18 TIPS WISATA DI LOMBOK DARI SANG AHLI | LOmbok Society

Minggu, 24 Desember 2017

18 TIPS WISATA DI LOMBOK DARI SANG AHLI

tips wisata lombok, tips wisata lombok rekomend

Sebagai seorang yang sering melakukan perjalanan wisata ke beberapa tempat wisata baik di Lombok ataupun Bali, akan tetapi ada beberapa hal yang terlihat biasa namun memiliki peran yang sangat penting saat anda melakukan kunjungan wisata.

Adakah diantara kawan yang tidak tahu tentang Lombok ? 

Pastinya semua tahu kan, sampai iklan google di TV telah meletakkan lombok sebagai sebuah destinasi yang paling di cari.

Ayo google ......................!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

Nah biar tidak berlama-lama bisa bikin kepala pusing dan perut merinding karena laper abis, ayouk kita uraiakan beberapa tips wisata ala Lombok Society admin : 

1. Persiapkan keperluan anda beberapa hari sebelum keberangkatan 

Pepatah lama mengatakan sedia payung sebelum hujan, nah kata bijak tersebut masih terselubung dalam kepala kita untuk selalu dijalankan. 

Ingatlah satu hal, kebanyakan aktifitas yang kita lakukan sering terburu-buru atau dalam kondisi ngebet banget sehingga banyak melupakan beberapa barang yang penting, hal tersebut sering kita temukan saat mengejar jadwal penerbangan, hal yang dibutuhkan terlupa, menyebabkan kita harus mengeluarkan dana ekstra untuk membeli barang yang tertinggal tersebut sebagai pengganti. 

Budget yang telah disediakan akan terganggu sehingga trip yang sudah ditata dengan  baik terpaksa harus dicut karena pendanaan, oleh karena itu penting bagi kita untuk menyiapkannya terlebih dahulu sehingga pada saat waktu telah tiba anda tinggal mengangkat koper anda.

2. Kunjungi Tempat Wisata Rumah Adat Sade 

Kenapa harus rumah adat sade, padahal masih ada tempat lain yang lebih indah ? 

Tahu nggak sih, bagaimana sejarah orang sasak lombok hidup, bagaimana mereka mencari makan pada zaman dahulu, bagaimana rupa tempat tinggal yang dimiliki, nah di rumah adat inilah anda akan menemukan sosok-sosok manusia sasak yang masih kental menjaga adat dan tata kerama dari zaman nenek moyang hingga hari ini. 

http://www.lomboksociety.web.id/2017/12/18-tips-wisata-di-lombok-dari-sang-ahli.html

Tempat wisata ini saya bilang sebagai tempat wisata yang tidak boleh terlupakan, dikarenakan fakta dan bukti sejarah dapat anda temukan, ada beberapa hal yang bisa anda temui dan mungkin bisa membuat anda tertegun menyaksikannya : 
  • Mereka menempati rumah adat Lumbung yang terbuat dari atap ilalang dan bertiangkan kayu sebagai penyangga. 
  • Lantainya berlapiskan tanah yang dibersihkan dengan kotoran sapi namun mengkilap dan tidak berbau, sungguh fakta yang mengejutkan dizaman yang sekarang. 
  • Para pria masih memegang mata pencaharian sebagai petani dan kaum perempuan membuat dan menenun kain yang kita sebut songket 
  • Rumah adat ini tetap dijaga sampai kini sebagai warisan budaya dan menjadi tujuan pariwisata yang bersejarah.
Jadi jangan lupa mengunjungi tempat wisata yang satu ini yang terletak di daerah wisata jalan menuju Pantai Kuta Lombok. 

3. Jangan Lupa Kunjungi Pusat Kerajinan Songket Lombok Sukarare

Anda akan  banyak menyaksikan berbagai macam kerajinan songket, tapi darimanakah kerajinan khas tersebut berasal, menurut masyarakat setempat mengatakan bahwa kerajinan songket yang memang aseli dan terkenal kualitasnya berasal dari para pengrajin asa sukarara yang berada di wilayah Kabupaten Lombok Tengah atau 10 Menit dari Kota Praya. 

Kerajinan khas songket yang dibuat ini membutuhkan waktu sekitar 2 - 5 hari untuk membuat satu buah kain songket berkualitas handmade dan layak untuk diperjualbelikan, adapaun beberapa hasil kerajinan tangan lombok akan banyak anda temukan di artshop terdekat baik di bandara Lombok atau pusat pariwisata senggigi seperti : 
  • Kerajinan Keramik
  • Anyaman Bambu 
  • Anyaman Ketak ( Beleke Lombok Tengah )
Semuanya adalah hasil racikan tangan penduduk Gumi Sasak yang telah menjadi kebiasaan dan kerajinan secara turun menurun.

4. Rasaian panas gilanya Nasi Balap Puyung 

Sudah merasakan nasi balap di kota anda, mestinya anda akan tahu bagaimana besar porsinya dan begitu simple tampilannya. 

Anda berkunjung ke Lombok, jangan lupa mencoba kuliner yang satu ini, Kuliner nasi balap puyung yang bisa anda temukan di berbagai tempat di wilayah Bandara Lombok, Wilayah Desa Puyung hingga anda bisa temukan di berbagai tempat di Mataram. 

Pedasnya bisa mengakitabkan lidah anda terbakar hebat, sebelum anda menyantap kuliner ini sediakan air minum di samping anda. 

Seperti yang kita tahu orang Lombok lebih doyan menggunakan bumbu-bumbu pedas sebagai makanan khas sehari-hari, jadi tidak heran jika makanan pedas mereka rasakan seperti kuliner yang biasa saja.

5. Lembutnya Sate Rembige mesti jadi santapan anda

Kuliner yang satu ini cukup terkenal di kawasan Mataram pusat kota Lombok, Rembige memang di ambil dari nama desa di dekat Bandara Lombok Lama atau bandara Selaparang. Kuliner ini sudah mulai menjadi incaran para warga pendatang ataupun warga lokal sekitar. 

Daging yang digunakan adalah daging khusus yang mana sudah diracik dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan daging yang maknyos. 

Sate Rembige akan sering anda temukan di berbagai lesehan ternama di Mataram dengan penyajian yang cukup ekslusif dan menarik minat penggila kuliner.

6. Ayam Taliwang rasanya seperti apa ya ? 

Sepertinya nama ayam taliwang Lombok sudah tidak asing di telinga kita, setiap tamu yang datang berwisata ke Lombok selalu menayakan hal yang sama, dimana lesehan ayam taliwang terbaik, nah dari pertanyaan tersebut dapat disimpulkan bahwa Ayam Taliwang sudah menjadi buruan empuk wisatawan. 

Ayam Taliwang memang menggunakan ayam khusus yang hanya sebesar genggaman tangan orang dewasa, diracik dengan rempah-rempah khas lombok, dipanggang dengan baik sehingga menghasilkan cita rasa khas kuliner Lombok

7. Pelecing Kangkung khas Lombok

Pelecing Kangkung atau Cah Kangkung, jika hal ini ada di kota anda maka tampilannya tidak akan begitu berbeda dengan di pulau Lombok, kuliner ini cukup sulit ditemukan karena memang dijadikan menu sarapan orang Lombok. 

Penyajian dan penyantapan sering di lakukan pada pagi hari yang dipadukan dengan lontong, akan tetapi ada hal berbeda yang akan temukan yaitu kangkung yang begitu lembut dan sangat berbeda dengan kangkung di daerah lain yang terbilang cukup keras.
Santapan seperti ini akan bisa anda temukan di pasar tradisional khas Lombok, 

8. Kunjungi pulau nomor wahid di Lombok yaitu Gili Trawangan 

Anda belum mengetahui Lombok sebelum anda berkunjung ke Tempat Wisata Gili Trawangan, pulau dengan sejuta pengunjung, pulau tak bermotor, pula hollywoodnya Lombok begitu orang bilang, pulau ini menanjaki jejaknya sejak tahun 2010 silam saat tidak begitu banyak hotel yang dibangun dan dimulainya transportasi fastboat. 

http://www.lomboksociety.web.id/2017/12/18-tips-wisata-di-lombok-dari-sang-ahli.html

Pulau ini menyajikan kehidupan malam yang ramai dengan beribu wisatawan yang memenuhi beberapa pusat keramaian berupa restoran, Bar dan Pasar Malam, saat anda keluar di malam hari anda akan menyaksikan keindahan lampu yang berada di pinggir pantai. 

Ombak yang beriak akan menambah keindahan makan malam anda di pinggir pantai Gili Trawangan, alunan musik reggae akan hadir saat malam sudah memuncak disanalah sang pejantan tangguh mencari tambatan hatinya..... 

Aduh sok puitis deh gue ni.............
Tapi memang begitu adanya, pulau ini indah dengan pasir putih yang tehampar luas memenuhi pesisir pantai membentuk cincin putih. 

Untuk berkunjung ke pulau ini, anda bisa menggunakan fasiltias di Pelabuhan Bangsal dan juga langsung dari Bali menggunakan Kapal Cepat.

9. Jangan Lupa Singgah di Pantai Pink yang lagi Viraaaaaallll

Tentu anda pernah mendengar tempat wisata yang satu ini, Pantai Pink Lombok, dahulu pantai pink hanya akan bisa anda temukan di Pantai Komodo tepatnya di Nusa Tenggara Timur Flores yang mana disana anda akan menemukan monster besar yang menjadi warisan dunia dan satu-satunya hanya ada di indonesia, dialah si Komodo. 

Balik menuju Pantai Pink Lombok,  pantai ini akan terlihat keindahannya saat pagi hari dan ada beberapa aktifitas yang bisa anda temukan dan lalui di tempat ini. 

Jalur menuju tempat ini memang masih terbilang tidak bersahabat karena memang tempat wisata ini masih dalam perbaikan infrastruktur jalan, jadi lebih enaknya anda bisa mengunjungi pulau gilinya dengan menggunakan jalur laut.

10. Jangan Lupa Snorkeling 

Dengan banyaknya pulau gili yang dimiliki oleh pulau lombok memaksa anda harus belajar dan mengasah bakat berenang anda, dengan demikian wisata bawah laut akan ada di genggaman tangan anda. 

Yang paling ditahu oleh wisatawan adalah wisata yang ada di 3 gili ( gili trawangan, Gili Meno dan Gili Air ) akan tetapi tidak hanya di tempat ini anda akan menemukan kehidupan bawah laut yang masih asri, ditempat lain di lombok juga penuh dengan kejutan. 


Lihatlah 3 pulau yang siap anda jajal keindahanannya yaitu Gili Nanggu, Gili Sudak, Gili Gede dan Gili Kedis serta Gili Layar, pulau gili ini berada di wilayah pantai sekotong tepatnya di wilayah Lombok Barat, namax kian hari kian menanjak mengukuhkan persaingan dengan beberapa pulau yang lain terbukti dengan dimulainya pembangunan hotel berbintang disana. 

Adapun yang lain bisa anda temukan area snorkeling yang selalu memberikan rasa takjub bagi tamu yang berkunjung yaitu Gili Semangkuk, Gili Pasir, Gili Maringkik, Pantai Pink 1 dan Pantai Pink 2, pantai dan gili ini berada di wilayah Kecamatan Jerowaru Lombok Timur yang penuh dengan misteri yang belum terpecahkan, mereka menunggu tangan anda sebagai petualang handal.

11. Ingin rasakan hawa pegunungan, jangan lupa ke Sembalun

Anda ingin melihat sensasi berada di atas perbukitan yang terhampar luas area perkebunan di bawah kaki gunung, tidak hanya puncak bogor bisa anda temukan disini akan tetapi petakan-petakan tanah perkebunan layaknya lukisan abstrak yang terbentuk secara natural bak tinta yang tertumpah dalam wadah persegi. 

Berada di bawah kaki Gunung Rinjani membuat pemandangan ini akan semakin indah dengan hawa dingin yang mencekam, sumber mata air yang tidak pernah kurang dengan kuantitas air setiap tahunnya menjadikannya menjadi lahan subur bagi lahan pertanian.

Jalur yang menuju ke daerah wisata ini memang terbilang cukup terjal dengan jalan serupa ular, begitulah alur yang menuju ke pegunungan, saat musim pengujan kami tidak menyarankan anda berkunjung ke tempat ini, Pohon Tumbang dan Longsor sangat riskan terjadi.

12. Pingin Lihat Batu payung, siapkan perahu anda 

Anda hanya manatap dari foto saja, pantai batu payung ini berada di wilayah Pantai Selatan tepatnya berada di kawasan Tanjung Aan dan Bukit Merese. 

Hasil dari kekutan alam ini berdiri tegak dan kokoh setinggi 30 meter menjulang menyerupai payung yang menutupi anjungan bawah. 

http://www.lomboksociety.web.id/2017/12/18-tips-wisata-di-lombok-dari-sang-ahli.html
Untuk menuju kawasan ini anda membutuhkan perahu untuk menyebrang dan juga kondisi air harus senantiasa baik atau turun bukan pasang, jika air dalam kondisi surut anda memiliki kesempatan berkunjung.

13. Sewalah mobil dengan driver untuk menjangkau tempat wisata dengan cepat 

Jika anda berniat untuk datang dan berkunjung ke Lombok untuk pertama kali atau sudah beberapa kali, jangan pernah mencoba menyewa mobil sopir sendiri dikarenakan dibutuhkan pengetahuan yang cukup bagus untuk bisa menjangkau tempat wisata lombok yang tersembunyi. 

Seperti halnya beberapa tempat wisata seperti pantai pink, tanjung Bloam, Tanjung Ringgit yang jalurnya mesti anda ketahui dengan benar, jika tidak anda akan tersesat. 

Pastikan anda mengecek kondisi kendaraan yang anda pakai jika berniat sewa mobil lepas kunci karena kondisi sebelum pemakaian harus sama dengan pengembalian jika tidak anda akan terkena pembayaran ekstra untuk perbaikan. 

Gunakan travel agent dalam penyewaan mobil dengan driver karena terbukti profesional dan telah lewat uji pendidikan pariwisata dan mengetahui dengan benar lokasi-lokasi pariwisata di lombok dengan baik tanpa meraba-raba.

14. Jika anda Mabuk laut, gunakan speedboat untuk menyebrang.

Jika anda memang mabuk berat dalam menggunakan alat transportasi laut, jangan paksakan diri anda menggunakan transportasi murah namun akhirnya anda yang terkapar sakit di kamar hotel, bukankah liburan anda untuk menikmati hari libur bukan untuk mendapatkan rasa sakit. 

Jangan terlalu pedulikan uang lebih yang anda habiskan untuk menggunakan speedboat ketimbang publik boat jika akhirnya anda akan menderita sakit yang berkepanjangan selama satu minggu lamanya. 

hal ini sangat sering kami temukan pada beberapa tamu kami yang selalu memaksakan diri, akhirnya waktu liburan tidak bisa dia dapatkan dengan baik hanya hari-hari dengan rasa mual saja hingga sarapan sudah tidak mampu masuk ke perut anda.

15. Jika Anda membawa anak kecil hindari kunjungan ke Air Terjun 

Kami tidak merekomendasikan anda membawa anak kecil saat melakukan aktifitas berat seperti menuju air terjun apalagi air terjun di Lombok yang masih menggunakan jalan setapak sebagai jalur masuknya. 

Perlu kita lihat lagi di jalur air terjun Tiu Kelep dan Sendang Gile, anda harus melewati 1000 tangga yang mana anda harus menggendong anak anda atau memaksanya untuk berjalan, memang sungguh sebuah perjalanan yang sangat amat melelahkan. 

16. Berwisata saat musim kemarau.

Jika indonesia sedang dilanda musim hujan, maka tundalah jadwal wisata anda sampai musim kemarau datang, karena saat musim hujan waktu anda akan tersita hanya dikamar hotel saja layaknya di rumah anda. 

Tidak ada waktu yang anda sisakan untuk berwisata karena curah hujan yang cukup deras melanda, semua aktifitas di luar ruangan akan terhenti, pastikan anda melakukan wisata saat musim kemarau tiba.

17. Jangan Gunakan fastboat saat cuaca buruk

Banyak dari para tamu Bule terutama yang menggunakan fasilitas fastboat saat cuaca buruk, meskipun pihak Bandar belum memberikan garis merah dalam penyebrangan namun kondisi cuaca bisa sewaktu-waktu berubah saat anda berada di tengah lautan. 

Jika hal tersebut terjadi, jangan memaksakan diri untuk menggunakan fasilitas transportasi ini karena akan berbahaya untuk keselamatan anda sebagai penumpang. 

18. Hindari melewati jalan terjal saat musim penghujan

Jika anda sudah berada di Lombok untuk berwisata, maka hindari beberapa jalan yang memungkinkah terjadi Pohon Tumbang atau Tanah Longsor, hal ini dapat anda temukan di berbagai jalur wisata seperti : 
  • Jalur wisata Pusuk 
  • Jalur Wisata Sembalun 
  • Jalur wisata ke Rinjani 
Nah demikian beberapa tips wisata lombok yang bisa kami sarankan semoga bermanfaat bagi anda sekalian. 

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.