TATA CARA MEMASUKKAN TAMU KE SYSTEM | LOmbok Society

Sabtu, 06 Juni 2015

TATA CARA MEMASUKKAN TAMU KE SYSTEM



Database system perhotelan merupakan aplikasi yang mempermudah front office dalam bekerja, menganalisa tamu-tamu dan memasukkan data-data reservasi sesuai dengan tanggal check-in dan outnya.

Dengan kecanggihan tehnologi sekarang akan memudahkan banyak pihak perhotelan akan sangat dimanja dalam melaksanakan pekerjaannya, bayangkan jika anda memiliki sebuah hotel berbintang dengan lebih dari 100 kamar, jika anda melakukannya secara manual, kapan pekerjaan anda akan selesai.

Adapun data-data tamu akan dimasukkan ke dalam database dengan tahapan-tahapan  sebagai berikut :

1.       Memasukkan reservasi ke dalam system

Reservasi yang kita terima terkadang berasal dari online booking dan juga ofline namun hal itu tidak jadi masalah, semua data yang telah dimasukkah harus benar benar sesuai dengan data yang kita terima, misalkan tanggal check-in, jumlah malam menginap, jumlah harga yang harus dibayar, permintaan tamu selama menginap.

Data yang dimasukkan harus benar bisa  dipertanggungjawabkan sesuai dengan data yang ada karena ini akan menjadi masalah jika terjadi kesalahan sedikit saja, akan terjadinya overbooking, maka data entry harus dimasukkan dengan teliti

2.       Menyimpan data masukan ke database

Data entry harus benar-benar dimasukkan dan sudah tersimpan sedangkan data yang berupa kertas reservasi tersebut disimpan ke dalam banket list yang dibuat sesuai dengan tanggal tamu akan datang menginap.

3.       Menchek-in kan tamu ke dalam system

Setelah tamu datang, maka saat ini kita memasukkan data registrasi yang telah kita miliki untuk melengkapi data reservasi yang telah kita terima jauh-jauh hari dari tamu, data entry tambahan dari tamu berupa ID card, Passport, Hotel Voucherm Credit Card detail dan yang lainnya.

Saat anda melakukan check-in di database maka secara otomatis database anda akan aktif dengan menampilkan tamu inhouse sesuai dengan tanggal yang ada, memang begitu sulit untuk menjelaskan semuanya dengan teori karena akan sulit untuk dimengerti akan tetapi jika anda mempraktikkannya akan sangat mudah serasa anda memuka kwaci dari kulitnya.

http://www.lomboksociety.web.id/2015/06/tata-cara-memasukkan-tamu-ke-system.html
4.       Meminta pembayaran kamar dan konsumsi tamu sewaktu menginap

Meminta pembayaran kepada tamu  baik itu pembayaran kamar, restoran ataupun minibar, pembayaran bisa dilakukan dengan cash, credit card dan juga pay pal. Terkadang banyak perhotelan menggunakan credit card block sewaktu tamu datang sebagai antisipasi terhadap sesuatu yang tidak diinginkan dibelakang hari.

5.       Setelah pembayaran selesai maka waktunya untuk mencheck-outkan tamu dari system

Setelah semua pembayaran selesai dan balance sudah menjadi nol maka tiba saatnya bagi kita untuk mencheckoutkan tamu dari sistem kita sehingga kamar akan siap dijual untuk tamu yang lain.

Proses entry yang dilakukan ini dapat terjadi perbedaan tergantung pada tools atau software yang digunakan oleh kita atau pihak perhotelan.

Demikian entry bahasan tentang Tata cara memasukkan tamu ke system semoga bermanfaat.

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.