2 EVENT BUDAYA TERBESAR LOMBOK | LOmbok Society

Jumat, 20 Maret 2015

2 EVENT BUDAYA TERBESAR LOMBOK

Event budaya terbesar yang lombok adakan adalah event budaya yang masih lombok pertahankan sebagai suatu ciri khas yang menjadi pembeda antara suku yang satu dengan yang lain, event budaya ini masih sangat sering kita temukan dalam kebiasaan tahunan dari para kepala suku.
event budaya ini terlahir dari zaman kerajaan dahulu dan juga memiliki seluk beluk sejarah yang sangat panjang, hingga saat ini msaih dilestarikan oleh penduduk Lombok, adapun event tersebut sebagai berikut :

EVENT BAU NYALE

Event Bau Nyale adalah event besar yang diadakan oleh penduduk yang berada di kawasan Lombok Tengah, event ini hanya bisa kita temukan di dunia pantai besar yaitu pentai seger dan pantai kaliantan yang menjadi pusat pencarian nyale. 
Bau nyale artinya menangkap hewan kecil yang ada di pantai yang memiliki ukuran seperti cacing tanah, event ini dilakukan setiap bulan Maret yang sesuai dengan penanggalan kaum sasak. hari dan tanggalnya ditentukan oleh petinggi adat di daerah tersebut. 

Nyale adalah jilmaan dari putri Mandalika yang menceburkan dirinya ke laut ketika dia harus memilih pangeran yang akan menjadi pendamping hidupnya, akan tetapi karena bagitu banyak kendidit yang akan menjadi suaminya, putri mandalika menjadi bingung dan tidak tahu harus memilih yang mana.
http://roniardy.blogspot.com/2015/03/2-event-budaya-terbesar-lombok.html

http://roniardy.blogspot.com/2015/03/2-event-budaya-terbesar-lombok.html

Dan akhirnya dengan sebuah keputusan yang bijaksana putri Mandalika menceburkan diri ke laut dan berubah menjadi nyale, hewan laut yang kecil seperti cacing untuk menghindari peperangan dari para pengeran yang mau menyandingnya, nah itulah secercah cerita awal mula bau nyale yang dipercaya oleh masyarakat gumi sasak. 


Event yang satu ini adalah event yang menunjukkan kejantanan dari para petarung gumi sasak yang sangat sering kita temukan dalam perayaan sebelum hari kemerdekaan republik indonesia, perayaan ini meraup antosias masyarakat di berbagi daerah yang ingin melihat ketangguhan dari para pepadu sasak.
Konon ceritanya event ini dilakukan pada zaman kerajaan dahulu untuk menghibur raja saat pulang berperang atau dalam pemilihan tentara perang untuk menguji kemampuan fisik dan trik dalam berperang, oleh sebab itu masyarakat kebanyakan melestarikan budaya ini sebagai salah satu bukti sejarah adanya kerajaan di masa lalu yang pernah ada di pulau lombok.

http://roniardy.blogspot.com/2015/03/2-event-budaya-terbesar-lombok.html

http://roniardy.blogspot.com/2015/03/2-event-budaya-terbesar-lombok.html
event ini sering kita temukan di daerah Senggigi, Lombok Tengah dan Juga Lombok Selatan dalam sebuah perayaan budaya untuk memperkenalkan budaya khas Lombok yang akan menjadi daya tarik bagi para wisatawan asing atau lokal. 

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.