TIPS MEMILIH HOTEL | LOmbok Society

Jumat, 12 Juni 2015

TIPS MEMILIH HOTEL

Hotel merupakan wahana tempat menginap yang paling dinanti oleh para wisatawan karena mereka pada umumnya memilih hotel-hotel berkelas dalam menghabiskan waktu liburan, tak ayal mereka rela menghabiskan kocek jutaan rupiah untuk membayar fasilitas dan pelayanan yang super dan menjadi kenangan yang tidak akan terlupakan.

Namun begitu banyak hotel yang ada terkadang kita merasa tertipu dengan adanya hotel-hotel tersebut, mengapa saya bilang tertipu? saat kita melihat kemegahan sebuah hotel kita akan berfikir dengan matang dan seksama bahwa hotel itu akan memberikan nuansa romantis dan kerasaan saat akan tinggal disana, akan tetapi tidak demikian, meskipun sebuah hotel dikatakan solid dari bentuk, rupa dan tatanan manajemen, tetapi semuanya akan kita tahu setelah kita tinggal didalamnya, tata cara memilih hotel yang baik :

1. Teliti Hotel Tersebut Melalui Official Websitenya

Telitlah sebelum membeli adalah nasihat orang tua zaman dahulu, dalam sebuah offical website hotel anda akan menemukan gambar dengan seksama dan detail untuk menjadi bahan acuan bagi anda untuk tinggal dan menghabiskan hari libur anda. 

Berbagai macam gambar yang ditampilkan berupa gambar-gambar yang memiliki resolusi tinggi sehingga setiap sudut akan terlihat, ingat sebuah website tidak akan membohongi anda karena itu dibuat sebagai cara hotel berkomunikasi dengan tamu dan juga sebagai salah satu bentuk promosi online. 

2. Lihat komentar tamu di Tripadvisor.com

Anda yang baru menginap di sebuah hotel patut bagi anda untuk melihat komentar para tamu yang sudah menginap sebelumnya sebagai bahan acuan yang nyata karena merupakan hasil dari karya dan bentuk pelayanan nyata yang pernah tamu tersebut terima selama menginap. 

Tahun-tahun ini banyak dari tamu menginap ke sebuah hotel atas dasar komentar dari tamu yang didapat dari tripadvisor oleh sebab itu tripadvisor.com mendapatkan royalty dari website mereka sangat tinggi dan mereka menjadi publisher dari banyak travel agent online. 

3. Gunakan Booking.com sebagai travel agent online pilihan anda

Saya sangat menyarankan booking.com sebagai travel agent online yang harus anda gunakan karena terbukti memiliki nilai keamanan yang tinggi dalam menyimpan data pribadi anda dan juga kredit kard pula. dan satuhal yang lebih penting anda bisa membayar hotel tersebut setelah anda berada di hotel jadi jika anda berubah pikiran dan tidak merasa suka dengan hotel tersebut anda bisa berpindah dengan catatan anda cukup dicharge satu malam saja. 

http://www.lomboksociety.web.id/2015/06/tips-memilih-hotel.html
sumber : www.ombakvilla.com
 
Adapun travel agent online lainnya juga memiliki sistim yang sama akan tetapi mereka cenderung masih terbilang baru dan memiliki staff yang kurang di berbagai penjuru dunia. 

4. Pastikan Hotel itu sudah beroperasi lama

Saat anda memilih sebuah hotel, pastikan hotel tersebut sudah berpengalaman bukan hotel baru yang masih meraba-raba dalam menganalisa dan melayani tamu, urusan operasional dan tehnikal adalah yang menyebabkan saya meragukan hotel baru sebagai tempat anda menginap. 
Hotel yang lama memiliki potensi yang lebih baik dibandingkan hotel baru dibidang penerapan management, penerapan operasional dan kesalahan tehnik dalam kelistrikan yang telah siap sedia dengan solusi yang telah ada. 

5. Menginaplah di hotel tersebut pada low season untuk mendapatkan harga terbaik

Untuk waktu anda menginap, kami sarankan anda menginap disaat low season, saat harga kamar sudah murah, pada saat musim liburan berakhir, nah saat itu kebanyakan dari hotel melakukan diskon besar-besaran demi memenuhi revenue tahunan dan bulanan mereka, tingginya biaya operasional menyebabkan hotel harus mengisi kamar terus menerus demi mencapai target pemasukan yang relevan dengan jumlah pengeluaran yang telah habis. 

Untuk permasalahan harga dan juga okupansi kamar juga harus menjadi prioritas, anda harus memastikan bahwa kamar dan harga telah sesuai menurut pilihan anda.

Sebagai seorang traveller kita dituntut untuk lebih teliti dalam memilih kamar dan jenis kamar sesuai dengan apa yang diinginkan, dikarenakan hal tersebut merupakan hal yang sudah sangat pokok dan mendetail.

Bayangkan sejenak jika anda salah memilih hotel dengan lokasi yang salah juga, maka anda akan berada pada liburan yang suram untuk mencari hotel yang sesuai dengan kriteria anda, saat kedatangan anda akan dirundung kekecewaan hingga makna liburan hilang seketika.

Ada beberapa hal pokok yang perlu diperhatikan dalam memilih hotel yang lebih spesifik 

A. Harga kamar

Pastikan bahwa kamar hotel anda sudah termasuk dengan berbagai macam pra syarat atau fasilitas, seperti harga sudah termasuk sarapan pagi, internet akses, afternoon tea hingga pajak dan pelayanan yang kebanyakan tidak begitu diperdulikan oleh para traveller hingga saat akan check out mereka terkejut melihat tagihan kamar.

Pastikan harga kamar anda sudah dibayar terlebih dahulu ataukah anda akan melakukan pembayaran setelah check-out, hal ini menjadi sebuah pilihan dari system pembayaran hotel.

Jika anda ingin melakukan pembayaran setelah check out maka saya merekomendasikan untuk menggunakan agent online booking.com sebagai pilihan anda, hanya membutuhkan kartu kredit sebagai garansi bookingan dan anda dapat membayarnya setelah anda usai menginap.

Jika anda tidak ingin ribet dengan berbagai macam tagihan dan menginginkan pembayaran terlebih dahulu maka anda harus menggunakan agoda.com sebagai pilihan travel anda, bayar dahulu baru anda menginap.


B. Tipe Kamar

Tipe kamar juga sangat berpengaruh dalam memberikan kenyamanan anda dalam berlibur, pastikan tipe kamar sesuai dengan kapasitas anda seperti jika anda pasangan cukup memilih double bed untuk pasangan, jika anda keluarga anda tentunya memilih family room sebagai prioritas utama anda.

Ada berbagai macam tipe kamar yang hotel sajikan dengan tarif harga tertentu yang menggiurkan bahkan memiliki level sampai VIP dengan target pelayanan super.

C. Lokasi Hotel

Menentukan lokasi hotel akan sangat menentukan kualitas liburan anda, jika anda ingin menikmati pantai gili trawangan maka tentunya anda harus memilih hotel di gili trawangan bukan di kawasan lombok.

Banyak dari para turis salah dalam memilih hotel dikarenakan kesalahan yang sepele, memilih hotel dekat dengan pantai namun jauh dari keramaian. Jika anda kaula muda tentunya anda akan memilih hotel yang dekat dengan pusat kota dengan gaya hidup masa kini namun jika anda melakukan liburan keluarga anda akan memilih tempat yang sedikit sepi dan jauh dari keramaian.

D. Jika anda ingin mendapat harga miring.
Tips ini dapat anda terapkan saat melakukan reservasi hotel, saya selaku hotelier biasanya akan memberikan harga murah jika hotel sedang sepi pengunjung ataupun jika turis menelpon langsung ke hotel untuk bokingan kamar, hal tersebut sangat sering dilakukan oleh para hotelier untuk mendongkrak pemasaran.

Hal tersebut dilakukan karena pihak hotel tidak perlu membayar komisi kepada pihak agent online ataupun offline terhadap bookingan yang terjadi sehingga pembayaran langsung masuk cash hotel.

Trik yang satu ini anda harus coba, bandingkan harga yang ditawarkan lewat direct booking dengan booking online akan sangat berbeda, cobalah trik yang satu ini dan temukan solusi terbaik untuk liburan yang menyenangkan.

Demikian ulasan saya tentang Tips Memilih Hotel Untuk Menginap semoga bermanfaat.

Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.