Event Bau Nyale Lombok Tengah | LOmbok Society

Jumat, 26 Februari 2016

Event Bau Nyale Lombok Tengah

Seperti yang dilansir dari berbagai macam media baik onlone atau offline, Lombok memang memiliki daya tarik yang sangat besar dalam menumbuh kembangkan dunia pariwisata ke kanca internasional terbukti dengan berbagai macam penghargaan yang telah berhasil ditorehkan selama ini. Daya serta upaya pemerintahan daerah dalam memberikan kinerjanya patut diacungi jempol.

Sebuah pulau didaratan Nusa Tenggara yang begitu familiar dengan sebutan pulau seribu  masjid, pulau yang memang menjadi tanah kelahiran sebuah organisasi islam nahdatul wathan. 


Kini sampailah kita kepada sebuah event budaya terbesar kaum Lombok Tengah yang paling dinanti yaitu Event Bau Nyale yang mana pada tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 27 sampai  dengan dua pukuh delapan Februari 2016, perayaan ini diselenggarakan di Pantai Seger yang berlokasi di dekat pantai Kuta Lombok.

Acara ini memang sangat ditunggu-tunggu, berdasarkan sumber yang dilansir dari pihak terkait bahwa event ini menghabiskan dana sebesar kurang lebih 2 miliar lebih dari anggaran daerah yang diperuntukkan bagi masyarakat Lombok Tengah dan juga sebagai wadah promosi pengenalan daerah wisata lombok kepada wisatawan lokal dan asing.

Perayaan ini berawal dari cerita rakyat yang sudah mendarah daging di gunu sasak, adalah seorang putri raja yang cantik jelita yang menarik minat para putra kerajaan untuk mempersuntingnya sebagai seorang istri, kabar kecantikannya sudah tersebar ke seantero Lombok, minat para penerus kerajaan terus berdatangan dengan melakukan pendekatan diplomatik antara kerajaan yang satu dengan yang lainnya.

Akhir cerita sang Putri diselimuti oleh kebimbangan hati dalam memilih salah satu dari putra kerajaan dikarenakan jika pilihan ditentukan akan terjadi hunusan peperangan antara kerajaan yang satu dengan yang lain demi memperebutkan dirinya.

Pendek cerita akhirnya sang putri mengajak para pangeran untuk berjalan di pesisir pantai sambil berbincang-bincang, tatkala langkah kaki sang putri menggapai tebing dia pun berujar "jika saya dimiliki oleh salah seorang dari kalian maka perang tidak dapat terelakkan, maka saya akan terjun sehingga semua dari kalian bisa memilikiku" itulah sekilas cerita tentang latar belakang perayaan bau nyale yang diselenggarakan setiap tahun dimusim penghujan khususnya Lombok Tengah.

Partisipasi masyarakat sudah tidak terbendung lagi, mereka mengunjungi pantai seger untuk bermalam, membawa kompor, tenda bahkan tak heran sebuah tenda bisa dihargai Rp. 200.000,- per malam, memang peminat yang banyak mampu menaikkan nilai jual yang tinggi.

Ditahun 2016 ini event bau nyale mengundang artis ibukota yaitu gigi band  yang siapkan menggemparkan pantai seger, datang dan saksikan warisan budaya leluhur sebagai investasi budaya terbesar yang patut dilestarikan 

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.