TATA ATURAN DALAM PERHOTELAN SECARA GARIS BESAR | LOmbok Society

Sabtu, 06 Juni 2015

TATA ATURAN DALAM PERHOTELAN SECARA GARIS BESAR

Perhotelan adalah suatu jenis bidang usaha yang termasuk dalam katagori pulik servis yaitu pelayanan terhadap tamu yang memakai jasa menginap dihotel tempat kita bekerja , adapun tata cara dan penampilan menjadi penunjang dari sebuah pekerjaan, adapun tata penampilan dan aturan dalam perhotelan yang seharusnya digunakan dalam perhotelan :

http://www.lomboksociety.web.id/2015/06/tata-aturan-dalam-perhotelan-secara.html
sumber gambar : www.ombakvilla.com

1.    Berpenampilan rapi dan rambut harus dicukur sesuai dengan prosedur yang berlaku dan untuk wanita diharuskan memotong rambut sebahu.
Rambut merupakan corak yang paling terlihat dari seseorang yang memberikan potensi bagi kita untuk menentukan kinerja sesorang dalam menjalankan tugas mereka. 

2.     Dilarang menggunakan pernak-pernik yang mencolok dan menghilangkan nilai profesionalisme kerja dan merubah pendangan tamu terhadap kita, sesuatu yang mencolok dan menyita perhatian tamu adalah sangat dilarang oleh hotel.

3.  Harus menjadikan tamu sebagai satu prioritas dalam kerja, tamu merupakan ladang uang bagi para hotelier karena tamu merupakan sumber penghasilan terbesar.

4.    Mematikan mobile phone pribadi saat jam kerja agar konsentrasi dalam pekerjaan tidak terganggu oleh pesan ataupun panggilan yang masuk.

5.  Jika terjadi kesalahan dalam satu departemen maka harus dilaporkan ke departemen headnya sendiri bukan langsung ke atasan dari suatu perusahaan akan tetapi harus dijalankan sesuai dengan aturan management perhotelan.

6.  Harus menerapkan overhandle saat terjadinya perubahan shift, yaitu saat dimana kita memindah tanggungjawab pekerjaan kepada rekan kerja yang lain dalam suatu departemen.

7.  Karyawan dilarang ke luar area hotel saat jam kerja kecuali dengan ijin dari atasan atau untuk kepentingan kebutuhan hotel. 

8.     Bersikap ramah dan sopan terhadap tamu yang menginap dihotel 

9.   Semua karyawan harus bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur yang telah ditetapkan oleh perusahaan tanpa terkecuali. Sebuah SOP sangat berfungsi dalam menata kinerja semua departemen dan menjadi icon khusus yang menjadi pembeda antara hotel yang satu dengan yang lain 

10. Dilarang membawa pulang perlengkapan hotel tanpa seizin dari leader.

11. Dilarang menggunakan fasilitas hotel untuk kepentingan pribadi

12.Setiap karyawan harus menggunakan kostum yang telah diberikan, dan setiap departemen memiliki kostum yang berbeda agar mempermudah tamu dalam menganalisa para karyawan. 

13.  Dilarang memasuki area departemen lain tanpa ada suatu kepentingan yang memang harus diselesaikan demi kepentingan perhotelan 

14.  Saat terjadi komplain atau keluhan dari tamu pihak perhotelan harus menjelaskan dengan baik sesuai dengan prosedur perhotelan yang ada sehingga memberikan kelegaan dan kepuasaan bagi tamu akan jawaban yang kita berikan.

Demikianlah aturan dalam perhotelan secara garis besar yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat.

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.