JENIS-JENIS MENU | LOmbok Society

Sabtu, 07 Februari 2015

JENIS-JENIS MENU

JENIS-JENIS MENU


Menu adalah sebuah media pemasaran bagi restoran untuk memberikan penawaran kepada tamu baik itu tamu inhouse ataupun outhouse, dalam hal ini terkadang kita temukan menu yang sudah didisign sedemikian rupa untuk menarik perhatian bagi para pelanggan.

Dalam  kehidupan sehari-hari terkadang kita temukan menu yang terpampang besar dalam baleho dipinggir jalan beserta harganya yang merupakan bagian dari promosi sebuah perusahaan kuliner akan tetapi dalam dunia perhotelan kita akan temukan berbagai macam menu berdasarkan penyusunan menu itu sendiri.

Jenis-jenis menu yang sangat sering kita temukan dalam sebuah restoran adalah menu yang langsung terpampang dengan harga berdasarkan mata uang rupiah dan dijelaskan sesuai dengan jenis jenis bahan pembuatan nya dari situ kita bisa mentelaah dengan baik mana menu yang cocok buat kita sesuai dengan selera makan masing-masing. 

Tetapi  saya akan jabarkan jenis-jenis menu sesuai dengan bentuknya dalam sebuah tatanan harga dan pengaturan dalam penyajiannya :

Ala Carte 

Adalah sistem penyajian menu terurut sesuai dengan tatanan hidangan ala standar perhotelan yang dimulai dengan makanan pembuka (Appetizer), Soup, Main course, dan makanan penutup (Dessert) semuanya disajikan dengan harga yang berbeda, dengan hal tersebut kita bisa memilih sesuai dengan selera kita. 

Akan tetapi terkadang kita ingin mencicipi makanan penutup saja atau makanan pembukanya tidak akan menjadi masalah karena tidak harus dipesan semua sesuai dengan urutan menu yang ada. 

Special Menu/Set Menu

Adalah menu yang disajikan dengan komplit dari appetizer sampai dengan dessert dalam satu harga sehingga kita sudah disediakan menu yang sudah disiapkan terlebih dahulu, biasanya hal yang seperti ini sudah terjadi kesepakatan antara si pemesan dan restoran tersebut ataupun melalui media travel agent yang talah melakukan persetujuan dalam melakukan penjamuan makanan terhadap tamu, dan menu yang ada sudah dipatok sesuai dengan budget yang ada dan tidak banyak pilihan bagi tamu.

Hal tersebut di atas biasa digunakan dalam menerima pemesanan tamu melalui travel agent tetapi sekaligus dengan makan malam (Half-board) dan makan siang (Half board) sehingga membutuhkan set menu yang sudah dipatok sesuai dengan contract rate yang diberikan hotel kepada pihak travel agent tersebut

Table D'hote Menu/Banquet/Buffet

Untuk menu yang di atas kita sering memberikan julukan makan besar karena semua telah disediakan dalam menu, tetapi menu yang ada sudah diset untuk melayani tamu dalam jumlah besar dengan budget yang telah disepakati antara kedua belah pihak.

terkadang media menu ini banyak digunakan untuk tamu yang memakai bus pariwisata dalam jumlah banyak dan melakukan makan bersama dalam satu group besar dan hal ini menjadi media promosi yang cukup relevan bagi restoran yang baru-baru buka.

Chef recommend 

Untuk menu terakhir adalah menu tambahan yang digunakan chef untuk mengurangi cost  dan dapur, karena bahan-bahan yang digunakan adalah bahan yang masih ada untuk dihabiskan sehingga tidak menjadi bahan yang harus dibuang.

Hal ini merupakan satu bentuk cost control chef dalam menyeimbangkan pengeluaran dengan pemasukan departemen dapur itu sendiri.

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.