PERALATAN DAN PERLENGKAPAN DAPUR HOTEL | LOmbok Society

Senin, 19 Januari 2015

PERALATAN DAN PERLENGKAPAN DAPUR HOTEL

PERALATAN DAN PERLENGKAPAN DAPUR HOTEL Yaitu   peralatan   dapur   yang  besar,  berat   d a n   sulit   untuk  dipindah - pindahkan.  Mechanical  Equipment, yaitu  peralatan  yang digerakan dengan mesin  juga  termasuk  kedalam  kategori ini.  
PERALATAN DAN PERLENGKAPAN DAPUR

Contohnya :   S t o v e,  O v e n,  Tilting pan,  Car boiler,   Deep  fat  fryer,  Meat  grinder, Salamander, meat slicer,  Potato Peeler,  Chiller,  freezer,  Dough Mixer, Working Table, Sink, Bain Marie,  d a n  banyak lagi yang lainnya, tergantung kebutuhan dan besar kecil nya hotel / restaurant.
Seluruh  peralatan  dapur diatas  mempunyai kegunaan  yang  berbeda - beda.Tidak  dibenarkan   u n t u k   mengerjakan  sesuatu  bukan  dengan  alat  yang  tepat,  sebab akan  dapat  merusak  tujuan – tujuan  y a n g  telah diuraikan di muka. Harap selalu diingat, bahwa “ there is a proper tools for every job “.
Umumnya   peralatan   dapur  terbuat   d a r i    plastic,  baja   a n t i   karat  ( stainless steel ), baja  hitam  ( black – wrought  iron )  a t a u   alumunium.  Bahan  besi, tembaga  dan  seng tidak dipakai sebab mudah berkarat dan bersenyawa dengan bahan-bahan makanan.

PERALATAN DAN PERLENGKAPAN DAPUR

Contoh peralatan dapur ( Kitchen equipment ) :

Dibawah  ini  adalah  beberapa  contoh  dari mechanical dan electrical  kitchen  equipment :

Stove/Kompor Gas

Kompor yang digunakan untuk memasak yang dulunya menggunakan minyak tetapi sekarang sudah menggunakan gas LPG dalam rangka untuk memudahkan penggunaan dan mempercepat jadinya sebuah pemesanan makanan.

Oven/Pemanggang

alat pemanggang yang berupa pemanggang electric dan pemanggang berupa LPG yang diletaakkan di atas baja yang dipanaskan dalam wadah tertutup, pemanggang digunakan dalam membuat pizza dan lainnya, tetapi di era modern ini masih banyak yang menggunakan natural oven menggunakan kayu bakar karena baunya yang lebih natural daln harum. 

Rekomendasi oven hemat listik

 Tilting Pan/Penggoreng Besar

adalah  sebuah  alat  untuk  mengoreng,  atau  membuat  suatu  masakan yang  jumlahnya cukup  banyak   d a n   a l a t  ini  berbentuk segi  empat  yang  besar,  dengan  sumber  panas  dari  gas  atau  listrik.  Alat  ini  dilengkapi    d e n g a n    a l a t  pengungkit untuk  memudahkan menuangkan  masakan  kedalam  wadah, a d a  yang manual  d a n   ada   j u g a  yang electric. Digunakan untuk memasak demi glace, nasi goreng  atau  masakan  yang di tumis dalam jumlah banyak.

  Tilting Boiling pan ( car boiler )

adalah   a l a t   untuk  merebus  air  a t a u  membuat  masakan  y a n g  berupa  cairan  seperti  soup  atau  sauce dalam jumlah banyak, dan bentuknya bulat seperti panci berukuran besar.

   Deep fat fryer

 adalah   a l a t  untuk mengoreng dengan menggunakan minyak sangat banyak.

Meat Grinder

 adalah alat untuk  menghancurkan/menggiling daging ataupun sayuran menjadi potongan yang kecil - kecil / halus.

 Salamander 

adalah  sebuah  alat  dengan  sumber  api/panas dari bagian atas, alat ini biasa dipergunakan untuk :
            -  memberikan warna pada bagian atas makanan.
            -  merenyahkan bagian atas makanan.

Meat Slicer

sebuah  a l a t  yang digunakan untuk mengiris daging, sayuran,  atau  roti kedalam  irisan  tipis  sesuai  yang  di  inginkan, ketebalan  dari tiap irisan dapat diatur  dengan  cara  memutar tombol  pengatur  ketebalan,  dan  untuk mengoperasikannya mempergunalan listrik.

  Potato Peeler 

adalah  a l a t  untuk  mengupas kentang dalam jumlah banyak, prinsip  kerjanya  mirip  dengan   mesin  pengering   pakaian,  namun   p a d a   potato  peeler,  bagian  dalamnya  dilapisi   d e n g a n  lapisan batu yang kasar sehingga kulit kentang  dapat terkelupas. 

Chiller & Freezer

adalah sebuah alat yang sangat diperlukan untuk menyimpan bahan yang akan di produksi di dapur dan memiliki temperatur yang cukup dingin untuk menjaganya tetap segar ,  chiller atau  yang  biasa  disebut  refrigerator  mempunyai fungsi dan kegunaan yang sangat besar,  bisa  menyimpan  bahan – bahan  menjadi tahan lama dan dengan suhu / temperature yang sudah diatur sesuai  dengan fungsinya.  Refrigerator ini juga bervariasi dari model  dan ukuran,  akan  tetapi  untuk   dipakai di dapur hotel atau restaurant alat ini mempunyai standar

 Dough Mixer

adalah  a l a t  untuk  membuat adonan membuat kue atau  roti, alat  ini   banyak dipergunakan di pastry atau bakery sesuai dengan kegunaannya.

 Working Table

adalah  termasuk  kedalam  peralatan  yang  besar dan sangat penting,  working table ini adalah  meja  tempat  p a r a   koki  beraktifitas  membuat  persiapan  untuk proses pengolahan makanan.

 Sink 

adalah  sebuah alat / tempat  yang  selalu  ada  dibagian  dapur fungsinya adalah  untuk  tempat mencuci bahan – bahan makanan sebelum di olah.   Sink ini juga biasa ditempatkan di area diswaher  untuk  tempat  pencucian  peralatan  yang  biasa  dipakai  untuk  proses  pengolahan  makanan atau mencuci peralatan saji,   seperti china wares, glass wares, cutleries. 

 Bain Marie

adalah  alat  untuk  menyimpan dan  menjaga  makanan agar tetap panas  pada waktu disajikan ( service time ).   Alat ini awalnya kombinasik dari bain marie pot   dengan   bain  marie  basin,  yang   m a n a   bain marei basin   y a n g  sudah  diberi  air    dipanaskan diatas kompor dan bain marie pot ditaruh diatasnya, dan ini  bisa dipindah   pindah. Tetapi dengan adanya perkembangan saat ini   bain marie  sudah  dirancang  sedemikian rupa menjadi sebuah meja yang diatasnya ada  raknya  untuk  menyimpan   bain marie pot dan sumber panas dihasilkan dari listrik. 

eni sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.