TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SOUS CHEF | LOmbok Society

Senin, 19 Januari 2015

TUGAS DAN TANGGUNG JAWAB SOUS CHEF

Dalam sebuah hotel departemen kita sering mengenal yang namanya kitchen departement yang diketuai oleh seorang executive chef dan selanjutnya dibawahnya ada sous chef sebagai bawahan yang memiliki tugas sebagai berikut : 

  1. Mengawasi treatment, penggunaan food commodities yang tersedia di dapur demi memperlancar tugas dari kerja team dapur itu sendiri. 
  2. Memeriksa kelengkapan, ketepatan dari mise in place dan tata penyajian makanan sesuai dengan standar makanan itu sendiri 
  3. Meneliti restaurant order yang diminta sama tamu yang dibawa oleh F&B service menuju ke F&B product dan function order dan meneruskannya kepada chef de partie. 
  4. Melakukan menu totaly atau total makanan terjual menurut menu items sehingga bisa memberikan gambaran tentang preparation yang lebih diutamakan. 
  5. Menyusun laporan sales product terjual untuk hari ini, kemarin dan sebelumnya. 
  6. Mengawasi kelancaran, ketepatan pelayanan atas food order yang kemudian diserahkan pelayanan ke tamu oleh Food and beverage service. 
  7. Mengawasi pengelolaan food hygiene (bebas kuman), sanitasi lingkungan kerja. 
  8. Menata Buffet Table dan Food Display. 
  9. Menangani, mengatai keluhan tamu atas mutu makanan. 
  10. Membantu kelancaran pelaksanaan inventarisasi fisik. 
  11. Memeriksa kelengkapan. Ketetapan, pengadaan Store Requisition untuk pengorderan barang dan ataupun untuk cross cek dengan store man tentang pengadaan barang. 
  12. Menyusun Repair dan Maintenance Order untuk menjaga semua alat dan perlengkapan dapur yang memerlukan perbaikan ulang. 
  13. Mengawasi ketetapan penggunaan kebersihan peralatan demi kebersihan (sanitasi) dan hygiene (bebas kuman) faktor dalam melaksanakan tugas dapur 
  14. Menangani masalah yang memerlukan penangan langsung, melaporkan kepada Chef masalah yang memerlukan penanganan khusus. 
  15. Mengawasi disiplin personel dengan memberikan absensi yang akurat tanpa adanya manipulasi dalam daftar hadir karyawan. 
  16. Memeriksa Personel Hygiene atau kerapian karyawan dalam menjalankan pekerjaan masing-masing. 
  17. Melakukan penilaian penampilan kerja bawahan langsung, menyetuji hasil penilaian yang dilakukan bawahan langsung. 
JENJANG KARIR HINGGA MENJADI EXECUTIVE CHEF

1. Trainer

2. Cook Helper

3. Junior Cook

4. Supervisor Cook

5. Chef De Partie

6. Sous Chef

7. Executive Chef




Baca juga : 

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.