ISTILAH-ISTILAH DALAM DUNIA PERHOTELAN | LOmbok Society

Senin, 29 Juni 2015

ISTILAH-ISTILAH DALAM DUNIA PERHOTELAN

Sebagai seorang hotelier yang handal dan berpengalaman, kita kan dihadapkan dalam berbagai macam istilah yang terbilang cukup rumit untuk dipahami terutama bagi para pemula dalam bidang perhotelan, adapun berbagai macam istilah tersebut terkadang menjadi suatu pengalaman yang cukup pahit bagi kita tatkala tak mampu kita pahami hal tersebut.

Baca juga : 10 Tempat Wisata Lombok Timur yang lagi hits banget
Baca Juga : 10 Hotel murah dibawah 200 ribuan Gili Trawangan 
http://www.lomboksociety.web.id/2015/06/istilah-istilah-dalam-dunia-perhotelan.html

Istilah-istilah dalam dunia perhotelan tersebut terbilang langka dan jarang kita temukan dalam kehidupan sehari-hari, untuk lebih lanjut berikut istilah-istilah dalam perhotelan : 

OTA :  Online Travel Agent ( booking.com, Expedia, Agoda )
ARR :  Occupancy Room Rate ( harga kamar yang tersedia )
Turn Down  :  Pembersihan Kamar 
ETA :  Estimasi Time Arrival ( perkiraan waktu kedatangan )
ETD :  Estimasi Time Departure ( perkiraan waktu Keberangkatan )
Check-in :  Kedatangan tamu untuk menginap
Check-out :  Tamu meninggalkan hotel setelah selesai menginap
Menu :  Daftar harga dari sebuah pelayanan atau barang 
Buffet  :  Penyajian makanan yang dilakukan dalam bentuk prasmanan
A la carte :  Penyajian makanan dengan cara taking order, seperti di warung atau lesehan 
EA :  Estimasi Arrival ( perkiraan Jumlah tamu yang akan menginap )
ED :  Estimasi Departure  ( perkiraan Jumlah tamu yang akan check-out )
Out of Order  :  Tidak bisa di pergunakan lagi
Cocktail  :  Minuman dengan alkohol 
Mocktail  :  Minuman tanpa alkohol 
Package  :  Penjualan kamar yang disertai dengan berbagai macam pelayanan dalam 


satu harga khusus
Contract Rate  :  Harga kamar yang diberikan pihak hotel ke travel agent berdarsarkan term 


and condition 
Net  :  harga dari sebuah barang atau jasa setelah ditambahkan dengan pajak dan 


pelayanan ( tax and service )
Arrival  :  Kedatangan tamu ke hotel 
Departure :  Keberangkatan tamu dari hotel ke hotel ataupun destinasi lain 
Clear-up  :  Membersihkan sisa makanan di meja tamu beserta wadahnya 
Compensation :  Pelayanan extra yang diberikan kepada tamu atas dasar kesalahan atau 


kekurangan yang dimiliki hotel sebagai bayaran atas kesalahan tersebut
Price List :  Daftar harga dari sebuah jasa atau barang perhotelan 
Follow-up  :  Menyelesaikan masalah yang tertunda atau yang sedang terjadi 
Vacuum  :  Membersihkan kotoran yang berada di kamar ataupun kolam renang 
Breakfast :  Sarapan yang biasanya digratiskan oleh pihak perhotelan 
Agent rate  :  harga kamar yang dikhususkan untuk travel agent 
Publish Rate  :  harga kamar yang telah diresmikan dan diberikan secara menyeluruh 
Corporate rate  :  harga kamar yang dikhususkan untuk instansi pemerintah atau swasta yang telah 


memiliki banyak kerjasama satu sama lain
Book Keeping rate  :  Rate harga untuk pertukaran mata uang per dollar amerika yang dijadikan standar oleh 


pihak hotel terkait 
Lobby  :  Bagian depan front desk atau resepsionis 
Fully booked  :  Kamar sudah terpesan semua 
Booking  :  Pemesaanan kamar 
Blocking room  :  Kamar yang diblok untuk suatu keperluan 
Allotmant :  Penjatahan kamar untuk travel agent 
Late Check-out  :  Tamu meninggalkan hotel dengan waktu yang tidak semestinya seperti jam 02,00 


atau setelahnya 
Check-out time  :  Waktu untuk meninggalkan kamar hotel biasanya jam 11,00 atau 12,00
Check-in time  :  Waktu yang semestinya untuk melakukan check-in di kamar 


( hotel sendiri yang menentukan )

eni sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.