TATA URUTAN SET MENU YANG BENAR | LOmbok Society

Minggu, 07 Juni 2015

TATA URUTAN SET MENU YANG BENAR

http://www.lomboksociety.web.id/2015/06/tata-urutan-set-menu-yang-benar.html
sumber gambar :voetecoffe.com
Dalam ilmu perhotelan penataan set menu yang baik adalah suatu bentuk profesionalisme yang patut dipertahankan dalam menjalankan standar operasional yang ada. Dalam kiat-kiat yang telah dilakukan oleh pihak perhotelan semuanya memberikan potensi yang besar dalam meningkatkan kemajuan perusahaan perhotelan.

Berdasarkan peningkatan bisnis perhotelan di tahun-tahun sekarang ini banyak kita temukan berbagai macam set menu yang sering ditawarkan kepada tamu yang telah memesan makanan jauh-jauh hari baik itu dalam bentuk half board ataupun full board.

Fullboard adalah sebuah layanan makanan yang di pesan oleh tamu berupa lunch dan juga diner sedangkan untuk halfboard hanya mengambil salah satu dari lunch atau diner saja, kita langsung saja menjelaskan tata urutan set menu dalam penjamuan makan :

1. Starter

Adalah makanan pembuka yang dijadikan sebagai sambutan awal berupa makanan ringan seperti spring roll, tapas, dan lainnya. Makanan yang biasa disajikan adalah yang tidak terlalu banyak mengandung karbohidrat.

2. Soup

Soup disajikan sebagai bentuk utama dalam menikmati makanan awal, soup disajikan untuk menambah nafsu makan dalam menyantap makanan pokoknya atau main course, soup-soup itu berupa tomato soup, tomyang soup, chicken soup dan lain sebagainya, biasanya soup disajikan bersamaan posisinya dengan appetizer, terkadan kedua urutan ini dijadikan sebagai pengganti satu dengan yang lain.
 
3. Salad

Salad adalah perpaduan vegetarian yang dibuat dari berbagai macam sayur-sayuran mentah seperti wortel, selada, kol, kembang kol (brokoli), mentimun, alpukat, tomat dan yang lainnya, semuanya disajikan secara bersamaan dalam satu porsi makanan dan disajikan dengan saus yang berbeda.

Adapun berbagai macam salad sebagai berikut russian salad, tomato salad, tomato and avocado salad dan lain sebagainya.

4. Main Course
Makanan pokok dari sebuah set menu yang telah dipilih oleh chef sesuai dengan permintaan tamu, main course disajikan sebagai makanan inti dari set menu yang ada seperti berbagai macam makanan khas dari suatu daerah. Contoh dari main course seperti Grill seafood, Ayam Taliwang, Grill Chicken, dan lain sebagainya

5. Dessert

Makanan penutup yang merupakan makanan yang mengandung rasa yang manis sebagai pencuci mulut seperti brownies, fruit salad, ice cream, banana fritter, apel pie dan lainnya

Demikian tata urutan set menu yan serin digunakan dalam jamuan makan di perhotelan semoga konten ini bermanfaat salam.

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.