TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB EKSEKUTIF CHEF | LOmbok Society

Senin, 19 Januari 2015

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB EKSEKUTIF CHEF

Tugas Dasar Executive Chef Berikut saya akan lampirkan beberapa tugas yang paling menentukan bagi seorang Executive Chef dalam kinerjanya menjaga agar penjualan restoran dan rasa makanan tetap sesuai dengan standar menu yang telah ditetapkan oleh hotel itu sendiri. 

Executive chef adalah jawara tertinggi dalam kitchen departemen yang mempunyai wewenang penuh dalam menjaga stabilitas berjalannya pekerjaan dan tugas sesuai dengan standar operasional yang sudah ditetapkan oleh perusahaan atau hotel itu sendiri.

Berikut uraian tugas, wewenang, tanggung jawab, peran & karakteristik kepribadian dari the head chef eksekutif chef yang menjabat selaku pimpinan teratas dari institusi dapur yang memiliki tanggung jawab penuh terhadap segala sesuatu yagn berhubungan dengan dapur baik itu berupa standar operasional, pemesanan barang, standar rasa, standar penyajian, standar menu dan standar yang lainnya sehingga semua operasional dapur dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan apa yang diharapkan.
Uraian Tugas :
  1. Mengecek daftar pesanan barang ke gudang, sebagai kitchen requesation (Pengorderan barang untuk keperluan dapur) 
  2. Mengetik menu atau membuat menu untuk dijual oleh waiter atau staff food and beverage product. 
  3. Membuat anggaran tahunan untuk mempersiapkan bahan-bahan makanan yang akan dijual. 
  4. Membuat rencana kerja tahunan sebagai work target atau revenue tahunan untuk menjadi tatanan pencapain target dimasa mendatang. 
  5. Selalu menghadiri rapat antara kepala bagian lainnya, sesuai yang telah ditentukan oleh General Manager. 
  6. Mengatur & mengawasi seluruh tugas-tugas kitchen, khususnya dalam proses pengadaan dan pengolahan makanan sesuai dengan standart yang telah ditetapkan. 
  7. Mengawasi pelaksanaan tata kerja , keselamatan kerja, dan memenuhi kelengkapan atau atribut kerja agar dapat menciptakan lingkungan kerja yang aman. 
  8. Mengawasi sepenuhnya tempat penyimpanan makanan dan peralatan-peralatan yang akan digunakan untuk kelancaran operasional kerja. 
  9. Menjaga food cost standart (standar harga) yang berbanding lurus dengan standar porsi, sehingga harga yang tercantum dimenu sudah mengalami perhitungan yang matang. 
  10. Mengontrol dan melaksanakan sepenuhnya kegiatan food production secara keseluruhan. 
  11. Bekerja sama dengan F & B manager khususnya dalam hal penyediaan makanan dan minuman dalam jamuan-jamuan atau rapat-rapat yang diselenggarakan oleh hotel. 
  12. Berkreasi menciptakan menu-menu baru, sebagai upaya untuk menarik konsumen, tetapi hal ini sebagai tugas tambahan. 
  13. Mengawasi tata urutan dalam penyiapan menu-menu buffet sehingga berjalan dengan teratur dan baik. 
  14. Menjaga hubungan baik dengan para staff dan rekan-rekan. 
  15. Bersedia menjalankan tugas atau instruktur dari atasan. 
  16. Dan dibutuhkan sebagi advisor dan ketua yang menjadi pengajar, pengawas dan pengambil keputusan demi kelancaran operasional kitchen dengan sebaik-baiknya 

B. Wewenang : 

  1. Berwenang untuk merencanakan progam trainee untuk kitchen. 
  2. Berwenang atas pengambilan keputusan dalam mengkoordinasikan semua kegiatan operasional Departement. 
  3. Berwenang untuk menambah atau mengurangi staff yang ada dengan memberikan rekomendasi lebih lanjut ke bagian HRD ( Human Resources Departement ) 

C. Tanggung Jawab : 

  1. Bertanggung jawab atas terlaksana tugas-tugas dan pekerjaan berdasarkan standar operasional kitchen itu sendiri, sehingga bisa menopang keberhasilan sebuah departemen kitchen menjadi team work yang solid. 
  2. Bertanggung jawab atas pengadaan bahan-bahan makanan yang menjadi bagian dalam penjualan produk kitchen itu sendiri. 

D. Peranan : 

  1. Memesan/mengawasi pemesanan barang serta bahan makanan pada gudang dengan melakukan koordinasi dengan store man dalam penataan pengadaan barang dan pengambilan barang. 
  2. Merencanakan dan menyusun menu berdasarkan tipe menu yang disesuaikan dengan ikon dari restoran tersebut seperti (western food, Indonesian food, mediterranian food dan lainnya ) 
  3. Memberikan saran-saran atau data tentang peralatan dapur yang akan dibeli. 
  4. Menjaga kestabilan food cost (biaya pokok pengolahan makanan) sehingga tingkat keuntungan tertentu bisa dicapai dan dipertahankan. 
  5. Mengatur pekerjaan,menentukan uraian tugas-tugas masing-masing jabatan dan menyusun jadwal kerja brigade dapur. 
  6. Meningkatkan kemampuan bawahan dengan jalan memberikan latihan (training) baik di dalam maupun di luar perusahaan. 
  7. Mengawasi pekerjaan dapur terutama pada waktu service, kualitas makanan yang dijual dapat di pertanggung jawabkan. 

Karakteristik kepribadian yang harus dimiliki oleh kepala dapur adalah: 

  1. Bertanggung jawab atas semua kegiatan di dapur. 
  2. Jujur dalam semua kegiatan. 
  3. Memiliki disiplin yang tinggi. 
  4. Sabar dan bijaksana dalam mengambil keputusan. 
  5. Dibutuhkan ketegasan dalam pengambilan keputusan. 


eni sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.