Objek Wisata Gili Trawangan, Pulau berjuta Pengunjung | LOmbok Society

Jumat, 01 Juli 2016

Objek Wisata Gili Trawangan, Pulau berjuta Pengunjung

Anda orang indonesia aseli, kalu emang benar maka anda termasuk orang yang kurang informasi jika tidak mengenal pulau Gili Trawangan, pulau yang dipadati oleh turis-turis asing, bahkan banyak sari pengunjung lokal mengatakan bahwa gili trawangan adalah hollywoodnya indonesia, gimana tidak muka orang lokal tidak kelihatan karena emang bule saja dimana-mana.


Pulau kecil ini merupakan bagian dari gili MATRA ( Meno, Air dan Trawangan ) pulau ini memiliki luas sekitar 300 hektare dengan kepadatan penuduk mencapai 100 kepala keluarga saja berdasarkan data beberapa tahun yang lalu, namun kini pulau ini mengalami pelonjakan jumlah penduduk yang tidak terkontrol sebagai akibat dari popularitas dan peluang bisnis yang ada yang membuat pengusaha lokal mengambil andil dari kepopuleran Gili Trawangan.

Objek wisata Gili Trawangan secara geografis berada pada wilayah dusun Gili Indah Kecamatan Pemenang Kabupaten Lombok Utara, secara garis besarnya bahwa kebanyakan penduduk yang tinggal berasal dari Lombok Tengah bagian Lajut, menerut desas desus yang beredar bahwa dahulunya Trawangab adalah kawasan yang tidak berpenghuni bahkan orang lokal Lombok Utara enggan untuk memanfaatkannya karena keadaannya yang jauh dari daratan dan kuantitas nyamuk yang banyak menyebabkan para warga tidak melirik Gili Trawangan akan tetapi warga Lombok Tengah yang merupakan korban dari perang Lajut melarikan diri dan mencoba menetap di Gili Trawangan hingga kini banyak ditemukan orang Lombok Tengah sebagai pemilik tanah garapan disana.

Sejarah memang berkata lain dengan fanta saat ini bahwa Gili Trawangan hadir sebagai objek wisata nomor wahid di Lombok dengan menyumbangkan jutaan wisatawan per tahun dengan memasok visa yang membeludak bagi negeri ini.

Gili Trawangan memang sangat terkenal dengan kehidupan malamnya dan banyak digandrungi anak muda dan juga pulaunya yang tidak berfolusi yang menjadi idaman para wisatawan asing. Berbagai macam jenis dan kelas penginapan ditawarkan dari yang losmen hinnga bungalow dari hostel hingga hotel bintang lima sekalipun semuanya tetap mendapatkan jatah tamu.

Berbagai macam kuliner bisa anda nikmati dari western hingga oriental, segalanya anda bisa temukan di Gili Trawangan, sejenak anda bisa mencoba berkeliling pulau Gili Trawangan maka anda akan menemukan betapa indahnya sebuah pulau yang kecil tak berpolusi, pulau yang indah dengan pesona pasir putih membentang mengelilingi garis pantai pulau ini, objek wisata gili trawangan sudah memiliki tempat di hati para wisatawan asing ataupun lokal hingga banyak dari para tamu selalu kembali dan kembali berkunjung tanpa ada kebosanan sama sekali. 


Kita intip sejenak tentang alam bawah laut yang menjadi daya tarik wisatawan yang berlibur, lebih dari 20 sekolah diving didirikan di pulau ini disenpurnakan dengan 20 spot diving yang memiliki panorama yang bervariasi di setiap titiknya hal ini menjadi bukti bagaimana kekayaan dan keindahan yang ditawarkan giki trawangan kepada para wisatawan.

Beranjak kepada masyarakatnya bahwa pulau ini adalah pulau yang sangat ramah terhadap para pengunjung dalam melakukan pelayanan dan satu hak lagi tingkat kriminal yang bisa dibilang sangat rendah karena adanya peraturan desa yang melarang adanya tindak pencurian di Pulau ini, jika anda ditemukan melakukan tindak pencurian maka bersiaplah untuk di arak keliling kampung dan dikirim ke lombok dan tidak boleh kembali selamanya.

Untuk mencapai tempat ini anda bisa menggunakan fasilitas fastboat dari bali dengan biaya sekitar Rp. 300.000,- per orang dengan melakukan perjalanan kurang lebih 90 menit dari padangbai ke Gili Trawangan, ada begitu banyak jasa fastboat cepat yang bisa anda peregunakan dengan harga dan fasilitas yang beragam tergantung pada selera anda masing-masing.

Adapun jika anda berada di pulau lombok, anda harus menyetir sejauh 2 jam dari bandara internasional lombok ke pelabuhan bangsal tempat dimana anda bisa menemukan boat publik ke gili trawangan, adapun harga yang ditawarkan Rp. 15.000,- per orang untuk publik boat dengan kapasitas 40 penumpang dan juga kapal cepat dengan harga Rp. 85.000,- per orang dengan jarak tempuh 10 menit saja dari bangsal ke Gili Trawangan, dan perlu diingat jika anda melakukan perjalanan menggunakan publik boat maka anda harus menunggu sampai penunpang mencapai 40 orang dan boat akan dijalankan tanpa jadwal dari jam 7 pagi hingga jam 5 sore.

Terawangan sekarang sudah menjadi ikon wisata lombok dengan keindahan dan juga panorama yang dimilikinya, objek wisata Gili Trawangan memang sangatlah ramai dikunjungi wisatawan asing dan lokal sehingga banyak peraturan sudah diterapkan dalam menjalankan kebijakan agar dan demi terciptanya iklim pariwisata yang baik ke depannya.

Gili Trawangan merupakan salah satu tempat terbaik dimana kita bisa menyaksikan momen sunset dan sunrise tanpa harus terhalang oleh daratan begitu juga untuk honeymoon, Gili Trawangan memang patut di acungi jempol sebagai pariwisata yang lebih mengedepankan kenyamanan dan keamanan pariwisata.

Beberapa hal yang menyebabkan terawangan sukses menjadi tujuan wisata masa kini :

1. Tidak adanya polusi

Banyak wisatawan datang dari berbagai penjuru dunia mencoba melakukan wisata dan perjalanan, mereka  merasa Gili Trawangan sebagai sebuah syurga dimana aktifitas perkantoran, politik dan juga hiruk pikuk sangat jauh, hingga kini Gili Trawangan sudah dikenal sebagai sebuah pulau tanpa polusi, no motor, no car.

2. Hotel beragam

Objek wisata pulau lombok ini memiliki jumlah hotel dan kelas yang beragam sehingga siap menampung anda dengan berapapun budget yang anda miliki semau tersaji dengan baik selanjutnya anda yang menentukan pilihan.

3. Alam bawah laut yang indah

Banyak dari para wisatawan hanya datang demi melihat alam bawah laut Gili Trawangan khususnya para tamu diving akan tetapi mereka secara tidak langsung menikmati keindahan pantai dan juga wisata kuliner khas Gili Trawangan

Demikian fakta dan sejarah beserta keunikan Gili Trawangan yang mampu menghipnotis para tamu untuk datang dan menghabiskan waktu liburan di Gili Trawangan.


Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.