11 Kuliner Khas Lombok Sayang untuk dilewatkan | LOmbok Society

Kamis, 26 Februari 2015

11 Kuliner Khas Lombok Sayang untuk dilewatkan

Kuliner khas lombok adalah kuliner yang terkenal dengan ciri khas pedas dan penuh dengan rempah-rempah, kuliner lombok ini sangat menggugah selera karena diambil dari bahan-bahan terpilih dengan racikan khas pulau lombok.

Lombok adalah daerah wisata yang cukup terkenal dengan Rumah Adat yang mengelokkan dan memberi kesan sejarah yang tinggi sebagai salah satu peninggalan leluhur yang harus dijaga dan dipelihara dengan baik sebagai bukti sejarah peradaban manusia gumi sasak di masa lalu. dan yang tidak bisa terlewatkan lagi kerajinan khas lombok yang sudah mendunia dan sudah dikenal ke kancah internasional dan telah memberikan keuntungan penghidupan bagi masyarakat lokal pada khususnya dan masyarakat indonesia pada umumnya.

di samping itu  Lombok juga memiliki daya tarik berupa kue khas lombok dan 11 kuliner yang memiliki ciri khas dengan rasa yang pedas, kita lihat dulu kuliner khas daerah gumi sasak lombok : 

1. Pelecing Kangkung Opak-Opak

Makanan khas lombok pelecing ini dibuat dari daun kangkung yang masih segar dan pucuk kangkung yang masih muda dan di masak tidak terlalu matang supaya tidak menghilangkan nutrisi yang terkandung di dalamnya dan masih memberikan warna yang hijau segar dan di iris panjang, kangkung yang digunakan berbeda dengan kangkung yang ada di daerah lain.

Pelecing kangkung disajikan dengan parutan kelapa yang medium tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua sehingga teksturnya lembut, diberikan kecambah dan ditaburi sambal pedas di atasnya namun terkadang banyak warga desa di LOmbok Utara diberikan wadah berupa Opak-opak dan daerah Lombok yang lain cukup dengan piring saja sebagai wadahnya. 

Kuliner khas Lombok ini biasa kita temukan di wilayah pedesaan yang masih khas dengan budaya dan memegang erat kebudayaan nenek moyang, biasanya pelecing dijadikan sebagai menu sarapan yang disajikan dengan lontong sebagai pengganti karbohidrat nasi, dan perlu diingat bahwa tehnik pembuatannya harus benar benar tepat untuk mendapatkan hasil terbaik.

Sebagai contoh, untuk mendapatkan daun kangkung yang baik dan segar anda harus memetiknya di pagi hari saat kuncup daun mulai mekar dan merekah yang menjadi ciri khas bahwa daun tersebut menyimpan sumber zat makanan yang lebih daripada memetiknya di siang hari dengan kadar kesegarannya sudah berkurang.

Begitupun dalam pemilihan taburan kelapa, kita tidak seenaknya memilih taburan kalapa sebagai pilihan akan tetapi kita menggunakan taburan parutan kelapa pada kelapa yang masih muda, yaitu kelapa yang sudah berbentuk dan bisa dipisahkan dari tempatnya akan tetapi bukan kelapa muda.

Kelapa yang sudah diparut akan memiliki tekstur yang sangat lentur sehingga enak untuk disantap bersamaan dengan bumbu pedas yang tersaji. Lihatlah seperti gambar di bawah ini, pelecing yang disajikan dengan opak-opak dan juga pelecing yang disajikan dengan piring.

Tempat penyajian akan menjadi pilihan anda akan tetapi penyajian menggunakan piring adalah sangat khas dilakukan di lombok bagian tengah akan tetapi penyajian dengan opak-opak sering disajikan oleh masyarakat di bagian lombok utara.

http://roniardy.blogspot.com/2015/02/11-kuliner-khas-lombok.html

http://roniardy.blogspot.com/2015/02/11-kuliner-khas-lombok.html

2. Ayam Taliwang

Makanan Khas Lombok Ayam Taliwang adalah makanan khas lombok yang sudah terkenal di berbagai daerah di gumi sasak dan menjadi ciri khas yang cukup unik, adapun kuliner ini terbuat dari ayam yang di panggang ataupun di goreng dengan bumbu khas lombok nan pedas, tetapi memiliki satu poin inti yaitu pemilihan ayam yang harus menggunakan ayam kampung yang umurnya masih medium tidak terlalu muda ataupun terlalu tua untuk menjaga tekstur daging yang masih empuk dan memberikan kesan segar dan menarik. 

Ayam taliwang sudah banyak dipasarkan oleh rumah makan ataupun lesehan di gumi sasak yang seringkali di sajikan dengan beberok terong yang menjadi bagian dari menu khas populer di gumi sasak lombok. 

Kuliner khas lombok ini disajikan diberbagai macam tempat di pulau lombok, sajian ini terbilang cukup khas dengan pilihan ayam yang tidak sembarangan demi mendapatkan kualitas hidangan yang super mantap.

Adapun ayam yang digunakan berupa ayam yang sudah di pelihara secara khusus dengan nutrisi yang cukup namun bukan ayam potong, selanjutnya umur dan besarnya juga dijaga agar tekstur kuliy masih empuk dan ukuran ayam setara dengan satu porsi makanan.

Bagaimana dengan bumbunya, bumbu yang diberikan terbilang masih alami karena dipetik langsung dari kebun ataupun dari pihak penjualnya, bukan sintetis ataupun bahan kimia lainnya, kepedasan dan tingkat kematangan sudah menjadi nilai kualitas yang patut ditawarkan kepada para pengunjung

Seperti gambar di bawah ini, ayam taliwang tersaji indah dengan balutan bumbu yang menutupi di bagian atas sajian dengan tingkat kematangan hingha warnanya membentuk warna kuning kemerahan.

http://roniardy.blogspot.com/2015/02/11-kuliner-khas-lombok.html


3. Nasi Balap Puyung

Makanan Khas Lombok Nasi Puyung ini bikin kita tidak bisa nafas lho karena saking pedesnya, disajikan dengan beberapa iris ayam, tempe, dan lainnya dengan menambahkan sambal pedas khas lombok yang menggelegar, jika anda mencobanya harus menyediakan air minum sebagai penahan rasa pedas nasi puyung ini. 

Kuliner khas lombok ini berasal dari desa puyung kecamatan jonggat yang dipopulerkan oleh inak esun yang memilik warung nasi di sekitar puyung, di depan masjid agung praya dan di pertokoan dekat Bandara Internasional Lombok (BIL).

Kuliner ini lahir dari bagian Lombok Tengah yang sudah sangat memasyarakat, dengan sajian khas pedas, akan tetapi sajian ini juga termasuk dalam nasi balap atau nasi yang bisa disantap dengan cepat layaknya motor balap, hal ini terbukti dengan porsinya yang tidak begitu banyak dan lauknya yang sangat identik dengan orang lombok.

Nasi puuung kini sudah memasuki ranah pemasaran yang cukup luas terbukti dengan banyaknya warung yang berdiri dengan simbol nasi puyung, hal ini membuktikan bahwa nasi Puyung memiliki jutaan peminatnya di segala penjuru Lombok.

http://roniardy.blogspot.com/2015/02/11-kuliner-khas-lombok.html


4.  Sate Bulayak

Makanan Khas Lombok Sate bulayak adalah kuliner khas Narmada Lombok Barat yang cukup populer di kalangan masyarakat Gumi Sasak baik menengah maupun bawah. Taman narmada yang menjadi daerah pariwisata taman yang mengasyikkan membuat para pedagang mendapatkan peluang untuk mempopulerkan sate bulayak di daerah wisata taman narmada. 

Bulayak artinya beras yang dibungkus dengan daun enau atau aren dan dimasak dan disajikan dengan sate daging sapi, kuliner ini akan lebih berasa ketika kita menikmatinya di tempat pariwisata dengan kondisi alam yang cukup dingin seperti taman, air terjun, pemandian dan daerah pariwista yang mengandalkan naturalisasi alamiah. 

Kuliner khas lombok yang satu ini memang maknyos, daging yang dipanggang memang terpilih dengan baik yang lebih mengutamakan tekstur yang lembut saat dikunyah akan tetapi tidak liat dan perhatikan bumbu yang digunakan sangat berbeda dengan bumbu yang lainnya.

Begitu banyak warung yang membuka kuliner dengan nama sate Bulayak akan tetapi untuk mendapatkan sate Bulayak yang benar benar aseli anda harus mengunjungi taman narmada sebagai sumber produksi sate Bulayak.

Lihat gambar dibawah ini, sate dan bulayak disajikan secara terpisah dengan bulayak yang masih terbalut kulit daun enau dengan proses memasaknya menggunakan tungku tradisional sehingga mencapai tingkat kematangan hingga keras dan kenyal. Harga yang ditawarkan berkisar antara 15.000 per porsi dengan sepuluh tusuk sate dan 5 buah Bulayak siap lahap.

http://roniardy.blogspot.com/2015/02/11-kuliner-khas-lombok.html

5. Beberok 

Makanan Khas Lombok Beberok, Siapa yang tidak tahu tentang Beberok Terong atau temun bagi kaum Lombok, makanan yang disajikan dengan sangat sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama untuk membuatnya dan seringkali disajikan sebagai makanan pelengkap dalam kehidupan sehari-hari warga Gumi Sasak Lombok.

Beberok Terong atau timun artinya adalah terong bundar bukan terong panjang atau mentimun muda yang disajikan dalam keadaan mentah dan diris kecil yang diberikan sambal tomat yang rasanya pedas namun sedikit masam karena adanya tomat didalamnya, sedangkan untuk pemilihan terong digunakan terong yang masih muda sehinggi bijinya tidak terpisah dari kulitnya. 

Kuliner khas Lombok ini adalah sebuah lauk yang biasa disajikan oleh para ibu rumah tangga untuk menambah selera makan keluarga, rasa yang ditawarkan ada yang pedas namun ada unsur yang sangat berbeda di lidah yaitu rasa ciut asam.

Bahan makanan yang digunakan berupa makanan mentah yang sudah dicuci bersih dan dipotong kecil dipadukan dengan sambal tomat yang diiris namun tidak diulek, perpaduan rasa yang sangat berbeda nikmatnya.

http://roniardy.blogspot.com/2015/02/11-kuliner-khas-lombok.html

http://roniardy.blogspot.com/2015/02/11-kuliner-khas-lombok.html


6. Lansuk atau Lasuk

Makanan Khas Lombok Lansuk adalah kuliner yang memiliki posisi yang sama dengan beberok sebagai makanan atau hidangan tambahan bagi warga gumi sasak yang seringkali kita temukan di berbagai warung makan disekitar Lombok. 

Lansuk dibuat dengan irisan kacang panjang dan diletakkan atau disajikan dengan cobek dan dengan tekstur dan bentuk yang menyerupai sambal secara utuh membuat kuliner ini banyak menjadi semboyan orang Lombok "tidak ada lasuk makan kurang berselera"

http://roniardy.blogspot.com/2015/02/11-kuliner-khas-lombok.html

 

7. Sate Rembige 

Makanan Khas Lombok Sate Rembige adalah satu yang berasal dari Rembige dekat Gunung Sari atau bekas bandara selaparang dahulu, sate ini dibuat dari daging sapi dengan irisan sate standar dan sering dipasarkan di berbagat tempat di kota Mataram

sate ini memiliki rasa yang gurih dan enak serta saus sambal khas lombok yang membuatnya pedas, karena kita tahu lombok artinya pedas dan bukan masakan lombok namanya jika tanpa rasa pedas dan campuran cabe yang cukup banyak yang menggugah selera, untuk sekarang sate ini dapat kita temukan di seluruh wilayah gumi sasak sebagai hidangan atau kuliner andalan orang lombok sendiri.  
http://roniardy.blogspot.com/2015/02/11-kuliner-khas-lombok.html


8. Sate Tanjung 

Makanan Khas Lombok Sate Tanjung berasal dari daerah Tanjung Lombok Utara yang wilayah tersebut kebanyakan warganya bermata pencaharian sebagai nelayan atau penangkap ikan, oleh sebab itu banyak dari warganya mencoba untuk membuat sate dari ikan. 

Sate tanjung dibuat dengan bahan ikan, rempah-rempah dan irisan kelapa yang dicampur jadi satu dengan ikan dan kemudian dipanggang, dalam penyajian ini dilakukan dengan memberikan sambal kacang sebagai sausnya, tapi jangan heran kuliner ini lagi tenar di kalangan pelajar Mataram dan banyak diburu konsumen karena rasanya khas dan kandungan rempah-rempah didalamnya. 

http://roniardy.blogspot.com/2015/02/11-kuliner-khas-lombok.html


9. Bebalung

Makanan Khas Lombok Bebalung ini dibuat dari tulang sapi yang masih berisi daging atau kebanyakan orang bilang sebagai daging yang masih tersisa di antara tulang belulang, bentuk sajian yang bening seolah tidak ada ragi tetapi justru penuh dengan rempah-rempah khas Lombok. 

Bebalung dibuat dengan ragi berupa daun pohon asem yang masih muda atau baru tumbuh, lengkuas dan dimasak cukup lama untuk mengubah tekstur daging hingga lembut dan bisa dimakan. 

http://roniardy.blogspot.com/2015/02/11-kuliner-khas-lombok.html

10. Ares  

Kuliner Khas Lombok ini yang mungkin sebagian orang akan bilang sangat unik karena dia dibuat dari pohon pisang tetapi pisang pilihan yang masih muda yaitu pisang sabo yang diambil bagian 3/4 dalamnya dan diiris kecil-kecil dan diperas. 

Bumbunya berupa santan dan rempah-rempah dan dimasak dengan kayu bakar, hidangan ini disajikan saat merayakan acara pernikahan atau roah belek kaum gumi sasak lombok dan sangat jarang kita temukan menjadi hidangan sehari-hari. 

http://roniardy.blogspot.com/2015/02/11-kuliner-khas-lombok.html

http://roniardy.blogspot.com/2015/02/11-kuliner-khas-lombok.html


11. Poteng dan Jaje Tujak

Hidangan Makanan Khas Lombok ini adalah hidangan khas lebaran yang disajikan bersamaan dengan kue-kue lebaran, kuliner ini dibuat dari ketan yang dimasak dan ditumbuk sampai halus dan diratakan membundar dan dipotong-potong itulah cara pembuatan jaje tujak, jaje artinya jajanan sedangkan tujak artinya ditumbuk.

Sedangkan poteng adalah kuliner yang dibuat dari ketan dan diberikan tape dan disimpan dalam waktu 2 atau 3 hari sehingga mendapatkan hasil permentasi yang bagus tetapi jika disimpan terlalu lama akan menjadi minuman keras.

http://roniardy.blogspot.com/2015/02/11-kuliner-khas-lombok.html

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

3 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.