5 HAL YANG MEMPENGARUHI HARGA DARI MUTIARA KHUSUSNYA MUTIARA LOMBOK | LOmbok Society

Minggu, 20 Juni 2021

5 HAL YANG MEMPENGARUHI HARGA DARI MUTIARA KHUSUSNYA MUTIARA LOMBOK

Mungkin para pengoleksi mutiara telah tahu dengan pasti apa saja yang mempengaruhi dari harga sebutir mutiara yang dijual, bentuk fisik dari Mutiara Lombok akan memberikan dampak yang sangat signifikan dalam memberikan estimasi harga.

Mungkin kita yang masih tabu masih saja tidak tahu tentang hal tersebut. 

Jika emas dinilai dari Karatnya 

Jika Gajah yang dinilai dari Gadingnya 

Jika daging yang dinilai Beratnya 

Jika Pisau dinilai dari Ketajamannya 

Maka bagaimana dengan Mutiara Lombok dari segi apa kita akan menilainya ?

Berhubung dengan banyaknya pertanyaan Sbenak saya, maka kita lampirkan sedikit kejelasan yang bisa membuka pikiran kita.

Inilah 5 hal-hal yang mempengaruhi harga sebutir mutiara  yaitu 5 S

1. SHINE ( KILAU

Bagaimana anda akan membedakan kilau sebuah mutiara ketika anda lihat dengan jeli satu per satu, semua akan terasa sama antara satu dengan yang lainnya, akankah cara kita sudah benar dalam melakukan penafsiran kilau

Untuk mendapatkan kilau yang sempurna dan dapat membedakan mutiara yang satu dengan yang lainnya adalah dengan meletakkannya dalam sebuah wadah putih dengan cahaya sehingga akan nampak perbedaan kilau antara mutiara yang satu dengan yang lainnya. 

Gunakan wadah berwarna putih dengan pencahayaan yang sama dan pastikan permukaan wadah datar sehingga tidak ada pantulan cahaya yang muncul dari wadah yang dapat mempengaruhi kilau sebutir mutiara.

2. SURFACE ( PERMUKAAN )

Permukaan sebuah mutiara akan mempengaruhi harganya seperti wajah daripada seorang wanita, ketika wajahnya halus dan bersih tanpa ada bercak jerawat atau penyakit kulit tentunya akan lebih memikat hati ketimbang yang memiliki muka penuh dengan jerawat, begitu pula dengan mutiara ketika permukaannya halus maka akan menarik minat pembelinya. 

Dengan permukaan yang halus juga akan terpanjang kilau mutiara dengan baik, kilau mutiara tidak dapat sempurna tidak dipantulkan ketika memiliki permukaan yang tidak rata satu sama lainnya.

3. SHADE ( BIAS )

Saat bersanding dengan mutiara yang lain, ternyata shade masing-masing mutiara ternyata berbeda. Ada yang tampak benar-benar sparkling dibanding dengan yang lainnya. Semakin berkilau bias warna sebutir mutiara, maka harganya juga akan semakin mahal.


 

Jelinya mata seorang pembeli dalam menentukan bias terbaik dalam pencahayaan mutiara memang sangat dibutuhkan.

4. SHAPE (  BENTUK )

Para pembudidaya mutiara selalu mengharapkan adanya bentuk mutiara bulat yang dihasilkan dalam setiap pembudidayaan, bulat yang sempurna akan memiliki daya jual yang lebih tinggi karena keaselian tanpa ada polesan atau pembulatan ulang untuk mencapai bulat yang sempurna. 

Ketika sebuah mutiara yang dihasilkan kurang bundar atau bulat maka akan mendapatkan treatment untuk mencapai bulat yang sempurna sehingga hal tersebut akan mengurangi intensitas cahaya eyang masuk untuk mendapatkan kilau terbaik, begitu juga dengan biasnya akan kurang sempurna jikalau dilakukan pemolesan ulang.

5. SIZE ( UKURAN ) 

Ukuran akan memberi dampak yang lebih besar dalam penentuan harga, karena untuk mencapai besar dan ukuran yang sempurna akan membutuhkan waktu yang telah ditentukan sehingga dalam waktu yang bersamaan masing-masing kerang laut akan menghasilkan mutiara yang berbeda.

Demikian 5 hal yang mempengaruhi harga seuntai Mutiara khususnya mutiara Lombok

๐Ÿ‘ˆ๐Ÿ‘ˆ๐Ÿ‘ˆ๐Ÿ‘ˆ ๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰๐Ÿ‘‰

eni sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.