TATA CARA REGISTRASI TAMU | LOmbok Society

Sabtu, 06 Juni 2015

TATA CARA REGISTRASI TAMU

Dalam ilmu perhotelan, tata cara melakukan registrasi tamu adalah sebuah hal yang sangat penting karena kita akan memiliki arsip yang terperinci tentang nama tamu, lama menginap beserta hal-hal yang suatu saat kita butuhkan untuk laporan bulanan. 

Hal-hal yang menjadi pokok penting yang harus dimiliki tamu saat melakukan registrasi :

1. Bukti Reservasi 

Saat kita melakukan registrasi kepada tamu, kita akan meminta tamu untuk menandatangani berkas dan ketentuan menginap di hotel sebagai bahan acuan da pembatas untuk tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan menjadi lampu merah bagi tamu agar dapat mentaati aturan hotel. 
Bukti reservasi bisa berupa voucher hotel (untuk agent offline) ataupun untuk agent online sering kita temukan berupa bukti konfirmasi bookingan tamu yang tertera didalamnya berupa nama hotel tempat menginap, jumlah malam, tanggal check-in dan tanggal check-out dan terkadang pula kita temukan extra service yang harus di lakukan oleh pihak perhotelan. 

2. Passport atau Kitas 

http://www.lomboksociety.web.id/2015/06/tata-cara-registrasi-tamu.htmlPassport dijadikan sebagai bukti bahwa tamu tersebut memiliki ijin untuk masuk ke negara kita, hal ini sangat penting demi untuk menjaga keamanan dan ketertiban di negara kita, jika tamu memiliki passport maka mereka memiliki izin tinggal beberapa saat di negara tempat dia menginap dan telah membayar visa masuk negara lain.


Kitas adalah sebuah kartu tanda identitas yang di keluarkan oleh pemerintah setempat bagi warga negara asing yang bekerja di negara kita indonesia, kitas kedudukan sama kuat dengan passport sebagai betuk registrasi yang sah. 

3. Kartu Kredit 

Kartu kredit dibutuhkan oleh pihak perhotelan sebagai garansi sebuah bookingan hotel jika sewaktu-waktu tamu tidak datang sesuai dengan jadwal kedatangan atau mencegah tamu untuk pergi diam-diam dari hotel tempat dia menginap. 

Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang sah dalam bisnis perhotelan yang memiliki tata cara penggunaan yang sangat membantu, kartu kredit dinyatakan sudah cair ke sebuah rekening setelah dilakukannya settlement.

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.