Pelabuhan Bangsal Lombok Utara | LOmbok Society

Rabu, 16 Maret 2016

Pelabuhan Bangsal Lombok Utara

Pelabuhan bangsal, pelabuhan bangsal lombok, bangsal harbour, bangsal gili trawangan

Pelabuhan bangsal merupakan sebuah tempat dimana anda dapat membeli tiket untuk menyeberang menggunakan boat kayu dari Lombok ke tiga gili matra (Gili Meno, Gili Air dan Gili Trawangan), pelabuhan Bangsal memiliki lokasi yang sangat strategis dimana berada tepat di jalur persimpangan untuk menampung para tamu baik dari jalan pusuk moneky forest ataupun dari jalan raya senggigi.

Peta Lokasi Pelabuhan Bangsal

Dengan kondisi geografis yang menunjang akan sangat memudahkan para tamu untuk berkunjung ke pulau gili melalui pelabuhan bangsal.

Kondisi yang berada tepat disebuah teluk yang memungkinkan semua boat kayu dapat mendarat tepat di bibir panta tanpa haris kuatir dengan air pasang dan surut dan juga kondisi volume air yang rendah.

Dengan demikian semua boat kayu alan mampu beroperasi setiap saat tanpa mengenal waktu dan kondisi air, adapun berbagai macam harga yang ditawarkan Dalam melakukan penyebrangan ke pulau gili matra dengan berbagai macam tarif yang berlaku tahun 2016 Sebagai berikut :

Boat ke Gili Air : Rp. 12.000 per orang
Boat ke Gili Meno : Rp. 13.000 per orang
Boat ke Gili Trawangan : Rp. 15.000 per orang
Untuk speed boat atau fastboat diberlakukan harga Rp. 85.000,- per orang menuju Gili Trawangan.

Adapun lama perjalanan menggunakan boat kaya terbilang cukup cepat hanya membutuhkan waktu 20 menit saja ke Gili Trawangan, 10 menit ke Gili Air dan 15 menit ke Gili Menit, hal ini dapat kota maklumi karena memang semua fasilitas mesin sudah di lengkapi dengan mesin 85 sampai dengan 100 PK Dengan kapasitas penumpang 40 orang per boat sekali jalan.

Semua boat kayu yang beroperasi berada dalam naungan sebuah perusahaan yang telah memilki ijin pelayaran dan juga memegang asuransi jasa raharja sebagai sebuah referensi keselamatan lalu lintas.
Keadaan di Pelabuhan Bangsal, Boat parkir menunggu penumpang penuh

Bernaung dalam sebuah Perusahaan dengan menerapkan pelayaran secara periodik membuat para tamu bisa terlayani dengan baik, adapun bentuk pelayanan yang dimiliki berupa :

Loket Pembelian Tiket Boat ke 3 Gili ( Trawangan dan Meno )

1. Konter ticket yang siap melayani penunpang dari jam tujuh pagi hingga jam 5 sore

2. Adanya porter sebagai bagian dari pelayanan akan tetapi anda Harus mengeluarkan uang lebih untuk meminta jasa porter dalam membawa barang bawaan anda, perlu diingat bahwa biaya boat tidak termasuk dalam jasa porter, jadi sebelum porter membawa barang anda maka negoisasi harga terlebih dahulu demi menghindari kesalahpahaman nanti.

3. Life jacket yang sudah tersedia di atas kapal kayu dengan jumlah melebihi jumlah penumpang yang ada.

Pelabuhan Bangsal telah didirikan atas dasar berikan pelayanan yang baik kepada para wisatawan dan pula sebagai penunjang ekonomi masyarakat terutama para nelayan yang beralih profesi sebagai pemilik kapal penumpang, secara tidak langsung pelabuhan bangsal telah menyerap banyak tenaga kerja dengan menempatkan orang-orang tertentu sebagai pemegang operasional.

Koperasi KARYA BAHARI merupakan pemegang saham terbesar atau sebagai tempat bernaungnya semua kapal kayu yang beroperasi, kekuatan hukum dan elektabilitas mampu membuatnya kokoh bertahan dengan baik hingga saat ini.

Hingga saat ini Koperasi Karya Bahari telah banyak menyumbangkan dana berupa pajak pendapatan yang secara tidak langsung membantu dalam meningkatkan otonomi daerah ke arah yang lebih baik.

Untuk mencapai pelabuhan bangsal dari pusat kota mataram hanya membutuhkan waktu satu jam saja Menggunakan taksi atau mobil pribadi akan tetapi jika anda datang dari BIL bandara internasional lombok anda membutuhkan waktu 2 jam perjalanan menggunakan jasa taksi.

Catatan penting :

1. Untuk para pengunjung wisata gili dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 3.000,- perorang untuk lokal dan Rp. 5.000,- untuk Wisatawan asing.

2. Harap membeli tiket di konter tiket Gili Bahari agar terhindar dari calo-calo yang mengambil keuntungan dengan menjual tiket dengan harga diatas normal.

3. Harap membawa barang bawaan sendiri tanpa menggunakan porter pelabuhan karena mereka akan meminta bayaran jauh diatas harga, hindari menggunakan porter untuk membawa barang anda.

Kekurangan pelabuhan bangsal yang mungkin kurang menjadi pilihan tourist :
  1. Pelabuhan bangsal merupakan pelabuhan publik yang merupakan pintu masuk menuju Gili dari Lombok, jadi semua aktifitas dan kesibukan akan anda temukan dengan sangat padatnya, pedagang asongan, material bangunan hingga barang bawaaan akan menyatu dalam satu boat kayu dan berangkat secara bersamaan
  2. Pelabuhan bangsal tidak bisa di booking jauh-jauh hari untuk sit penumpang, begitu anda datang beli tiket dan menunggu hingga penumpang penuh sampai 40 orang 
  3. Jadwal penyebrangan dari jam 8 pagi hingga jam 4 sore, jadi bagi anda yang memiliki penerbangan sore hari anda akan menggunakan fasilitas private speedboat, kami merekomendasikan menggunakan fasilitas LOMBOK SOCIETY dengan catatan pengalaman dalam menghandle lebih dari ratusan ribu tamu dan siap melayani anda 24 jam 
  4. Ketika keadaan musim sepi, untuk mencapai 40 penumpang anda harus menunggu hingga 1 sampai 2 jam lamanya sehingga waktu liburan anda akan tersita di pelabuhan bukan ditujuan wisata anda pulau gili
Nah, saatnya anda memutuskan alternatif transportasi yang mana yang paling cocok buat anda dalam menemani liburan selama di pulau lombok.
 


Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.