5 KULINER KHAS SINGAPURA YANG WAJIB DI COBA | LOmbok Society

Sabtu, 23 Mei 2015

5 KULINER KHAS SINGAPURA YANG WAJIB DI COBA

Melakukan perjalanan wisata ke negeri singa asia ini memang mengagumkan, tempat berdirinya berbagai macam perusahaan kelas dunia dengan tingkat teknologi terkini, lokasi negara yang berada sangat strategis membuat para investor asing mau tidak mau harus meletakkan kantor bisnisnya di negara ini. 

Kuliner khas negeri ini dipengaruhi oleh kebudayaan yang masuk dan berkembang di dalamnya, terbukti dengan banyaknya kuliner-kuliner khas singapora yang terbentuk dari budaya luar seperti malaysia, Indonesia, Tiongkok, China dan India. 

Selain terkenal dengan kemewahan dan kebersihan negaranya tetapi singapura memiliki berbagai macam kuliner khas yang sangat jarang kita tahu, nah di sini admin akan berikan berbagai macam kuliner khas singapura seperti ini :

1. Chili Crab

Dari namanya saja anda sudah tahu bahan dasar yang di gunakan, kuliner jenis ini sangat banyak kita temukan di berbagai restoran di singapura yang menjadi kuliner khas negeri singa putih ini, berbahan dasar kepiting segar khas singapura (kepiting lumpur atau dum crab) yang ditumis bersama dengan bumbu khas berupa cabe merah, cabe rawit (cabe kecil nan pedas) dan juga saus tomat.
Chili Crab juga memiliki saudara kembar yang namanya mirip banget yaitu Pepper Crab tetapi bedanya di dimasak bukan di tumis dan ditambahkan lada untuk memberikan sensasi pedas menggelegar saat anda menyantapnya, penyajiannya terbilang sama dengan bahan dasar kepiting yang disajikan dengan menggunakan saus yang kental dan khas aroma melayu singapura.




2. Nasi Ayam Hainan

Kuliner yang satu ini berasal dari tiongkok akan tetapi sudah menjadi ciri khas di singapura, ya seperti yang kita tahu banyak dari para pelaut zaman dahulu pernah singgah dan tinggal di negeri ini sehingga terjadi pencampuran budaya dan juga kuliner masing-masing.

http://www.lomboksociety.web.id/2015/05/5-kuliner-khas-singapura-yang-wajib-di.html
sumber : www.myrecipepages.com

Kuliner ini memang berbahan dasar nasi yang direbus bersamaan dengan kaldi ayam dan dihidang bersama ayam goreng atau ayam panggang dan dilengkapi dengan sause beserta sambal khas melayu, ya maklum singapura juga merupakan ras keturunan melayu sehingga masih ada akar budaya melayu yang tersimpan dalam kuliner harian mereka.




3. Laksa 

Ini adalah hidangan berupa mie yang dihidangkan dengan perpaduan bumbu Melayu dan Thionghua yang saat anda menyantapnya akan terasa kental karena bumbu melayu yang sangat khas dengan aroma rempah-rempahnya.

http://www.lomboksociety.web.id/2015/05/5-kuliner-khas-singapura-yang-wajib-di.html
sumber : anekakulinerworld.blogspot.com

Laksa yang paling terkenal adalah Laksa Katong yang berada di wilayah Katong Singapura, jadi jangan pernah anda melewatkan kuliner yang merupakan saudara kembar dari Mie Kuah kita.

Terdapat berbagai macam campuran yang khas, meskipun terlihat seperti mie kuah akan tetapi ini adalah sejenis sup yang disajikan dengan sendok sopu seperti pada gambar tersebut.

4. Bakut Teh 

Kuliner yang satu ini terbilang sangat khas dan cukup mahal, berbahan dasar dari iga babi yang disajikan dengan berkuah bening seperti kuliner lombok bebalung, kuliner khas ini berasal dari Tiongkok namun sudah mendarah daging di singapura, meskipun dari namanya anda menganggap bahwa ada aroma teh yang akan terkandung tetapi tidak sedikitpun racikannya terdapat unsur teh. 

http://www.lomboksociety.web.id/2015/05/5-kuliner-khas-singapura-yang-wajib-di.html
sumber : www.noobcook.com

Untuk umat muslim terkadang mereka menggantinya dengan iga sapi namun tetap menggunakan rempah-rempah yang sama untuk menjaga cita rasa agar tetap sepadan, kuliner ini banyak kita temukan di berbagai restoran di singapura.

Kuliner ini layaknya Bebalung khas Lombok yang memiliki cita rasa yang sangat spesial yang diambil dari tulang iga sapi yang masih segar.
 
5. Char Kwai Teow

ini adalah hidangan khas singapura yang memiliki banyak campuran di dalamnya, berbumbu kental dan nikmat adalah rasa yang akan anda dapatkan, kebanyakan dari komposisinya menggunakan seafood seperti udang, kerang yang digoreng secara bersamaan dengan api yang besar.

http://www.lomboksociety.web.id/2015/05/5-kuliner-khas-singapura-yang-wajib-di.html
sumber : primasingaporesauces.com

Kuliner ini terbilang cukup unik karena cara pembuatannya dengan digoreng tapi disajikan dengan seafood wuenak tenaaaar, terkadang anda akan menemukan berbagai macam kreasi tambahan berupa sosis china atau bakso ikan sebagai penyedap pendangan mata, lebih mirip dikatakan sebagai mie goreng seafood.




Demikian 5 kuliner khas Singapura yang telah mendarah daging sebagai ciri khas negeri ini, meskipun asal muasalnya dari luar negara tersebut.

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.