MUTIARA LOMBOK SEKARBELA | LOmbok Society

Sabtu, 26 Juni 2021

MUTIARA LOMBOK SEKARBELA

Mengenal Lebih Jauh tentang Kampung Mutiara Lombok sebagai sebuah sentra kerajinan Mutiara baik Air laut ataupun air asin.

Pulau Lombok, selain terkenal dengan pemandangannya yang begitu sangat indah, pulau ini juga terkenal dengan berbagai objek wisata yang wajib dan harus anda kunjungi.

Di Pulau Lombok, objek wisata yang paling banyak dan sudah dikenal oleh banyak wisatawan adalah gilinya dan gili yang sudah dikenal oleh banyak wisatawan, baik itu wisatawan dalam negeri maupun luar negeri adalah Gili Trawangan, Gili Meno serta Gili Air.

Selain terkenal dengan gili, Pulau Lombok juga terkenal dengan pantainya yang sangat indah dan pantai di Pulau Lombok yang begitu sangat indah adalah Pantai Kuta Lombok.

Namun, saat anda sedang berlibur di Pulau Lombok, saya sarankan anda jangan melewatkan objek wisata yang satu ini. objek wisata yang satu ini juga memiliki pemandangan yang sangat indah dan memiliki udara yang segar, ya objek wisata itu adalah Desa Sekarbela.

Mengenal Lebih Jauh Desa Sekarbela

Sekarbela adalah sebuah kecamatan di Kota Mataram Nusa Tenggara Barat. Sebagian besar warganya bekerja di bidang kerajinan emas dan mutiara dan memiliki penduduk terpadat di NTB. Sekarbela sendiri diperkirakan sudah berdiri sejak ratusan tahun lalu, yang dipercayai dirintis oleh seorang wali. Sekarang, makam wali tersebut berada di suatu daerah yang bernama Padang Reak 

Desa Sekarbela, desa yang hanya berjarak sekitar 4 kilometer dari Kota Mataram ini merupakan pusat dari penghasil perhiasan mutiara.

Begitu memasuki kawasan ini tepatnya di sepanjang jalan Sultan Kaharudin Anda akan disuguhi deretan toko perhiasan yang rasa-rasanya tidak tega jika tidak di tengok.

Dulunya, desa ini adalah sebuah kampung pedesaan, namun sejak kerajinan perhiasan yang berupa perhiasan, desa ini merupakan tulang punggung bagi perekonomian warga yang tinggal di desa ini.

kini, anda tidak lagi melihat persawahan di desa ini melainkan perhiasan yang akan anda lihat di desa ini.


Kerajinan Yang Terletak Di Desa Sekarbela, Bedakan Mutiara Aseli atau Palsu

Sama halnya dengan Desa Sukarara, Banyumulek serta Labuapi yang menjadi pusat dari kerajinan gerabah, di Desa Sekarbela juga merupakan pusat atau sentra dari perhiasan.

Penduduk desa ini tidak pernah secara khusus mempelajari teknik pembuatan perhiasan alias otodidak.

Tapi, digadang – gadang, perhiasan atau produk yang berasal dari Desa Sekarbela mampu bersaing di pasar internasional.

Adalah Kampung Sekarbela yang menjadi ikon pengrajin emas dan mutiara, terutama mutiara air tawar. Kampung Sekarbela adalah kampungnya para pengrajin logam mulia juga mutiara, khususnya mutiara air tawar (mutiara tawar). Di kampung ini, bisa dikunjungi toko-toko yang memajang hasil kerajinan mutiara. Mulai dari butiran mutiara sampai mutiara yang terbalut logam mulia seperti anting-anting, kalung, gelang, cincin, bros dan pernak-pernik assesoris lainnya.  
 
Di kampung ini, pengunjung yang datang juga bisa memesan berbelanja langsung, melihat proses pembuatannya, juga memesan perhiasan sesuai dengan keinginan. Baik dari segi betuk maupun bahan yang akan digunakan
 
Kampung Mutiara Sekarbela memang  telah menjadi sentra pengrajin mutiara khas lombok yang mana sudah menjadi tradisi dari turun temurun dari anak cucu, tapi tahukah anda sebelum Kampung Sekarbela sepopuler sekarang, para pengrajin dahulu membentuk kerajinan mereka asal-asalan saja, akan setelah banyaknya permintaan dari para wisatawan, para pengrajin mulai berbenah dan meningkat kualitas produk serta layanan.

Kini para pelaku usaha travel mulai menawarkan Kampung Mutiara Sekarbela sebagai salah satu tujuan wisata yang menjadi point utama mereka, dengan adanya hal tersebut maka bertambah banyaklah Paket Tour yang bisa ditawarkan kepada wisatawan. 

Adapun beberapa Tempat yang kami rekomendasikan untuk pembelian Mutiara Lombok di Kampung Sekarbela. 

1. Lombok Classic Pearl
Jln. Sekarbela ( Bisa Menerima Pesanan via online )
 
2. Lombok Pearl Sekarbela
Jln. Sultan Kaharudin Gang Masjid Ar Raisiah No. 7, Sekarbela Karang Pule, Mataram
 
3. Mutiara Lombok Whole Seller
Jln sultan kaharudin - sekarbela, toko emas alexander, Karang Pule, Kec. Sekarbela, Kota Mataram, Nusa Tenggara Bar. 83115

Demikian beberapa informasi terkait dengan Desa Wisata Mutiara Sekarbela, semoga informasi ini Membantu.


eni sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.