Cek Minibar
  2. Catat apabila ada yang diambil oleh tamu
  3. Minta tanda tangan tamu di kamar tersebut
  4. Lengkapi kembali minibar
  5. Serahkan bill tersebut ke FO untuk diproses ke folio tamu 
Pell lantai bath room,bed room dan terrace,berikan pengharum ruangan
  1. cek kembali perlengkapan dan kebersihan kamar tamu sebelum meninggalkan kamar
  2. Pastikan pintu benar-benar terkunci sebelum meninggalkan kamar
5. Membersihkan kamar tamu check out
    Cek minibar
  1. Meminta tanda tangan tamu apabila ada item Minibar yang diambil dan diserhakan ke FO.
  2. Membantu tamu membawa barang-barang ke depan ( lobby )
  3. Periksa kembali kamar tamu check out
  4. Pastikan barang-barang tamu tidak tertinggal di kamar
  5. Apabila ada barang yang tertinggal setelah tamu pergi, segera laporkan ke FO atau GM untuk dicatat sebagai ‘Lost & found’
     Room
  1. Mengganti Sheet, duve cover, pillow Case dengan yang baru /bersih
  2. Making bed
  3. Melengkapi Minibar
  4. Membersihkan furniture di kamar dan terrace
  5. Membersihkan kaca-kaca
  6. Membersihkan garden belakang
  7. Membersihkan dan melengkapi barang-barang di bath room
  8. Membersihkan lantai bathroom,bed room, dan terrace
  9. Pastikan AC, Water Heater,Lampu dalam posisi off
  10. Rapikan posisi korden
  11. Tutup pintu dan pastikan pintu kamar terkunci dengan baik
6. Menyiapkan barang-barang kotor untuk laundry
    Laundry kotor
  • Menghitung
  • Pisahkan towel kotor dengan sheet,duve,cover,pillocases yang kotor
  • Catat jumlah masing-masing laundry kotor (soiled ) berdasarkan nama dan jenisnya
  • Catat di buku nota pengiriman
  • Bungkus dengan plastic laundry yang telah di sediakan
  • Kirim laundry kotor beserta nota yang di buat ramgkap dua
7. Menghitung laundry bersih
  • Menghitung kembali laundry yang datang/yang telah di bersihkan
  • Susun rapi di atas rak berdasarkan jenisnya
8. Public Area
Public toilet
  • Bersihkan public toilet
  • Ganti tissue roll yang habis
  • Ganti bath mat yang kotor
  • sampah-sampah yang ada di keranjang sampah yg telah di sediakan
Restaurant atas dan bawah
  • Bersihkan kaca-kaca
  • Bersihkan sarang laba-laba
  • Bersihkan furniture
  • Bersihkan toilet restaurant  atas
  • Bersihkan lantai
  • Pell lantai
Lobby
  • Bersihkan lantai lobby
  • Lap furniture
  • Bersihkan meja kaca
  • Bersihkan asbak
  • Bersihkan sarang laba-laba
 Office
  • Bersihkan office
  • Lap meja,kursi, rak
  • Bersihkan tempat  sampah
  • Bersihkan lantai,sapu,dan pell
Fitness
  • Bersihkan ruang fitness
  • Lap  alat-alat fitnes
  • Squize kaca-kaca yang kotor
  • Bersihkan lantai
  • Pell lantai fitness
Spa
  • Pastikan perlengkapan spa sudah ada
  • Bersihkan sarang laba-laba
  • Cek AC
  • Cek lampu
  • Bersihkan shower, jacuzzi
  • Sapu dan pell
  • Beri pengharum ruangan

eni sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.