Standar Operasional Laundry Tamu Kamar | LOmbok Society

Kamis, 17 Maret 2016

Standar Operasional Laundry Tamu Kamar

Standar operasional prosedur Pelayanan laundry merupakan salah satu pelayanan yang ditujukan kepada para tamu yang menginap dalam rangka memberikan kesempurnaan fasilitas dan pelayanan sehingga tamu tidak harus keluar ke tempat lain untuk mendapatkan tempat laundry yang memang bisa dipercaya dan bertanggung jawab terhadap hasil kerja laundry.

Standar Operasional prosedur laundry adalah Segala sesuatu yang berhubungan dengan pelayanan terhadap tamu memiliki standar operasional tersendiri sehingga akan terhindar dari masalah yang memungkinkan dapat merusak kinerja hotel ataupun citra hotel dimata para tamu, adapun tata urutan prosedur pengambilan laundry tamu dalam rangka menghindari kesalahpahaman dalam penanganan.

1. Laundry yang diterima dari tamu harus disertai dengan form yang berisi tentang jumlah baju, harga dan juga pelayanan yang diinginkan oleh tamu tersebut.

Form yang ada harus diisi dengan detail dan teliti dari tanggal pengambilan, nomor kamar tamu hingga nama tamu itu sendiri demi menghindari tertukarnya  baju tamu dengan tamu yang lain.

Form yang telah diisi tamu selanjutnya diterima oleh pihak laundry namun pihak laundry departemen harus mengecek kembali.

2. Laundry yang sudah diterima dari front office harus benar-benar dicek sehingga ada kesamaan antara data tamu sebagai pelanggan dengan data dari pihak pengelolaan atau hotel itu sendiri.

Kebanyakan dari pihak perhotelan cenderung meremehkan hal ini hingga berujung ganti rugi atas ketidaksesuaian hasil laundry hingga kehilangan salah satu item pakaian akibat dari kelalaian atau tertukarnya baju.

Laundry Departemen merupakan salah satu departemen yang berada di bawah naungan house keeping Sebagai pelaksanaan semua yang berhubungan dengan material ataupun item kamar.

Perlu diingat bahwa sekecil apapun sebuah pelayanan akan sangat mempengaruhi semua. Demikian penjelasan tentang Standar Operasional laundry semoga bermanfaat.

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.