4 AIR TERJUN YANG MENJADI CIRI KHAS LOMBOK UTARA | LOmbok Society

Selasa, 17 Maret 2015

4 AIR TERJUN YANG MENJADI CIRI KHAS LOMBOK UTARA

Air Terjun yang terletak di bagian Lombok Utara meliputi berbagai macam air terjun yang bersumber dari mata air pegunungan dan seperti yang kita tahu kabupaten Lombok Utara berada di bawah kaki Gunung Rinjani dan merupakan areal yang memiliki tingkat kesuburan yang cukup tinggi dibandingkan daerah Lombok Barat atau Mataram. 

Kebanyakan Air Terjun di Lombok dijadikan pusat mata air warga setempat dan kini sudah dijadikan sebagai areal yang dilindungi dan dijadikan objek pariwisata yang cukup indah dengan air pegunungan yang bersih, adapun air terjun yang ada saat ini cukup dekat dengan wilayah pariwisata Gili Terawangan yang cukup populer di kanca internasional, singkat saja inilah 4 Air Terjun Lombok Utara : 

1. Air  Terjun Kerta Gangga 

Air Terjun Kerta Gangga berada di Dusun Kertaraharja Desa Genggelang Kecamatan Gangga yang berada di bawah kaki bukit yang cukup dalam, berjarak sekitar 5 km dari Pemenang Lombok Utara dan sejauh 1.5 jam dari kota Mataram.

Air Terjun Kerta Gangga baru-baru ini di renovasi fasilitas jalan baik itu jalan setapak ataupun jalan beraspal sehingga mempermudah para wisatawan untuk menggapainya, air terjun ini berada cukup dekat dengan kawasan perkotaan sehingga menjadi alternatif untuk liburan cepat bagi penduduk setempat, dengan menyajikan air terjun dalam belahan bebatuan dan kolam yang muncul akibat dari derasnya air sebagai wahana renang bagi para wisatawan, dan anda juga bisa menikmati pemandangan alam nan asri dan penuh dengan kehijauan.

http://roniardy.blogspot.com/2015/03/4-air-terjun-khas-lombok-utara.html

2. Air Terjun Tiu Pupus
Air Terjun Tiu Pupus adalah air terjun yang berada di ketinggian 50 meter dan lebar 10 meter serta luasnya mencapai 100 meter, tingkat air terjun yang cenderung miring yang menyebabkan para masyarakat memanggilnya dengan sebutan Tiu Pupus yang artinya aliran air yang berasal dari akar kayu karena di atasnya terdapat banyak pepohonan yang rindang.
Mungkin kebanyakan dari kita akan berfikir bahwa Air Terjun Tiu Pupus diberi nama demikian karena ada salah satu masyarakat yang merasa pupus harapan dan menemukan air terjun tersebut namun tidak demikian adanya, air terjun yang penuh dengan lika-liku air sebelum jatuh ke permukaan dasar kolam, panoramanya sungguh indah di atas bebatuan usang.

http://roniardy.blogspot.com/2015/03/4-air-terjun-khas-lombok-utara.html


3. Air Terjun Tiu Teja
Air Terjun Tiu Teja adalah air terjun yang begitu memukau  dengan dua aliran air yang deras dan berada di ketinggian 40 meter dengan lebar 10 meter dan memiliki kolam dengan kedalaman sekitar 1.5 meter sehingga cocok bagi kita untuk berenang dengan air dingin pegunungan.

Air Terjun Tiu Teja memiliki 2 aliran air yang setiap percikan air menimbulkan efek pelangi yang cukup panjang di sekitar arus ari terjun tersebut sebab itulah masyarakat setempat menyebutnya sebagai air terjun tiu teja yang artinya aliran air yang menimbulkan efek pelangi.


http://roniardy.blogspot.com/2015/03/4-air-terjun-khas-lombok-utara.html

4. Air Terjun Senaru atau Sendang Gile

Air Terjun Senaru atau Senanggile adalah air terjun yang cukup banyak pengunjungnya karena terdiri dari dua patahan air yang menyebabkan air terjun disana memberikan efek air mengalirkan dari dua tangga beriringan, hal ini terjadi akibat patahan pada lempengan tanah yang menjadi sumber mata air, dan dari lempengan tersebut terbuatlah tangga sebagai hasil dari fenomena alam. 

http://roniardy.blogspot.com/2015/03/4-air-terjun-khas-lombok-utara.html

Air Terjun Senaru atau Senanggile berada di desa senaru kecamatan Bayan, air terjun ini memiliki tangga yang cukup banyak yang harus kita turuni untuk mencapai tempat tersebut. berada pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut membuat hawa di sini terbilang sejuk dan sangat dingin hingga kita menggigil saat mandi, kami merekomendasikan kepada para tamu untuk membawa jaket atau baju hangat saat melakukan petualangan atau wisata ke tempat ini. 

Air Terjun Senaru atau Sendang Gile berada dalam kawasan wisata Gunung Rinjani, segala fasilitas yang menunjang tempat  ini sudah disiapkan seperti transportasi, jalan berupa tangga dan beberapa toko-toko yang menyediakan aneka macam makanan dan minuman, jika anda mencoba mandi maka cobalah untuk meletakkan kepala anda di bawah air terjun tersebut rasanya menakjubkan hawa dingin bercampur tekanan air yang begitu kuat dari ketinggian 31 meter.




Eny Sulistiani

Author & Editor

I am an Hotelier who worked for hotel and travel agent, now i arrange my business site to help the people find the best online ticketing and trip during their vacation in Lombok.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih sudah berkomentar, saya akan berikan tanggapan terhadap komentar yang kami terima >>>>>>>>>> salam >>>>>>>>

Messenger Lombok Society
×
_

Chat with us for direct booking.