Tugas dan Tanggung Jawab General Manager | LOmbok Society

Selasa, 09 Februari 2016

Tugas dan Tanggung Jawab General Manager

General Manajer adalah jabatan yang terbilang sangat penting dan tidak mudah bagi orang untuk mengemban tugas sebagai seorang General Manajer, kematangan serta talenta yang mumpuni harus menjadi bagian dari jabatan ini, tak heran gaji dan tunjangan yang diberikan sangat fantastis bahkan seseorang yang berada pada jabatan ini mendapatkan komisi dari target pemasaran yang dicapainya.


Dengan jabatan yang berada dibawah president direktur, General Manajer memiliki tugas yang terbilang umum dan menyeluruh didasarkan pada tuntutan pekerjaan, sebagai suatu jabatan yang potensial dituntut untuk bekerja dengan cepat, efisien dan professional sebagai bentuk upaya peletakan skill individual yang patut diacungi jempol. 
Adapun kriteria yang harus dimiliki oleh seorang General Manajer :

Pertama, Memiliki optimisme dan idealisme yang tinggi yang memang sangat dibutuhkan oleh seorang pemimpin dalam memberikan keyakinan kepada karyawan bahwa mampu baginya dalam menaungi kebutuhan karyawan.

Kedua, Memiliki jiwa pemimpin untuk mampu dan disegani dalam mengambil setiap keputusan, dengan jiwa tersebut akan mampu membawa semua karyawan ke arah yang lebih baik

Ketiga, Memiliki pengalaman yang cukup dan mampu menjadi pondasi kuat dalam mengemban tugas berat, pengalaman tersebut adalah kunci kesuksesan seorang dengan jabatan tersebut.

Keempat, Memiliki loyalitas yang tinggi bagi hotel dengan menuangkan seluruh kemampuan dan waktu untuk kemajuan hotel sebagai tempat bernaung.

Kelima, Memiliki professionalisme yang tinggi sehingga dapat memecahkan setiap masalah dengan efektif dan cepat sesuai dengan prosesur perhotelan 

Keenam, bertanggung jawab terhadap beban yang diemban kepadanya dan mampu menjadi motivator ulung pemberi semangat kerja bagi para karyawannya

Selain kriteria diatas yang sangat dibutuhkan, ada beberapa wewenang yang bisa ditetapkan oleh General Manajer sebagai berikut :

1. Menetapkan target revenue bulanan ataupun tahunan yang memang sudah tercakup dalam target pendapatan di hari mendatang. Target marketing bisa dilakukan baik dalam jangka pendek hingga jangka panjang 

2. Memutuskan kerjasama dengan pihak terkait yang tidak menguntungkan demi mengurangi merugikan perusahaan.

3. Menolak setiap masukan dari berbagai departemen head yang tidak sesuai dengan kebijakan yang diterapkan dalam dunia perhotelan.

4. Mengesahkan semua keputusan yang diputuskan menyangkut tentang kepentingan perhotelan, tanpa wewenang tersebut maka sebuah keputusan tidak bisa dinyatakan sah dan resmi

5. Menandatangi sebuah kebijakan sebagai bukti tertulis bahwa dia ikut bertanggung terhadap kebijakan yang telah diterapkan, kebijakan tanpa adanya pengesah tidak akan diakui.

Adapun tugas dan tanggung jawab General Manajer terbilang sangat beragam tergantung kebijakan dari hotel tertentu, akan tetapi semua kebijakan akan berpengaruh pada kewenangan seorang yang menduduki jabatan tersebut, tugas dan tanggung jawabnya sebagai berikut :

A. Menganalisis data semua karyawan sebagai bahan acuan untuk memperbaiki kinerja di masa mendatang.

B. Mengontrol operasional harian perusahaan agar terciptanya iklim kerja yang harmonis.

C. Bekerja sesuai dengan visi dan misi perusahaan demi mencapai tujuan yang telah ditentukan.

D. Menjaga kerjasama yang baik antar partner kerjasama dengan menjaga koneksi yang berkesinambungan 

E. Menghadiri seminar atau undangan dalam rangka meningkatkan channel serta jaringan sebagai upaya memperluas marketing network

F. Bekerja dengan cepat dan efektif sebagai bahan percontohan bagi karyawan karena sebagai seseorang dengan jabatan tersebut kita menjadi pekerja model yang patut ditiru.

E. Bekerja dengan loyalitas tinggi dan penuh dengan skill professionalisme yang  relevan dengan bidang kerjanya.

Demikian tugas dan tanggung jawab seorang General Manajer mudah-mudahan kita bisa mendapatkan posisi tersebut suatu saat nanti.


Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.