8 KEUNIKAN NUSA PENINDA YANG MESTI ANDA TAHU | LOmbok Society

Sabtu, 19 Januari 2019

8 KEUNIKAN NUSA PENINDA YANG MESTI ANDA TAHU

Nusa Peninda merupakan sebuah pulau yang sangat indah, dan masuk dalam wilayah Bali yang mana kini telah menjadi destinasi wisata yang layak dikagumi oleh para wisatawan asing, berbagai macam aspek penunjang telah menjadi bagian yang sangat banyak diminati, baik dari ekosistem laut, pemandangan yang mempesona hingga spot-spot yang instagramable dan makin hari makin banyak mendatangkan peminat. 

Berada diantara dua Kepulauan Pariwisata Indonesia Bali dan Lombok membuatnya kian bersinar sebagai destinasi baru terhits tahun 2019.
Tidak perlu berlama-lama, berikut keunikan Pulau Nusa Peninda : 

1. JAUH DAN AMAN DARI TINDAK KRIMINAL

Pulau Nusa Peninda merupakan sebuah pulau kecil layaknya Pulau Gili yang ada di Lombok seperti Pulau Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air yang memiliki tingkat kriminalitas yang sangat rendah dan bahkan bisa dikatakan tidak ada.

Mata pencaharian penduduk yang terbilang cukup menunjang perekonomian menyebabkan para penduduk lokal sibuk dalam bekerja, selain itu juga faktor kesadaran dari masyarakat yang sangat tinggi dalam menjaga keindahan dan kenyamanan wistawwan dalam melakukan kunjungan.

Dengan nilai unik yang satu ini, tentunya akan memberikan nilai kenyaman dan keamanan tersendiri bagi wisatawan dalam melakukan kunjungan wisatanya.

Hal ini terbukti juga dengan banyakanya peternak yang melepas sapi-sapi mereka di Nusa Peninda tanpa merasa kwatir terjadinya pencurian terhadap ternak mereka, hal tersebut wujud nyata kesadaran masyarakat akan pentingnya keamanan.

2. EKOSISTEM BAWAH LAUT YANG MENAWAN

Sebagai daerah wisata yang sangat populer saat ini, Nusa Peninda meyajikan alam bawah laut yang sangat menawan dan memberikan decak kagum wisatawan asing yang berkunjung. ada beberapa spot yang menjadi tujuan wisata bawah laut seperti :

1. Manta Bay 

Manta yang dalam bahasa indonesia diartikan sebagai ikan pari, merupakan sebuah ikan yang hidup di perairan laut berekor panjang dan bersayap, spesies ini memang sangat popular di telinga kita penduduk indonesia, namun tahukah anda bahwa hewan yang satu ini bisa anda temukan di pulau Nusa Peninda dengan mengunjungi spot Manta Bay di Nusa Peninda.

 http://www.lomboksociety.web.id/2019/01/8-keunikan-nusa-peninda-yang-mesti-anda.html

Bay yang dalam bahasa indonesia diartikan sebagai teluk yaitu perairan laut yang mengarah atau menjurus, menikung ke daratan, untuk bisa mengakses semua spot yang ada di Nusa Peninda anda bisa mengikuti Paket Tour Nusa Peninda Termurah dan Terfavorit yang sudah di atur sedemikian rupa untuk kepuasan pelanggan

2. Crystal Bay 

Spot yang satu ini terkenal sebagai sebuah spot snorkling super hebat dengan kejernihan air menyerupai kristal hingga para warga lokal menyebutnya sebagai crystal bay,  anda ingin melakukan aktifitas bawah laut dengan meyaksikan aneka ekosistemnya, jangan lupa mengunjungi tempat ini dan masukkan dalam list destinasi anda.

 http://www.lomboksociety.web.id/2019/01/8-keunikan-nusa-peninda-yang-mesti-anda.html

Sediakan masker dan snorkle anda untuk mengakses ke dalam laut ini, karena cerita kami tidak akan cukup mewakili keindahan alam bawah laut yang akan anda temui nantinya

3. Buddha Bay  

Buddha Bay ingat bukan Buddha Bar.
Apakah yang telintas di benak anda tentang spot yang satu ini, tentunya gambaran anda akan sama dengan gambaran di kepala saya.

 http://www.lomboksociety.web.id/2019/01/8-keunikan-nusa-peninda-yang-mesti-anda.html

Kepala Buddha dan Patung buddha yang menghiasi alam bawah laut Nusa Peninda, jangan lupa membawa go pro kamera anda untuk mengabadikan momen-momen terbaik dalam liburan anda yang tentunya akan memberikan kesan terbaik.

Nusa Penida terkenal dengan obyek bawah lautnya sehingga banyak penyelam dari manca negara datang ke Nusa Penida untuk mengexplorasi keindahan panorama bawah laut Nusa Penida.Tidak heran jika kapal pesiar Quiksilver lalulalang kesini…

Selain menawarkan wisata laut, Nusa Penida juga mempunyai beberapa tempat yang sangat indah untuk dikunjungi, diantaranya Pantai Penida, Pura Batumedawu, Pura Goa Giri Putri, Pura Dalem Ped, Puncak Mundi, dan beberapa sumber mata air di sebelah selatan Nusa Penida yang menawarkan pemandangan Laut dengan tebing yang berketinggian antara 50 – 200 meter.

3. PENGHASIL RUMPUT LAUT LANGKA DI DUNIA

Nusa Penida merupakan penghasil laut berupa Rumput Laut paling langka di dunia, itulah komoditi yang di hasilkan oleh pulau yang berjarak satu mil di Tenggara Bali. Rumput laut ini dinamakan rumput laut jenis Spinosum

Rumput laut jenis spinosum, merupakan species tumbuhan perairan langka, yang di Indonesia hanya terdapat di kawasan pantai Nusa Penida, komoditi yang langka merupakan sebuah aset besar yang mesti di kembang biakkan dengan baik.

faktor langka akan memberikan dampak harga yang tinggi dan akan mejadi komoditi kualitas import yang akan banyak di minati, tentunya faktor geografis dari Nusa Peninda beserta keadaan alam yang mendukung sehingga dapat menumbuhkan komoditas langka ini.

http://www.lomboksociety.web.id/2019/01/8-keunikan-nusa-peninda-yang-mesti-anda.html

Upaya perkembangbiakkan masih dilakukan secara natural oleh para petani laut yang melakukan semua aktifitas pertanian rumput laut, hal tersebut memang masih banyak kekurangan dimana pertumbuhan yang masih lamban dan juga faktor peralatan pembiakkan yang masih kurang, hingga tahun 2019 saat pembiakan yang sudah dilakukan bisa dikatakan sudah sangat modern sehingga banyak dari para petani rumput laut sudah mulai menggunakannnya.

Rumput laut disamping sebagai komoditi untuk diperdagangkan juga dipakai untuk keperluan sayur-mayur, jajanan atau pun puding yang tentunya bernilai gizi tinggi. Menteri Terkait Pernah berjunjung ke nusa penida untuk meninjau langsung rumput laut yang langka ini. Patutnya kita berbangga sebagai masyarakat nusa penida dan bali pada umumnya memiliki rumput laut yang tiada duanya in

4. PULAU PENGHASIL BIO ENERGY ( PLTA )

Tahukah anda bahwa pulau Nusa Peninda adalah penghasil Bio Energy yang mana mereka memanfaatkan kualitas dan intensitas angin untuk menghasilkan sebuah energy untuk di ubah menjadi aliran listrik tegangan tinggi yang sering di singkat Pembangkit Listrik Tenaga Angin ( PLTA).

http://www.lomboksociety.web.id/2019/01/8-keunikan-nusa-peninda-yang-mesti-anda.html

Kedepan diharapkan bahwa pembangkit listrik ini dapat memasok tenaga listrik ke wilayah NUsa Peninda baik itu berupa rumah tangga hingga bisnis-bisnis perhotelan yang ada, Tenaga listrik yang dimiliki hari demi hari memiliki perkembangan yang cukup pesat
 
5. PULAU INCARAN INVESTOR ASING

Sebagai tempat wisata yang baru dan cukup kurang adanya hotel yang berkembang disana memicu lirikan pihak investor asing untuk menanamkan modalnya di tempat tersebut baik berupa hotel, restaurant hingga alat transportasi cepat serta berbagai macam olah raga air lainnya.

Seperti yang kita lihat dalam perkembangan hotel yang ada di Bali, begitu banyak investor asing yang telah menanamkan modalnya dalam betuk perhotelan hingga alat transportasi yang mampu memacu pariwisata bali untuk tumbuh dang berkembang seperti saat ini.

Banyak wisatawan asing yang sudah sering melakukan investasi di indonesia meyakinkan diri bahwa Nusa Peninda memiliki potensi besar untuk maju dan menjadi salah satu tujuan wisata yang unik dan langka, berbeda jauh dengan destinasi yang lain.

6. PULAU YANG AMAN DARI BANJIR DAN TSUNAMI

Apakah benar hal yang kami sebutkan ??
Pulau kecil, berada di tengah lautan tentunya akan akrab dengan yang namanya banjir dan tsunami tentunya, akan tetapi tahukan anda bahwa Nusa Peninda terbentuk akibat endapan kapur.

namun itu lah fakta terbaru, susunan pulau ini terdiri dari batu kapur yang kokoh , dengan medan yang berbukit-bukit, hal ini membuat pulau ini cukup aman untuk mengatasi tsunami bila memang terjadi.., banjir hampir jarang ditemui dipulau ini.

7. PULAU YANG AGAMIS

Ini Point Terpenting dari delapan keunikannya, bagaimana tidak disebuah pulau gersang ini tersimpan misteri magis yang tiada tara.

Setiap bulannya selalu ada pemedek (pengunjung) yang memadati pulau ini, yang akrab dinamkan Tirtayatra Religi, di sebuah desa, persisnya di Desa Ped, Sampalan, Nusa Penida, ada sebuah pura yang sangat terkenal di seluruh pelosok Bali. Pura Penataran Agung Ped nama tempat suci itu. Berada sekitar 50 meter sebelah selatan bibir pantai lautan Selat Nusa.

Pura Panataran Agung diyakini sebagai pura yang sangat diagungkan oleh para penganutnya yang diyakini sebagai tempat suci untuk ritual para penganutnya.

Hal tersebut bisa anda temukan pada acara bulanan yang dilakukan, puluhan umat melakukan peribadatan di tempat tersebut setiap bulannya.
8. PULAU YANG MENJADI PUSAT KUNJUNGAN SELAYAKNYA PANTAI KUTA

Tahukah anda Paket Tour Nusa Penida telah mencapai pencarian 10.000 pencarian setiap bulannya tentunya hal tersebut berbanding lurus dengan jumlah orang yang berkunjung ke Pulau Tersebut, 

Kunjungan yang begitu besar juga disebabkan oleh view pantai yang sangat menarik untuk disaksikan seperti berbagai lokasi terbaik yang di milikinya 
  • Pantai Kelingking
  • Broken Beach 
  • Billabong 
Demikian 8 Fakta Unik tentang Nusa Peninda yang perlu anda tahu, Semoga bermanfaat dan sebagai referensi wisata anda. 

Untuk mengetahui lebih detail anda bisa melakukan reservasi Paket Tour Nusa Peninda Murah dan Terkalaris

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.